Keunikan Adat dan kebudayaan Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara berada di Lombok bagian tengah yang berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok, Tanjung Aan, Desa Banyumulek dan Desa Sade. Nah di Desa Sukarara ini Anda akan menemukan banyak wanita yang ahli dan mahir dalam menenun kain khas Lombok. Disini Anda akan mengetahui sejarah kebudayaan dan adat istiadatnya Desa Sukarara Lombok.

Kerajinan Kain Tenun Lombok Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kain Tenun Khas Lombok - Desa Sukarara

Kain Tenun Khas Lombok

Nah diatas sudah diinfokan bahwa disini sangat banyak para wanita yang menenun, karena ada sejarahnya yang akan kita bahas di sesi bawah. Kain tenun di Desa Sukarara yang dibuat oleh para wanita masyarakat Desa Sukarara Lombok ini dibuat oleh tangan bukan mesin, jadi kain tenun Desa Sukarara dijamin kekuatan kainnya, karena terbuat dari benang – benang pilihan yang sudah terbukti kekuatannya, serta kain tenun disini tidak mudah luntur karena pewarnanya terbuat dari bahan – bahan yang alami yang banyak di ambil dari tumbuhan hijau. Banyak motif yang di buat oleh penenun ini, salah satu diantaranya adalah kain tenun songket. Kain tenun songket ini buat harus extra hati – hati dan teliti dan kain songket ini bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih 1 minggu sampai 1 bulan. Karena kain ini memiliki motif dan warna songket yang agak rumit.

Menikah ? Wanita Desa Sukarara Tidak Boleh Menikah Sebelum Bisa Menenun

Kain Tenun Desa Sukarara Lombok

Kain Tenun Desa Sukarara Lombok

Nah ini dia paragraph yang Anda tunggu – tunggu, ya yaitu mengapa banyak wanita masyarakan Desa Sukarara menenun, bahkan tidak mau bekerja di luar ? karena di Desa Sukarara Lombok kaum wanitanya di haruskan untuk bisa dan ahli serta mahir dalam menenun, karena jika para wanita di Desa Sukarara ini tidak bisa menenun, maka mereka tidak di perbolehkan untuk menikah. Jadi jika mereka sudah bisa dan ahli menenun, mereka sudah boleh menikah. Dan satu lagi nih guys keunikannya, yaitu jika para wanita menikah disini diharuskan menggunakan songket, karena songket adalah lambang langgengnya suatu hubungan dan akan membuat para wanita di Desa Sukarara tambah cantik. Anda mau terlihat lebih cantik dari sebelumnya ? ayoo kunjungi wisata desa sukarara Lombok ini bersama Wisata Lombok Murah, Anda bisa mencoba songket khas Lombok ini dan berfoto mengabadikannya sebagai suatu kenangan yang sangat unik.