Menikmati Indahnya Alam di Pantai Kuta Lombok

Pantai kuta yang banyak orang ketahui hanya berada di Bali ternyata juga dimiliki Lombok dengan ciri khasnya yang berbeda. Pantai kuta Lombok bertempat di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa kuta merupakan sebuah desa yang berada di Lombok tengah dan terkenal dengan wisata pantai kutanya yang menawan. Pantai yang kerap dikunjungi karna keunikan pasirnya yang putih bulat seperti merica ini memiliki daya tarik yang bukan hanya karna pemandangan alamnya saja. Semenjak banyaknya hotel yang mulai dibangun di desa kuta ini, banyak wisatawan yang kemudian datang menikmati liburan mereka di pantai kuta Lombok.

Indahnya Alam di Pantai Kuta Lombok

Wisata Ibu Tiwi pantai kuta Lombok

Pantai kuta Lombok

Walaupun memiliki nama yang sama dengan pantai kuta bali, kenyataannya mereka sangat berbeda. Pantai kuta Lombok memiliki butiran pasir yang bulat seperti merica karenanya pantai ini juga dikenal sebagai pantai merica. Airnya jernih dan daerah dangkalnya pun cukup luas jadi wisatawan bisa bermain air di bibir pantai. Selain itu, pantai kuta Lombok juga memiliki taman bahari yang menawan. Airnya yang jernih dengan sombongnya membiarkan siapapun untuk menerawang melihat keindahan dibawah air sana. Snorkeling pun menjadi salah satu aktifitas yang sering dilakukan. Bukan hanya snorkeling, karna pantai ini sudah cukup terkenal maka fasilitaspun sudah tak usah dikhawatirkan lagi. Olahraga air lainnya seperti banana boat, jet sky dll bisa anda nikmati disini.

Jika anda datang pada bulan februari, disini diadakan ritual nyale. Ini berkaitan dengan legenda suku sasak yang mengatakan bahwa seorang putri bernama mandalika menjatuhkan dirinya ke laut karna tidak ingin menikah dengan pria yang melamarnya. Ritual nyale yaitu sebuah ritual menangkap nyale atau cacing laut yang dilakukan oleh masyarakat suku sasak.

Aktifitas Yang Bisa Anda Nikmati di Wisata Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok

Seperti yang sudah kami tulis, pantai kuta Lombok memang surge bahari. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk melakukan snorkeling. Anda akan diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan ikan-ikan kecil warna-warni yang hidup damai bersama macam-macam terumbu karang menawan. Selanjutnya anda bisa melakukan surfing atau berselancar. Jika anda suka berselancar maka datanglah pada bulan juni karna ombaknya sedang ingin bermain pada bulan itu. jangan khawatir bila anda lupa membawa papan selancar anda, disana terdapat tempat penyewaan papan selancar begitupun dengan alat snorkeling dan olahraga air lainnya.

Jika anda ingin menyaksikan kebiasaan suku sasak yang masih menjaga tradisi, maka datanglah pada bulan februari. Anda dapat melihat ritual nyale yang dilakukan untuk memperingati putri mandalika. Ritualnya sederhana hanya menangkap cacing nyale saja.

Tips berwisata ke pantai kuta Lombok

Berikut kami berikan tips jika anda mengunjungi pantai kuta Lombok:
 Datanglah pada bulan februari jika anda ingin menyaksikan ritual nyale suku sasak
 Berkunjunglah pada bulan juni jika anda ingin melakukan surfing
 Siapakan baju ganti anda berjaga jika anda kebasahan
 Selalu bawa sun glasses dan sunblock untuk menjaga kulit dan mata anda
 Menginaplah dihotel sekitar jika anda ingin bermain hingga sore hari untuk menjaga keamanan
 Bawalah peralatan snorkeling jika anda menyukainya (sebenarnya ini bisa disewa dipantai)
 Bawalah papan selancar jika anda hendak surfing (sebenarnya ini bisa disewa dipantai)

Desa kuta yang bertempat di Lombok tengah ini berpusat wisata di pantai kuta Lombok. Pada hari biasa atau weekday jarang pengunjung yang datang tidak sepadat pada hari-hari weekend ataupun hari-hari besar seperti tahun baru dll.