Ini Dia Sederet Tempat Wisata Lombok Utara yang Tak Boleh Terlewatkan

Jika berkunjung ke Lombok, pastikan Anda tidak melewatkan tempat wisata Lombok utara sebagai destinasi liburan Anda. Sebab, Kabupaten Lombok Utara menyimpan seribu satu keindahan alam yang menakjubkan. Jenisnya beragam, mulai dari pulau kecil atau biasa disebut gili, desa adat, air terjun, hingga bangunan bersejarah.

5 Tempat Wisata Lombok Utara yang Tak Boleh Terlewatkan

Berkunjung ke Lombok Utara rasanya tak afdol jika belum menyambangi 5 tempat wisata Lombok utara nan eksotis ini. Apa saja itu? Yuk, simak yang berikut!

  1. Tiga Gili nan Eksotis

Siapa yang tak kenal dengan tiga gili populer seantero Lombok ini. Ya, siapa lagi kalau bukan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiga pulau kecil ini letaknya saling berdekatan, sehingga memungkinkan Anda untuk menyambangi ketiganya.

Snorkeling di Gili Trawangan Lombok

Snorkeling di Gili Lombok

Berkunjung ke tiga gili Anda pun tak lengkap rasanya bila tak melakukan aktivitas snorkeling. Sebab, ketiga memiliki persamaan, yaitu merupakan tempat snorkeling indah di Lombok, karena terumbu karangnya yang masih asri dan lestari.

Meski memiliki kesamaan, ketiga gili ini tak leas dari berbagai perbedaan yang dapat menimbulkan sensasi dan kesan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Bahkan, salah satu dari ketiga gili tersebut, yaitu Gili Trawangan, mendapat tempat tersendiri di hati para turis mancanegara. Kepopuleran Gili Trawangan sudah tersohor di kalangan turis mancanegara.

  1. Desa Adat Senaru

Bosan ke pantai atau sengaja memilih wisata edukatif di Lombok, datanglah ke Desa Adat Senaru. Di tempat ini, Anda bisa mempelajari bagaimana masyarakat suku asli Lombok memaknai dan menjalankan kehidupannya secara tradisional.

Meski gempuran modernitas menghantam keras, Desa Senaru masih menjaga kekokohan adat asli dan religi. Hal ini bisa diliaht dari rumah masyarakat setempat. Di mana pembuatannya masih sesuai dengan yang diatur dalam awig-awig (peraturan adat), yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti atap dari rumbia, berdinding bedek, dan beralaskan tanah liat.

  1. Air Terjun Sendang Gile

Tak hanya darah pantai, Lombok utara juga memiliki daerah pegunugan, sehingga sudah tentu terdapat wisata air terjun di kawasan ini. Salah satu yang cukup populer dan cukup mudah dijangkau, yaitu Air Terjun Sendang Gile. Sebuah air terjun yang begitu eksotis di ketinggian 600 mdpl.

Wisata air terjun di Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile dengan ketinggian 31 meter ini bisa Anda nikmati melalui akses Desa Senaru. Untuk menuju ke tempat ini, Anda harus terlebih dahulu menuruni anak tanggal sebanyak kurang lebih 300 buah.

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Berkunjung ke Sendang Gile kurang rasanya jika tidak sekaligus berkunjung ke Air Terjun Tiu Kelep. Berjarak hanya sekitar satu kilometer dari Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep memilki pemandang yang tak kalah eksotis.

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Dibandingkan Sendang Gile, jalan menuju Tiu Kelep lebih membutuhkan sedikti perjuangan. Meski demikian, Tiu Kelep tetap menjadi salah satu tempat wisata Lombok utara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara.

  1. Masjid Kuno Bayan Beleq

Tak jauh dari Desa Senaru, terdapat sebuah masjid kuno yang sudah berdiri lebih dari 300 tahun yang lalu. Konon, masjid ini merupakan masjid tertua dan pertama kali yang dibangun di pulau seribu masjid ini. Dia adalah Masjid Bayan Beleq, yang terletak di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

masjid bayan beleqDesa ini dibangun sebagai tanda masuknya Islam pertama kali ke tanah Lombok yang dibawa oleh Sunan Prapen atau yang juga dikenal dengan nama Pangeran Senopati. Ia merupakan cucu dari Sunan Giri dari Walisongo.

Tempat Wisata Lombok Utara Destinasi Wisata Dunia

Mengunjungi tempat wisata Lombok utara merupakan hal yang harus dilakukan saat Anda mengunjungi Lombok. Sebab, Lombok Utara telah dicanangkan sebagai destinasi wisata dunia. Sebgaai pintu masuk utama Pulau Lombok, Lombok Utara memiliki potensi wisata alam yang luar biasa menakjubkan. Apalagi, disini terdapat beragam jenis destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Bisa dikatakan, Lombok utara memiliki seribu satu keunikan yang tidak akan bisa ditemukan di belahan bumi manapun. Hal ini semakin menguatkan dan membuktikan, bahwa Lombok utara sangat layak menjadi destinasi wisata dunia.