Pantai Pink, Tempat Wisata yang Indah di Lombok

Selama ini, mungkin kita mengenal Pantai Pink hanya ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Padahal, pantai serupa juga bisa kita temukan di Pulau Lombok. Tempat wisata yang indah di Lombok ini seringkali jadi tujuan wisatawan karena keunikannya. Terutama adalah warna pasir pantainya yang merah muda, bukan putih sebagaimana umumnya.

pantai pink di Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Pink di Lombok ini tepatnya berlokasi di Jerowaru, Lombok Timur. Nama asli dari Pantai Pink adalah Pantai Tangsi. Sebelum dikembangkan sebagai salah satu objek wisata, pantai ini adalah tempat transit bagi para nelayan yang berasal dari Tanjung Luar, Keruak.

Keunikan Tempat Wisata yang Indah di Lombok, Pantai Pink

Daya tarik utama dari Pantai Pink tentu adalah pasir pantainya yang berwarna merah muda. Bahkan, Pantai Pink di Lombok adalah salah satu dari tujuh pantai di seluruh dunia dengan pasir pantai merah muda. Selain itu, Pantai Pink Lombok adalah salah satu dari dua pantai di Indonesia yang pasirnya berwarna pink, di mana satunya lagi berada di Flores, NTT.

Warna pink yang ada di tempat wisata yang indah di Lombok ini sebenarnya berasal dari butiran karang merah muda yang bercampur dengan pasir yang memang berwarna putih. Adanya bias sinar matahari turut memperjelas warna pink pada pasir pantai. Keindahannya terutama akan sangat terlihat pada siang hari saat matahari bersinar terik.

Goa dan meriam peninggalan penjajah

Goa dan Meriam

Keunggulan lain dari Pantai Pink selain keunikan warna pasirnya adalah keadaannya yang tenang dan berombak kecil. Wisatawan dapat beraktivitas dengan tenang dan nyaman di sana. Bahkan, Pantai Pink terbilang ramah anak-anak karena relatif tidak membahayakan.

Keindahan Pantai Pink semakin sempurna berkat hamparan bukit yang ada di sekelilingnya. Pada sisi kiri terdapat bukit yang berpadang rumput luas. Selain itu, terdapat pula sebuah tanjung eksotis pada sisi kanan dan gazebo yang disediakan di atasnya.

Tempat wisata yang indah di Lombok ini makin sempurna berkat alam bawah lautnya yang dipenuhi aneka hewan-hewan laut serta terumbu karang. Ombak yang tenang membuat snorkelling dapat dilakukan secara maksimal di sini. Wisatawan bahkan dapat menyewa perahu nelayan guna berkeliling gugusan pulau-pulau kecil yang letaknya kira-kira 2km dari bibir pantai.

Terdapat pula sebuah gua peninggalan Jepang yang lokasinya ada di sisi tengah bukit dari pantai. Gua-gua ini bahkan mirip seperti gua-gua Jepang yang ada di Sumatera Barat dengan diameter 1.5m. Sayangnya gua ini kurang terawat serta banyak ditumbuhi semak-semak. Konon, gua ini digunakan sebagai tempat bersembunui tentara Jepang di masa Perang Dunia.

liburan ke Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Suasana pantai yang sepi serta alami menambah daya tarik tersendiri pada Pantai Pink. Wisatawan lokal maupun mancanegara terutama menyukai ketenangan yang ditawarkan pantai ini. Bisa dibilang bahwa Pantai Pink adalah tempat yang tepat untuk melepas lelah dan penat dari aktivitas sehari-hari.

Rute Menuju Tempat Wisata yang Indah di Lombok

Untuk menuju tempat wisata yang indah di Lombok ini, Anda akan menggunakan perahu kayu tradisional di Pelabuhan Tanjung Luar.

Satu hal yang patut diperhatikan sebelum menuju Pantai Pink Lombok adalah persiapkan bekal secukup mungkin. Kita bisa membawa dari rumah atau membeli di warung yang ada di Jerowaru. Masih jarang ditemukan penjual makanan ataupun minuman di sepanjang jalan menuju Pantai Pink.

Pantai Pink tak hanya merupakan tempat wisata yang indah di Lombok tapi juga surga di Bumi. Kebersihan pantai sangat terjaga karena tak adanya sampah berserakan di sekitar pantai. Anginnya sepoi-sepoi degnan cahaya matahari yang cerah serta jauh dari kebisingan kota.

Pantai ini terutama akan sangat direkomendasikan untuk traveler atau backpacker, terutama mereka yang belum pernah mengunjungi Lombok. Pantai Pink bisa jadi destinasi wisata favorit untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Untuk mencapai tempat wisata yang indah di Lombok ini, kita dapat melewati rute dari Mataram menuju Pantai Tanjung Ringgit. Dibutuhkan waktu tempuh kira-kira dua jam melewati jalanan berlubang. Selanjutnya, pintu masuk Pantai Pink terletak kira-kira 1 km sebelum Pantai Tanjung Ringgit.