Kerajinan Gerabah Di Desa Banyumulek

Seorang peremuan hadir dengan tangan yang dipenuhi oleh lumpur, sedang mengelus benda yang berbentuk seperti pot berukuran besar yang masih basah. Dan pada halaman rumahnya, tergeletak sejumlah gerabah dengan berbagai bentuk serta ukuran yang bervariasi, yang sedang dijemurnya. Pemadangan yang seperti ini biasa menghiasi suasana di salah satu desa yang bernama Desa Banyumulek, yang dimana desa ini sentra dengan kerajinan gerabah yang ada di pulau Lombok. Pada saat Anda berkunjung ke Desa Banyumulek ini, nanti anda akan disambut dengan sebuah gapura hijau yang bertuliskan Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek. Uniknya, saat anda masuk ke desa ini, anda dapat melihat sekolah dan kantor pemerintahan yang berhiaskan gerabah-gerabah berukuran besar, yang ada di pagar temboknya. Sehingga hal ini terkesan sebagai Desa Gerabah yang cukup kental terasa, sekaligus menegaskan jika Desa Banyumulek Lombok ini merupakan sentra kerajinan gerabah.

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Sebuah desa pembuat gerabah yang ada di Lombok ini adalah sebuah kemampuan yang di turunkan mulai dari generasi ke generasi, sehingga hingga kini keahlian tersebut mampu mengangkat perekonomian yang ada di Desa Banyumulek tersebut, bahkan menariknya lagi, para pengunjung juga bisa menyaksikan dan juga berbelanja gerabah di desa ini. Ingin tahu kelanjutan cerita desa Banyumulek? Yuk simak ulasan Kerajinan Gerabah Di Desa Banyumulek berikut ini.

Kerajinan di desa banyumulek

Kerajinan di desa banyumulek

Berkunjung ke Desa Banyumulek Lombok, anda akan mendapati galeri dan toko yang ada di sepanjang jalan desa yang menjual kerajinan gerabah, dan pastikan anda tidak akan kebingungan untuk berkunjung ke galeri atau toko yang mana, sebab di sini akan banyak galeri yang berdiri di desa Banyumulek. Namun, di antara galeri tersebut, nanti anda akan menemukan galeri yang besar, di mana di galeri tersebut anda dapat menemui beraneka macam gerabah dengan varian yang cukup lengkap, mulai dari ukurannya, bentuk, warna, keunikan, motif hiasannya, hingga fungsi yang sangat bervariatif dari gerabah-gerabah tersebut, yang tentunya gerabah ini adalah hasil dari karya pengrajin gerabah yang ada di desa Banyumulek. Beberapa diantarannya adalah sebuah vas, gentong telur, celengan, tas gepeng, dan hiasan dinding.

Tetapi anda pun juga bisa menemui sebuah produk spesial dari kerajinan gerabah tersebut, yakni sebuah kendi maling, sebab kendi ini adalah salah satu jenis kerajinan yang cukup unik, yang mempunyai desain dan juga cerita yang berbeda dari kendi yang ada pada umumnya. Kendi Maling ini mempunyai sebuah lubang yang ada di bagian dasarnya,di mana lubang inilah yang akan digunakan untuk memasukan air ke dalam kendhi, dan uniknya dari desain kendi ini, membuat air tidak akan bisa keluar dari lubang tersebut, ketika kendhi di letakkan kembali.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Kerajinan Gerabah Di Desa Banyumulek Lombok. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi liburan anda.