Tempat Wisata Budaya Di Lombok Unik Dan Khas

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang mempunyai banyak tempat untuk destinasti wisata. Salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata para turis baik turis asing maupun lokal adalah pulau Lombok. Seperti yang diketahui Lombok ini merupakan pulau dengan banyak kekayaan alam yang indah. Lombok juga mempunyai tempat wisata yang sangat banyak dan menarik mulai dari eisata bahari yang tentunya terkemal dengan banyaknya pantai dan pulau-pulau kecil, kemudian wisata agama dimana terdapat berbagai macam sejarah keagamaan, dan wisata budaya. Tempat wisata budaya di Lombok ini cukup unik. Terdapat 3 tempat wisata yaitu desa Sade, Desa Banyumulek, dan Desa Sukarara. Ketiga Desa ini menyimpan banayak sejarah mengenai budaya asli pulau Lombok yaitu suku sasak.

Ini Dia Tempat Wisata Budaya Di Lombok Yang Unik Dan Khas

Desa Sade

Wisata Lombok - Bapak Mohammad Surya

Desa sade

Desa Sade ini merupakan salah satu tempat wisata budaya di Lombok. Di Desa ini adat istidat masih sangat kental sekali. Penduduk desa ini merupakan suku sasak asli sehingga mereka tidak mungkin meninggalkan adat istiadat begitu saja di kehidupan yang sudah sangat modern ini. Di desa ini rumah para warga masih sangat terbilang tradisional. Setiap rumah saling berdekatan hanya berjarak beberapa meter untuk jalan, paling tidak cukup untuk motot lewat. Rumahnya masih terbuat dari bambu dengan atap yang terbuat dari alang-alang. Menurut mereka alang-alang ini dapat melindungi dari panasnya siang hari dan dinginnya malam ketika hujan. kemudian bagian rumahnya pun cukup sederhana. Dan yang paling unik yang ada di desa ini adalah bagaimana cara warga dalam membersihkan rumahnya. Kebanyakan dari kita jika membersihkan rumah menggunakan sabun dan lap pel. Tetapi tidak bagi warga suku sasak ini. mereka membersihkan lantai rumah dengan cara yang sangat unik yaitu dengan menggunakan kotoran kerbau. Tetapi anehnya lagi menurut warga dengan menggunakan kotoran kerbau ini lantai menjadi bersih dna tidak menimbulkan bau. Tetapi cukup menjijikkan, kan?

Desa Banyumulek

Desa banyumulek Lombok

Desa banyumulek Lombok

Desa Banyumulek merupakan salah satu tempat wisata budaya di Lombok yang perlu Anda kunjungi ketika Anda sudah berada di Lombok. Desa Banyumulek ini juga merupakan desa dengan hampir seluruh warganya adalah suku sasak asli. berbeda dengan desa Sade yang mempunyai keunikan membersihkan lantai dengan kotoran kerbau. Desa Banyumulek ini dikenal karena kerajinan gerabahnya. Gerabah dari Desa Banyumulek ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Dengan tembusnya gerabah khas Desa Banyumulek ke pasar internasional ini sangat membantu perekonomian di Desa gerabah. Sehingga mereka dapat terus memproduksi gerabah. Pembuatan gerabah ini sudah menjadi tradisi dari nenek moyang mereka. Pembuatan gerabah hanya bisa dilakuakan oleh generasi suku sasak. Sehingga mereka dapat dengan mudah mengajari keturunan—keturunannya.

Desa Sukarara

Melihat tenunan desa sukarara lebih dekat

Desa Sukarara

Desa Sukarara menjadi tempat wisata budaya Lombok selanjutnya. Sama halnya dengan desa-desa sebelumnya, budaya adat suku sasak masih sangat kental di Desa ini. Desa Sukarara ini terkenal dengan kain tenunnya, karena hampir semua wanita di Desa ini sangat pandai dalam menenun. Di desa ini terdapat sebuah aturan adat dimana setiap wanita suku sasak diharuskan bisa menenun, dan wanita tidak boleh menikah sebelum dapat menenun. Adat yang cukup unik bukan? selain itu dalam ilmu menenun ini, warga desa Sukarara ini tidak pelit. Mereka akan dengan senang hari membantu para wisatawan untuk belajar menenun, bahkan sampai membeli kian tenun mereka. Dengan kain tenun khas suku sasak di Desa Sukarara ini membuat banyak sekali peminat dari kain tenun tersebut.

Nah itulah beberapa tempat wisata budaya di Lombok yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Lombok. Sebenarnya masih banyak tempat wisata budaya di Lombok lainnya seperti Pura Lingsar yang juga menjadi tempat wisata agama, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu jika Anda sedang berkunjung ke Wisata Lombok pastikan Anda mengunjungi semua tempat wisata di Lombok mulai dari wisata bahari, wasata agama, wisata kuliner, dan juga wisata budayanya ini. bagi Anda yang sangat menyukai sejarah dan budaya Anda tentu sudah sangat wajib untuk datang ke desa-desa ini.