Menikmati pesona alam Indonesia di Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok termasuk salah satu gunung yang masuk kedalam list gunung yang wajib untuk ditaklukan bagi para pendaki. Bagaimana tidak? Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 Mdpl ini sangat menawan hingga keindahannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Track yang sulit menantang dan pesona alam yang tak dapat menunggu untuk tidak menunjukan keindahannya adalah paket lengkap bagi para pendaki.

Jalur pendakian Gunung Rinjani

Tempat Wisata Lombok

Letak geografis Gunung Rinjani memang berada di Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Pintu masuk Gunung Rinjani pun banyak dan jalur pendakiannya pun ada beberapa pilihan.

  1. Sembalun

Pintu masuk jalur pendakian sembalun terletak di Desa Senaru, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Jalur pendakian ini dikatakan lebih mudah didaki dan memiliki keindahan yang sangat menawan disepanjang perjalanannya menemani para pendaki yang kelelahan. Jalur ini lebih banyak digunakan para pendaki.

  1. Senaru

Jalur senaru ini sangat ramai dipakai, bukan hanya oleh para pendaki tetapi juga penduduk setempat. Gunung Rinjani bagi warga setempat adalah gunung suci sehingga mereka sering melakukan ibadah kesan melewati jalur ini.

  1. Timba Nuh

Timba nuh adalah jalur pendakian terdekat dari kedua jalur lainnya. Namun, memang jika melewati jalur ini anda harus sangat berhati-hati dan untuk pemula tidak dianjurkan untuk melewati jalur ini. Jalurnya terlalu terjal, anda harus melewati danau dan tebing sehingga bagi mereka yang belum berpengalaman sebaiknya menggunakan jalur sembalun saja.

Keindahan gunung rinjani

Jika anda bertanya-tanya keindahan apa yang akan anda temui ketika anda mencoba mendaki gunung rinjani maka anda tidak akan pernah menyesal setelahnya.

Ketika anda mendaki menggunakan jalur sembalun, maka dari awal anda masuk dari pintu masuk anda akan disuguhi pemandangan bebukitan hijau yang menghampar. Setelah anda melewati bebukitan hijau anda akan disuguhi padang savanna yang luas. Ilalang-ilalang bergoyang seiring dengan angin yang menerpa mereka. Tapi jangan salah karna padang savanna ini sangatlah panas dan jarang ditemui pohon karnanya jarang ada yang berlama-lama di padang savanna ini.

Danau segara anak akan anda temui ketika anda menggunakan jalur senaru dan timbanuh. Sedangakan jika anda menggunakan jalur sembalun anda hanya akan melihatnya dari ketinggian saja namun sama sekali tidak mengurangi keindahannya. Danau segara anak adalah danau yang masih alami. Disini anda benar-benar akan hidup di alam bebas karna aka nada beberapa monyet liar yang berkeliaran. Danau ini dikelilingi bukit yang jika disapa cahaya matahari, ia akan memantulkan pesona tiada tara.

Yang paling ditunggu adalah puncaknya. Puncak Gunung Rinjani memang tidak mudah untuk ditaklukan. Bahkan lebih mengerikan dari Gunung Semeru karna bukan hanya jalanan berpasir tetapi juga sisi kiri kanan anda adalah jurang jadi anda harus sangat berhati-hati. Tetapi percayalah bahwa setiap langkah perjalanan anda menuju puncak akan terbayar ketika anda sudah bertemu sunrise ataupun samudra awan puncak gunung rinjani. Dari sini anda bisa melihat keindahan Lombok, bahkan anda bisa melihat pulau sumba.

Gunung Rinjani Lombok adalah gunung yang menjadi primadona Lombok. pesonanya yang menggiurkan telah berhasil meluluhkan mata para wisatawan sehingga jumlah pengunjungnya semakin bertamah setiap tahun. Dan memilih menggunakan paket tour Lombok dengan lebih aman dan terpercaya.