4 Tempat Wisata di Lombok Tengah yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Lombok Tengah yang sangat menarik untuk Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Lombok. Mulai dari wisata alam yang memukau sampai wisata budaya yang akan menambah khasanah pengetahuan budaya Anda.

Serunya Wisata di Lombok Tengah Bersama Keluarga

Ketika waktu berlibur telah tiba, salah satu alternatif yang menjadi pilihan adalah melakukan perjalanan wisata alam untuk menghilangkan penat setelah melakukan rutinitas pekerjaan selama berbulan-bulan. Ada banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi jika musim berlibur tiba, tidak usah jauh-jauh keluar negeri untuk menikmati wisata alam yang memukau. Di Indonesia terdapat ratusan destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda. Salah satu alternatif wisata yang perlu Anda ketahui adalah lokasi-lokasi wisata di Lombok Tengah yang sangat terkenal dengan wisata budayanya dan alam yang memukau, berikut adalah daftar tempat wisata di wilayah Lombok Tengah yang perlu Anda kunjungi.

Tempat wisata di Lombok Tengah untuk Berlibur

  1. Pantai Kuta Lombok
Wisata di Lombok tengah

Pantai kuta Lombok

Pantai Kuta tidak hanya terdapat di Bali saja, ternyata di Lombok pun terdapat sebuah pantai bernama pantai kuta karena letaknya yang berada di desa Kuta, membutuhkan waktu  sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Dengan panorama pasir putih berpadu dengan laut biru yang menawan membuat Pantai Kuta Lombok mulai dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, tidak hanya pemandangan pantainya saja, namun para wisatawan yang suka snorkeling akan dimanjakan oleh pemandangan bawah lautnya dengan keindahan  biota laut yang memukau.

  1. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu tempat wisata di Lombok Tengah yang paling memukau banyak wisatawan, hal tersebut dikarenakan keunikan pasirnya yang terbagi menjadi 2 jenis, yakni pasir putih yang halus dan bagian lainnya terdapat pasir yang berbentuk butiran-butiran seperti merica, hal tersebut membuat Pantai Tanjung Aan juga dikenal dengan sebutan pantai Merica. Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai terpanjang di Lombok, hal tersebut mengakibatkan warga setempat membaginya menjadi 3 bagian dengan nama berbeda, yakni pantai Batu Kotak, pantai Cemara, dan pantai Orong Pandan.

  1. Desa Sukarara
Melihat tenunan desa sukarara lebih dekat

Desa Sukarara

Tidak hanya pemandangan alamnya yang membuat Lombok menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan, tapi juga wisata budayanya yang menawarkan berbagai pengalaman budaya yang epic. Desa Sukarara merupakan tempat wisata di Lombok Tengah yang terkenal sebagai salah satu pusat kerajinan tenun songket tradisional. Para wisatawan tidak hanya bisa berbelanja songket khas desa Sukarara, tapi juga bisa berbaur dengan masyarakat dan ikut dalam aktivitas mereka seperti menenun. Menenun adalah sebuah kegiatan yang sudah umum ditemukan di desa tersebut, mayoritas perempuan di desa Sukarara memiliki keahlian menenun yang secara turun temurun diajarkan di lingkungan keluarga mereka masing-masing. Kegiatan menenun ini pun menjadi sumber penghasilan utama bagi para perempuan di desa tersebut.

  1. Desa Sade (Suku Sasak)
Desa sade lombok

Desa sade lombok

Salah satu tempat wisata di Lombok Tengah yang sangat terkenal adalah Desa Sade, desa tersebut merupakan perkampungan suku Sasak yang sering dikunjungi oleh para wisatawan maupun para kaum akademisi untuk mengenal dan belajar lebih dalam tentang suku Sasak. Desa ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara kota Mataram dengan daerah selatan Lombok. Hal yang khas dari desa Sade adalah adat yang masih dijaga dan tetap mereka jalankan sampai saat ini, salah satunya adalah kebiasaan mengepel lantai menggunakan kotoran sapi. Selain itu penduduk setempat juga menjual berbagai macam souvenir dan songket tenun khas suku Sasak, selain itu bentuk- bentuk rumah tradisional penduduk desa Sade juga masih dipertahankan.

Itulah daftar tempat wisata di Lombok Tengah yang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata yang akan Anda kunjungi jika sedang berlibur di Lombok. Tempat-tempat tersebut merupakan destinasi wisata Lombok yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Lombok. Lombok tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya saja yang memukau, namun juga dikenal sebagai tempat wisata budaya yang akan membantu Anda mempelajari sejarah tentang budaya Lombok melalui artefaknya yang berupa bangunan-bangunan bersejarah, benda-benda kesenian sampai pada kegiatan adat istiadat suku Sasak yang dikenal sebagai suku asli yang menghuni pulau Lombok. Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk berlibur menikmati alam sekaligus menambah pengetahuan.