5 Wisata yang Ada di Lombok Ini Keren Abis!

Wisata yang ada di Lombok terbentang dari mulai pantai, gunung, kepulauan, hingga pusat wisata budaya. Pulau Lombok saat ini memang dianggap sebagai salah satu lokasi destinasi wisata alam yang sangat mengagumkan. Tidak jarang para penggila traveller sekalinya berkunjung ke Lombok, ingin rasanya tinggal saja di sana dengan mengelilingi berbagai tempat wisata di Pulau Seribu Masjid ini. Selain tempat wisata, Lombok juga merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin tentang budaya dan agama yang ada di Lombok.

Terdapat masjid kuno yang masih digunakan hingga saat ini. Bahkan, para wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan adat maupun kegiatan keagamaan yang sering dilaksanakan di masjid ini. Selain itu, para wisatawan juga bisa belajar menenun kain khas Lombok yang sering jadi favorit para turis. Nah, 5 tempat wisata di Lombok ini dijamin membuat Anda betah berada di Lombok.

Ini Dia 5 Wisata yang Ada di Lombok Dengan Keunikannya

1. Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq Lombok

Masjid Bayan Beleq Lombok

Masjid Bayan Beleq merupakan salah satu masjid kuni yang ada di pulau Lombok. Masjid ini beridiri tepatnya di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai lokasi masjid ini, Anda akan menempuh jarak sekitar 80 km jika melakukan perjalanan dari pusat kota Mataram.

Masjid bayan berdiri pada abad ke 17. Usia masjid ini sekitar 3000 tahun dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Masjid yang memiliki ukuran 9×9 meter ini merupakan masjid pertama yang berdiri di Pulau Lombo dan Desa Bayan merupakan gerbang utama masuknya Islam ke Pulau Lombok.

2. Desa Sukarare

Melihat tenunan desa sukarara lebih dekat

Desa Sukarara

Lombok juga terkenal dengan hasil tenunnya. Maka jika Anda berkunjung ke Lombok, mampirlah ke Desa Sukarare untuk melihat kain tenun khas Lombok ini dan proses pembuatannya. Desa Sukarare terletak di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya tidak jauh dari Lombok International Airport (LIA). Anda hanya akan menempuh perjalanan selama 20 menit saja dai bandara.

Desa ini terkenal dengan hasil tenun atau biasa disebut dengan songket oleh masyarakat Sasak. Anda akan melihat pemandangan yang unik di sini, para pengrajin tenun mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kebanyakan yang melakukan pekerjaan ini adalah perempuan yang merupakan pekerjaan utamanya.

3. Desa Banyumulek

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Selain kerajinan tenun, Lombok juga merupakan salah satu penghasil kerajinan gerabah. Salah satu tempat para pengrajin gerabah di Lombok terletak di Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Mataram. Hampir 80 persen penduduk Desa Banyumulek berprofesi sebagai pengrajin gerabah.

Awalnya, hasil dari kerajinana ini digunakan sebagai alat kebutuhan sehari-sehari, misalnya gentong dijadikan sebagai tempat penampungan air, kendi sebagai tempat minum dan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, gerabah dijadikan sebagai hiasan atau dekorasi rumah. Tidak heran, banyak wiastawan yang datang ke tempat ini untuk membeli gerabah sebagai buah tangan untuk kerabatnya.

4. Desa Senaru
Desa Senaru merupakan salah satu desa adat yang terdapat di Lombok. Uniknya, desa ini terdapat di kaki gunung Rinjani dan berada di ketinggian 601 mdpl. Jumlah penduduk desa hanya sekitar 79 orang yang teridiri dari 20 kepala keluarga. Masyarakat Desa Senaru memiliki seorang kepala suku yang disebut dengan Maloka.

Bahkan tidak jarang, para wisatawan di temani oleh kepala suku dan dipersilahkan masuk ke dalam rumahnya. Namun untuk bisa masuk ke dalam rumah Kepala Suku, Anda harus menggunakan pakaian yang berkerah dan berlengan. Seluruh penduduk desa ini adalah penganut agama Islam.

5. Taman Narmada

Wisata Taman Narmada Lombok

Wisata Taman Narmada Lombok

Tidak hanya di pulau Jawa, pemandian para raja juga ada di Lombok lho. Salah satu pemandian raja yang terkenal di pulau Lombok adalah Taman Narmada. Taman ini merupakan replika dari gunung Rinjani yang dibuat oleh Anak Agung Ngurah Karangasem.

Sang Raja waktu sudah tidak kuat mendaki ke Gunung Rinjani untuk berdoa dan ia memutuskan untuk membuat Taman Narmada sebagai replika dari Gunung Rinjani. Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat dengan luas sekitar 3 hektar.

Demikian wisata Lombok yang wajib dikunjungi saat berwisata bersama keluarga, teman, ataupun pasangan Anda.