Surga yang Tesembunyi Di Kawasan Lombok Timur

Pulau Lombok yang terletak di Provensi NTB, terbagi menjadi beberapa Kabupaten dan Kota yang memiliki objek wisata dan kebudayaan yang beragam pula. Salah satunya adalah Kab. Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 2.679.88 Km2 dan memiliki banyak objek wisata dari gunung sampai laut yang menawan. Selong merupakan ibukotanya, mempunyai fungsi yang vital menjadi pusat segala aspek kehidupan pada Lombok Timur. Tak jauh beda dengan daerah -daerah lain di Pulau Lombok, Lombok Timur juga mengandalkan pantainya sebagai tujuan wisata yang berkembang. Tardapat berbagai pantai yang indah yang belum terkenal atau terdengar oleh para pengunjung yang menjadi surga tersembunyi. Tidak hanya pantainya, ada banyak objek tujuan wisata yang terdapat pada kawasan ini, yang patut untuk di kunjungi. Seperti pegunungannya dan air terjunnya. Ada juga bahasa dan budaya yang beragam.

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Wisata pantai merupakan salah satu bagian dari Pulau Lombok, lombok Timur juga mempunyai pantai – pantai yang menawan seperti;

  1. Pantai Kaliantan adalah pantai yang berada di kecamatan Jerowaru yang menawarkan keindahan panorama alamnya yang memiliki pasir putih seperti biji merica dan adanya kegiatan bau nyale setiap tahunnya.
  2. Tanjung Bloam adalah tempat konservasi penyu, berlokasi dekat dengan pantai Kaliantan yang habitatnya di sekitaran tebing-tebing yang membuat Tanjung Bloam tampak indah, dan patut di kunjungi.
  3. Gili Sunut terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong kecamatan Jerowaru, dan mempunyai garis sejajar dengan daerah Tanjung Ringgit, berpasir putih seperti butiran merica dengan airnya yang tidak berombak dan tenang.
  4. Gili Lawang merupakan Pulau yang mempunyai potensi hutan bakau serta taman laut yang menawan, sehingga potensial menjadi tujuan wisata alam. Kadang -kadang terlihat kawanan lumba-lumba di daerah ini pada musim tertentu.
  5. Pantai Ekas yang berada di Pemongkang merupakan suatu pantai yang kondisinya berupa teluk, memiliki pasir putih dengan ombak kecil dan tempat yang sudah dihuni oleh para nelayan.
  6. Pantai Surga merupakan pantai yang sejalur dengan pantai Ekas, yang menawarkan pemandangan bagai surga dunia, dengan panorama alam yang indah dan berpasir putih.
  7. Gili Bagek atau Gili Kondo adalah suatu pulau yang terletak di kawasan pantai Sambalia. Pulau ini tak berpenghuni, dengan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan.
  8. Tanjung Ringgit terletak di ujung timur dan selatan Lombok tapi tidak membuatnya tenggelam dan tersisihkan serta berhadapan langsung dengan Pulau Sumbawa. Alamnya sungguh menawan, terdapat pantai, tebing-tebing, hutan lindung, dan goa peninggalan tentara jepang.
  9. Pantai Labuan Haji dan Rambang, terletak di Kecamatan Labuhan Haji adalah pantai yang sangat dekat dengan ibukota, dengan pemandangannya yang cukup indah.

Selain objek wisata pantainya yang menjadi andalan dari Kab. Lombok Timur adalah;

  1. Lembah Hijau terdapat di desa Ijobalit Labuan haji, merupakan sebuah kolam dengan warna kehijauan yang di kelilingi pepohonan yang berbaris mengelilinginya, dan terdapat berugak sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan panorama alamnya.
  2. Sembalun merupakan sabuah desa yang di kenal oleh para pendaki, sebab menjadi gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, pengunjung akan di manjakan pemandangan dataran tinggi dengan suhu dingin yang sejuk dan bersih serta memetik strawberi.
  3. Air Terjun Jeruk Manis berada pada desa Kembang Kuning Sikur, dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani dan dikelilingi pemandangan alam yang indah serta tedapat lutung penghuni hutan.
  4. Tete Batu berada di ketinggian 700 mdpl, dengan pemandangan alam dan suasana udara pedesaan yang sangat nyaman di tempati. Sehingga dapat mengenal dan mengetahui tentang kehidupan masyarakat setempat.
  5. Otak Kokoq berada pada desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading sekitar 40 Km dari Mataram, yang airnya dapat di percaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit dangan alamnya yang asri.

Lombok Timur adalah kawasan yang kaya akan objek wisata yang tak pernah di temukan di daerah lainnya, bagi para pengunjung yang mengiginkan keindahan yang masih sepi dan asri, menjadi tujuan wisata yang tepat untuk traveling menemukan surga yang tersembunyi di kawasan timur Pulau Lombok.