3 Desa Wisata Lombok Harus Dikunjungi

Selain wisata alam, Lombok juga menawarkan obyek wisata Lombok yang sangat kental dengan nuansa budaya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri apalagi bagi turis mancanegara untuk datang dan berwisata ke Lombok.

Obyek wisata budaya yang ada di  Lombok ini terdiri dari beberapa desa wisata yang mulai tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter dan ciri khasnya masing-masing. Setiap desa wisata di Lombok berusaha untuk menonjolkan hasil kreasi budayanya sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, usaha penjualan hasil kreasi khas Lombok ini juga menjadi sumber pemasukan lainnya bagi masyarakat. Di mana saja obyek wisata Lombok yang sangat kental dengan nuansa budaya ini?

Ini Dia 3 Desa Wisata Lombok Harus Dikunjungi

  • Desa Sade
Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok

Desa sade memang sudah terkenal sebagai desa wisata dan menjadi salah satu obyek wisata Lombok yang menjadi andalan. Suasana tradisional desa khas suku Sasak begitu kental terasa di sini. Ketenangan dan juga keasrian desa bisa memberikan kedamaian bagi setiap pengunjung. Desain rumah tradisionalnya yang begitu unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Disini akan kita jumpai rumah dengan atap dari daun rumbia dan juga dindingnya yang masih menggunakan anyaman bambu. Dengan dijadikannya desa Sade sebagi desa wisata, banyak dari masyarakatnya yang memiliki pekerjaan lain selain bertani yaitu membuat aksesories khas desa Sade Lombok. Aksesories ini bisa dijadikan pilihan oleh-oleh bagi keluarga atau teman di rumah kan.

  • Desa Sukarara
wisata lombok Desa Sukarara

Desa Sukarara Lombok

Saat berkunjung ke desa Sukarara ini, kita akan segera mengetahui kalau desa ini adalah desa penghasil tenun khas Lombok. Karena begitu memasuki desa ini, pengunjung akan  langsung disambut dengan warna-warni kain tenun yang tertata rapi di etalase di rumah warga. Bisa dibilang desa Sukarara menjadi pusatnya kerajinan kain tenun khas Lombok, hampir semua penduduknya, terutama wanita adalah penenun yang handal. Apalagi, peralatan tenun yang dipakai masih sangat sederhana dan tradisional. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri saat bisa melihat proses menenun disini. Asyiknya, pengunjung bisa mencoba untuk menenun dan merasakan sendiri sensasi menenun kain khas Lombok dengan segala kerumitan dan kesulitannya.

Berkunjung ke obyek wisata Lombok yang satu ini tentu kurang lengkap jika tidak membeli kain tenun sebagai cinderamata khas Lombok. Dengan membeli kain ini secara tidak langsung kita juga membantu para perajin agar selalu menghasilkan kain tenun yang semakin bagus, unik, dan berkualitas.

  • Desa Banyumulek
Kerajinan di desa banyumulek

Kerajinan di desa banyumulek

Pesona wisata yang ditawarkan oleh desa Banyumulek ini adalah kerajinan gerabahnya yang sudah terkenal sampai luar negeri. Hampir semua penduduk di desa ini adalah pengrajin gerabah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rumah penduduk yang menjadi ruang pameran dari produk gerabah yang dihasilkan. Karena memang gerabah menjadi kerajinan khas desa Banyumulek Lombok, maka kita bisa melihat bentuk, warna dan corak gerabah disini yang berbeda dengan tempat lain di nusantara. Asyiknya, ada beberapa tempat pembuatan gerabah yang menyediakan tempat khusus bagi wisatawan untuk mencoba membuat gerabah sendiri.

Satu hal lagi, bagi yang ingin menjadikan gerabah ini sebagai oleh-oleh, tentu perlu mempertimbangkan menggunakan jasa ekspedisi karena memang sifat gerabah ini yang rawan pecah. Tentu kita tidak ingin gerabah khas Lombok ini pecah sampai rumah kita kan.