Pantai Pink Lombok, Tempat Wisata Unik di Lombok Timur

Siapa yang tidak kenal Pulau Lombok? Namanya sudah tersohor hingga ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, di pulau ini Anda bisa melihat banyak sekali turis asing. Lombok begitu populer karena menyimpan banyak sekali keindahan dan terdapat banyak tempat wisata unik di Lombok. Salah satu tempat wisata unik yang kerap dijadikan destinasi wisata adalah Pantai Pink di Lombok timur.

Wisata Pantai Pink Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Pink barlokasi di pesisir bagian timur Pulau Lombok, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk menuju lokasi ini ada beberapa transportasi yang dapat digunakan. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya tinggal melewati Jalan Raya Mantang 76,4 kilometer dari pelabuhan. Estimasi waktu dari Senggigi kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum akan melewati stasiun Mandalika dan menuju ke Pasar Jerowaru. Baru kemudian menuju pertigaan Tanjung Ringgit. Estimasi waktu sekitar 4 jam dari Kota Mataram.

Sejarah Nama Pantai Pink, Tempat Wisata Unik di Lombok Timur

Pantai Pink sebenarnya bukan nama asli dari pantai ini. Penamaan ‘Pantai Pink’ terhadap tempat wisata unik di Lombok ini memang karena ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang didominasi dengan warna pink atau merah muda. Karenanya pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink Lombok.

Padahal sebetulnya, Pantai Pink memiliki nama asli Pantai Tangsi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tangsi berarti ‘asrama’ atau ‘barak’. Jika memperhatikan sekeliling lokasi ini, memang pada zaman penjajahan Jepang, lokasi ini sempat dijadikan markas kependudukan tentara Jepang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya gua buatan dan meriam peninggalan Jepang.

Pantai ini juga masih merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit yang juga merupakan daerah bekas kekuasan Belanda dan Jepang di Indonesia. Namun, Pantai Pink memiliki infrastruktur dan akses jalan yang kurang baik dan memadai, sehingga pantai ini tidak terlalu terekspose oleh banyak wisatawan maupun media.

Daya Tarik Pantai Pink Lombok Sehingga Menjadi Tempat Wisata Unik di Lombok

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Pantai Pink ini adalah tak lain dan tak bukan, yaitu pantainya yang memiliki pasir berwarna pink atau merah muda pekat. Hal ini membuat perpaduan yang begitu indah antara birunya air laut berkat pantulan langit dengan warna pasir pink yang membentang di sepanjang pantai. Di Indonesia, laut dengan pantai berwarna pink hanya ada di Pulau Lombok dan Pulau Komodo.

Warna pink pada pasir pantai ini dihasilkan dari organisme merah kecil yang terdapat di terumbu karang yang mati dan potongan kerang yang jatuh ke dasar laut. Serpihan-serpihan itu semua tersapu ke pantai oleh ombak. Seiring proses alam, serpihan ini bercampur dengan pasir pantai, sehingga membuat bibir pantai menampakkan warna pink yang begitu menakjubkan.

Selain pasir pantai nya yang berwarna pink, tempat wisata di Lombok timur ini memiliki panorama alam yang luar biasa memukau. Sekeliling pantai dihiasi oleh tebing-tebing yan terlihat kokoh dna cukup tinggi. Di atas tebing terdapat semacam pendopo yang disediakan untuk para wisatawan menikmati hamparan laut lepas dari ketinggian.

Arus lautnya yang cukup tenang memberikan kesan tersendiri saat mengunjunginya. Hembusan angin dan deburan ombangnya yang begitu tenang, membuat tempat wisata di Lombok timur ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan Anda bersama anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas renang dan snorkeling, meski terumbu karangnya beberapa hancur karena jangkar perahu nelayan.

Tak sekedar bermain-main, Anda juga bisa melakukan wisata edukasi sejarah di tempat ini. Mintalah guide atau seorang warga lokal untuk memberitahu Anda dimana letak peninggalan-peninggalan sejarah kependudukan Jepang atau Belanda di Indonesia bertahun-tahun lalu. Atau jika Anda bisa melakukannya sendiri, Anda bisa mencarinya tanpa guide.

Sebab, ditempat ini terdapat beberapa meriam peninggalan Jepang. Tak hanya itu, ada juga beberapa gua-gua buatan yang digunakan sebagai tempat perlindungan.