Menikmati Pesona Indahnya Wisata Kuta Lombok

Pantai Kuta tidak hanya berada di pulau Bali saja yang indah, Wisata Kuta Lombok juga dikenal indah dengan pesonanya yang memukau.

Lombok adalah pulau kecil yang ada di Indonesia. Pulau Lombok tidak sebesar pulau jawa, sumatera, ataupun Kalimantan. Tapi di sana menyimpan banyak surga alam yang sangat indah untuk dinikmati keberadaannya. Daya tarik dari pulau ini memang banyak, sehingga banyak sekali wisatawan yang datang ke sana tiap tahunnya. Salah satunya yang menjadi daya tarik pulau ini adalah wisata Kuta Lombok. Siapa sih yang tidak tahu dengan salah satu pantai terindah di Lombok? Pantai Kuta memang tidak hanya berada di pulau Bali saja, tetapi di Lombok pun juga ada dan pastinya keunikan dari kedua pantai dengan nama yang sama tersebut, sangat berbeda.

Terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer, keindahan pantai ini memang tidak bisa terelakkan. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Di bukit tersebut, Anda bisa melihat pemandangan yang bagus sekitaran wisata Kuta Lombok bahkan dari atas bukit tersebut, Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karang yang ada di bawah laut, hal itu dikarenakan air laut yang ada di pantai tersebut memang jernih. Sehingga para pecinta olahraga snorkeling akan sangat suka jika menyelam di laut ini.

Sejarah Lampau di Wisata Kuta Lombok

wisata Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Di berbagai tempat, pastinya pada zaman dahulu terdapat sejarah dari asal mula adanya tempat tersebut, tak terkecuali dengan wisata Kuta Lombok. Di balik sejuta pesonanya, pantai ini juga memiliki sejarah yang patut untuk Anda ketahui. Jadi Anda tidak hanya menikmati keindahan pantai saat berlibur ke sana, akan tetapi, wawasan tentang sejarah lampau pantai Kuta juga bisa tahu. Sejarah dari pantai Kuta ini cukup tragis, karena konon di bukit yang ada di pantai tersebut, adalah tempat bunuh diri dari seorang putri yang bernama Putri Mandalika.

Pada zaman dahulu, putri tersebut memang berparas sangat cantik dan mempunyai kepribadian yang baik. Karena hal tersebut, banyak sekalipangeran-pangeran dari berbagai kerajaan jatuh cinta kepadanya dan menjadi rebutan. Putri Mandalika takut perebutan dirinya akan menjadi perpecahan perang, sehingga ia memilih bunuh diri dengan melompat dari atas bukit dan tenggelam di laut Kuta. Maka dari itu, setiap tahunnya pasti warga sekitar mengadakan upacara adat yang bernama Bau Nyale. Upacara ini diadakan setahun sekali saat nyale bermunculan di laut Kuta. Nyale sendiri adalah jenis cacing laut yang jumlahnya bisa miliaran, dan konon nyale ini adalah jelmaan dari puti Mandalika.

Kegiatan Menarik yang Wajib Dilakukan di Wisata Kuta Lombok

wisata lombok murah

Wisata kuta Lombok

Wisata Kuta Lombok memang memiliki banyak keunikan yang membuat para wisatawan ingin datang ke sana saat pertama kali menginjakkan kakinya di Lombok. Untuk itu, sangat disayangkan jika Anda sudah berada di sana namun tidak ada hal yang dilakukan. Berikut kegiatan yang harus Anda coba saat berada di kota Lombok :

1. Snorkeling
Bagi Anda yang sangat menyuki olahraga snorkeling, Anda harus mencobanya di wisata Kuta Lombok ini. Kejernihan air laut pantai ini membuat siapa saja ingin melakukan olahraga tersebut. Apalagi habitat yang ada di dalam air masih terjaga hingga jenis ikannya banya, serta gugusan terumbu karang yang masih sangat bagus.

2. Berjalan-Jalan Di Tepi Pantai
Pantai ini memang dikenal dengan butiran pasirnya yang berwarna putih serta teksturnya yang halus, sehingga membuat siapa saja yang mengunjungi pantai ini akan sangat senang berjalan-jalan di tepi pantai dengan kondisi kaki telanjang. Halusnya pasir pantai nantinya akan memanjakan kaki Anda.

3. Melihat Sunset
Jika pergi ke pantai, tidak puas rasanya jika tidak melihat matahari terbenam. Apalagi jika Anda melihatnya di pantai Kuta. Di sekitaran pantai Kuta memang dikelilingi perbukitan yang indah, jika Anda melihat sunset, sudah pasti pemandangan yang Anda dapatkan sangatlah indah. Melihat matahari terbenam akan lebih bermakna apabila ditemani dengan seseorang yang dicintai.

Dengan berbagai pilihan aktivitas tersebut, memilih pantai kuta Lombok untuk menghabiskan waktu liburan akan menjadi cara terbaik menutup hari.