Mengeksplorasi Keindahan Pantai Pink di Lombok

Keindahan alam di Lombok tidak hanya memukau, tetapi juga unik, seperti Pantai Pink di Lombok yang memiliki pasir berwarna pink. Lombok merupakan pulau di Indonesia yang menyimpan seribu satu pantai dengan panorama alam yang luar biasa. Pantai yang ada di Lombok dikelilingi oleh laut biru yang membentang serta pasir putih yang menghampar. Namun, ada satu pantai di Lombok yang berbeda dari pantai pada umumnya, yaitu Pantai Tangsi. Pantai Tangsi merupakan pantai yang unik. Pantai yang satu ini tidak memiliki pasir yang berwarna putih, melainkan pasir yang berwarna pink. Pantai Pink di Lombok ini merupakan satu dari tujuh pantai dengan pasir berwarna pink yang ada di dunia. Pantai Tangsi berlokasi di wilayah Lombok Timur, tepatnya Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru.

Menjelajah Pantai Pink di Lombok dan Tempat Wisata di Sekitarnya

pantai pink di Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Pasir berwarna pink yang berada di Pantai Pink di Lombok berasal dari serpihan karang berwarna merah yang bercampur dengan pasir berwarna putih. Warna pink di sepanjang bibir Pantai Tangsi akan terlihat semakin jelas ketika diterpa oleh sinar matahari dan disapu deburan ombak. Ombak yang ada di Pantai ini tergolong kecil sehingga Anda bisa berenang, menyelam, atau memancing sampai puas di laut Pantai Tangsi. Selain memiliki hamparan pasir yang berwarna pink, Pantai Tangsi dikelilingi oleh perbukitan yang sangat indah. Di sebelah kanan Pantai Tangsi terdapat tanjung dengan panorama alam yang eksotis serta deretan gazebo untuk menikmati keindahan alam Pantai Tangsi. Sedangkan, di sebelah kanan Pantai Tangsi terdapat padang rumput yang hijau dan luas.

Rute Perjalanan Pantai Pink di Lombok

Uniknya pasir pantai pink lombok

Uniknya pasir pantai pink lombok

Anda bisa mencapai Pantai Pink Lombok melalui dua rute. Rute yang pertama untuk mencapai Pantai Tangsi dimulai dari kota Mataram. Anda akan menaiki mobil atau bus dengan rute Kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit. Anda harus bersiap dengan perjalanan yang melelahkan karena membutuhkan waktu dua sampai dengan tiga jam dari kota Mataram menuju Pantai Tanjung Ringgit. Dari Pantai Tanjung Ringgit, Anda akan berjalan kaki atau menaiki kendaraan umum menuju pintu masuk Pantai Tangsi yang berjarak satu kilometer dari Pantai Tanjung Ringgit. Nantinya, Anda akan bertemu tanda bertuliskan “Pantai Pink 50 Meter”. Anda bisa mengikuti tanda tersebut untuk mencapai Pantai Tangsi yang indah.

Rute kedua untuk mencapai Pantai Pink di Lombok adalah melalui jalur laut. Anda bisa menaiki kapal dari pelabuhan kecil yang berada di Tanjung Luar. Perjalanan dengan kapal dari Tanjung Luar menuju Pantai Tangsi membutuhkan waktu satu jam. Perjalanan menuju Pantai Tangsi dengan jalur laut sangat direkomendasikan karena waktu tempuh lebih singkat dibandingkan jalur darat. Apalagi Anda akan transit di beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan Pantai Tangsi seperti Gili Petelu, Pulau Pasir, dan Pantai Semangkok.

Setiap tempat wisata yang berada di sekitar Pantai Pink di Lombok memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Sebut saja Gili Petelu. Gili Petelu merupakan gugusan tiga pulau kecil yang membentuk perbukitan yang saling berhubungan. Setiap gili tersebut dipisahkan oleh pantai pasir putih dengan lebar bibir pantai dua meter. Selain itu, Gili Petelu memiliki laut yang dangkal dengan air yang jernih. Anda bisa menceburkan diri ke laut tersebut untuk berinteraksi dengan biota laut yang tinggal di laut Gili Petelu, terutama ikan badut yang mendominasi laut di Gili Petelu. Jika Anda ingin menyelam di Gili Petelu, jangan lupa untuk membawa roti untuk memberi makan ikan-ikan yang ada di sana.

Selain itu, di sekitar Pantai Pink di Lombok terdapat Pulau Pasir yang sangat eksotis. Pulau Pasir akan muncul ke permukaan ketika air laut sedang surut. Pulau Pasir bisa muncul di pagi hari jika angin berembus dari arah barat. Sedangkan, jika angin berembus dari arah selatan, Pulau Pasir akan muncul pada sore hari. Pulau Pasir merupakan pulau yang tidak memiliki penghuni. Keunikan dari Pulau Pasir adalah pasirnya memiliki bentuk yang bulat menyerupai butiran merica. Anda bisa menemukan banyak bintang laut yang terdampar di Pulau Pasir. Pulau Pasir bisa dikunjungi pada perjalanan pulang dari Pantai Tangsi menuju Tanjung Luar.