Tanjung Ringgit, Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang cukup diminati para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini karena Lombok menyimpan sejuta keindahan alam dan banyaknya destinasi wisata. Di antara banyaknya destinasi wisata di Lombok, terdapat satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi karena pesona alamnya yang begitu memukau, yaitu Tanjung Ringgit.

Meriam Peninggalan Jepang di Tanjung Ringgit Lombok

Meriam Peninggalan Jepang di Tanjung Ringgit Lombok

Berada di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Tanjung Ringgit menyuguhkan pemandangan yang sulit dideskripsikan oleh kata-kata. Pantainya begitu indah dikelilingi oleh bukit dan tebing. Air lautnya berwarna biru, berkat pantulan sempurna dari langitnya. Pasir pantainya putih, menghampar luas sepanjang pantai.

Jika dilihat dari tebing, pantai memberikan kesan yang lebih memukau luar biasa. Sejauh mata memandang Anda akan melihat laut yang terhampar langsung hingga perairan Samudera Hindia. Anda juga bisa melihat beberapa hewan ternak yang tengah mencari makan di atas padang rumput hijau. Anda bahkan akan disambut hangat oleh senyuman dan keramahan para penggembala kerbau ini.

Aktivitas yang Menyenangkan di Tanjung Ringgit, Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Tanjung Ringgit memang kurang cocok dijadikan lokasi untuk berenang, apalagi snorkeling. Hal ini lantaran lokasinya yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga ombak dan arus laut di lokasi ini cukup besar dan berbahaya untuk melakukan aktivitas tersebut.

Namun, tentu saja liburan Anda di Tanjung Ringgit akan tetap seru dan menyenangkan. Sebab, masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, selain renang atau snorkeling.Itulah sebabnya tempat ini menjadi tempat wista di Lombok yang wajib dikunjungi. Lantas, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Ringgit?

  1. Bersantai

Dengan panoramanya yang memukau, Anda tentu dapat menikmatinya dengan sejenak bersantai menghilangkan penat. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Tanjung Ringgit dari perbukitan untuk menambah sensasi ketenangan luar biasa. Salah satu lokasi bersantai di tempat ini, yaitu bersandar di bawah Pohon Surga yang biasa digunakan untuk tempat beristirahat para penggembala. Dari tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang tak berhenti membuat Anda berdecak kagum.

  1. Menyusuri Peninggalan Sejarah
Goa dan meriam peninggalan penjajah

Goa dan Meriam

Tak hanya bersantai-santai, Anda yang berjiwa petualang bisa melakukan perjalanan menelusuri setiap jengkal kawasan Pantai Tanjung Ringgit. Sebab, kawasan Tanjung Ringgit menyimpan peninggalan sejarah kependudukan Jepang di Indonesia yang kini bisa disaksikan oleh para wisatawan.. Beberpaa peninggalan tersebut berupa goa buatan dan meriam besar dengan panjang sekitar 5 meter. Tak hanya itu, di tempat ini juga terdapat mercusuar peninggalan kependudukan Belanda di Indonesia yang hingga kini masih digunakan.

Salah satu goa di Tanjung Ringgit bisa Anda telusuri dan akan membawa Anda turn dari tebing menuju tepi laut dan Anda akan merasakan indahnya Pantai Tanjung Ringgit yang jernih airnya. Untuk Anda yang belum terbiasa, bisa meminta guide untuk mengantarkan Anda ke lokasi ini. Menariknya lagi, di tempat ini Anda akan melihat sumur air tawar yang lokasi tak jauh dari bibir pantai. Sungguh pengalaman yang mengesankan, bukan?

 

Transportasi Menuju Tanjung Ringgit, Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Untuk menikmati keindahan alam Tanjung Ringgit, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Mataram melalui Kota Praya dengan jawak tempuh sekitar 80 kilometer. Sayangnya, perjalanan menuju Tanjung Ringgit tidak dapat dilalui dengan angkutan umum, Para wisatawan harus menyewa mobil atau motor untuk menuju Tanjung Ringgit Lombok.

Satu jam pertama menuju Tanjung Ringgit, jalan masih terasa mulus. Namun, satu jam berikutnya, Anda akan disuguhkan dengan jalan bergelombang. Untuk itu, disarankan untuk para wisatwan yang membawa mobil pribadi, jangan menggunakan mobil yang terlampau ceper.

Jika melakukan perjalanan tanpa tour guide, jangan malu untuk selalu bertanya kepada penduduk setempat, selain memanfaatkan GPS. Hal ini akan memudahkan pencarian lokasi.