Lihat Lebih Dekat Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek Lombok

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Banyak dari kita tahu bahwa Pulau Lombok memiliki beragam destinasi wisata, yang tidak kalah di bandingkan dengan wisata Bali dan pulau lainnya yang ada di Indonesia. Tidak hanya wisata pantai saja yang menjadi menarik minat para wisatawan, namun wisata desa juga memiliki daya tarik yang cukup memikat wisatawan dalam maupun luar negeri. Misalnya seperti Desa Banyumulek, desa ini merupakan salah satu desa wisata yang ada di Pulau Lombok.

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Gerabah di desa banyumulek Lombok

Gerabah di desa banyumulek Lombok

Desa Banyumulek Lombok terkenal sebagai penghasil gerabah yang sudah tidak asing lagi bagi kolektor kerajinan asli Indonesia. Desa ini terletak di Kediri, Lombok Barat. Sekitar 14 km dari Kota Mataram. Desa penghasil kerajinan gerabah ini memiliki ciri khas tersendiri, dan hampir semua penduduk di desa banyumulek Lombok ini, bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah.

Gerabah yang dihasilkan dari desa ini cukup menarik bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak heran jika gerabah hasil buatan penduduk di desa banyumulek Lombok biasa di eksport. Dengan berbagai macam motif dan bentuk gerabah di desa ini, sangat berbeda dengan buatan di daerah lainnya. Dengan mengangkat motif – motif unik yang menggambarkan kekhasan dari desa banyumulek Lombok sendiri.

Awalnya gerabah ini berfungsi untuk membantu kehidupan sehari – hari, seperti untuk menyimpan sampah, menyimpan air, menyimpan beras dan sebagainya. Namun semakin berkembangnya zaman, fungsi gerabah ini pun mengalami pergeseran. Bisa dijadikan koleksi pajangan untuk menghias rumah dan taman Anda.

Hasil Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek Lombok

Desa Banyumulek Lombok

Desa Banyumulek Lombok

Pembuatan gerabah di desa banyumulek terbilang unik dan berbeda, kerena pengrajin tidak menggunakan alat bantu sama sekali. Selain motif yang berbeda, inilah yang membuat gerabah dari desa Desa Banyumulek berharga dan layak untuk diekport ke luar negeri, tanpa menggunakan alat bantu yang hasilnya tidak kalah dengan buatan luar negeri yang di buat dengan menggunakan alat bantu. Pewarna yang digunakan untuk mewarnai gerabah juga menggunakan bahan – bahan alami, yang ada di sekitar lingkungan rumah penduduk seperti menggunakan daun – daun yang mengandung pewarna alami.

Di desa ini dapat Anda temukan banyak galeri atau toko kerajinan, yang menjual gerabah hasil dari penduduk Desa Banyumulek. Selain Anda bisa membeli gerabah yang di jual di tempat ini, Anda juga bisa melihat cara pembuatannya dan juga belajar bagimana cara membuatnya.

Banyak wisatawan yang datang ke Wisata Desa Banyumulek, hanya untuk belajar membuat gerabah yang bermotif cantik khas Lombok. Harga yang di tawarkan untuk gerabah desa Banyumulek Lombok ini cukup bervariasi, sesuai dengan ukuran dan kerumitan motifnya. Namun itu tidak akan mengecewakan Anda saat mengetahui bagaimana bagusnya gerabah yang di hasilkan oleh penduduk di Desa Banyumulek Lombok.

Tidak heran banyak pengunjung dari luar maupun dalam negeri mengunjungi Desa Banyumulek ini, untuk membeli hasil gerabah buatan penduduk setempat untuk dijadikan buah tangan. Usaha ini membuat perekonomian masyarakat Desa Banyumulek menjadi lebih baik, dan membuat masyarakat desa tersebut mendapatkan penghasilan yang dapat memenuhi kehidupan keluarga mereka sehari – hari. Liburan sambil belajar berkreasi dengan khas Desa Banyumulek Lombok, Kenapa tidak ?