Tempat Wisata Favorit di Lombok Wisatawan Domestik Maupun Asing

Salah satu tempat wisata favorit di Lombok yang telah terkenal hingga ke telinga wisawatan mancanegara adalah Gili Trawangan. Bahkan, rasanya tak lengkap bertandang ke Lombok jika tak mengunjungi objek wisata satu ini. Gili Trawangan telah menjadi ikon wisata tersendiri bagi Pulau Lombok.

Perjalanan Wisata Ibu Esti dan Sahabat Menuju Gili Trawangan

Perjalanan Wisata Menuju Gili Trawangan

Gili Trawangan sendiri adalah gili atau pulau kecil terbesar di antara gili-gili yang terletak di barat laut Pulau Lombok. Ketinggiannya cukup signifikan di atas permukaan air laut. Panjangnya kira-kira 3 km dan lebarnya kira-kira 2 km serta menampung populasi sebanyak 800 jiwa.

Fasilitas yang ada di Gili Trawangan juga adalah yang terlengkap sehingga paling difavoritkan oleh para wisatawan. Salah satunya adalah bar Irlandia yang ada di sini. Selain itu, bagian paling padat dari Gili Trawangan ada di sebelah timur dari pulau.

Keunggulan Gili Trawangan, Tempat Wisata Favorit di Lombok

Dibandingkan Gili Air serta Gili Meno, tempat wisata di Lombok ini memiliki nuansa pesta yang lebih kental dan menghibur. Kita bisa menemukan ragam pesta yang digelar nyaris sepanjang malam serta di lokasi yang beragam. Aktivitas lain yang cukup populer dilakukan oleh para wisatawan di Gili Trawangan ialah scuba diving, snorkelling, hingga selancar.

Keunggulan lain dari Gili Trawangan ialah tidak adanya kendaraan bermotor yang terlihat berseliweran, sehingga tempat ini masih sangat alami serta jauh dari polusi. Aturan lokal memang tidak membolehkan penggunaan kendaraan bermotor. Sebagai gantinya, sarana transportasi yang umum digunakan ialah cidomo, yaitu kendaraan sejenis kereta kuda.

Snorkeling di Gili Trawangan Lombok

Snorkeling di Gili Trawangan Lombok

Masih ada lagi keunggulan lain dari Gili Trawangan yang membuatnya begitu memikat hati wisawatan. Bagi para pemburu pemandangan indah saat matahari terbenam maupun matahari terbit, keduanya dapat kita saksikan di satu pantai yang sama di Gili ini.

Hal ini dapat terjadi karena pantainya menghadap timur sekaligus barat, serta memiliki jarak yang tak terlalu jauh. Baik sunrise maupun sunset bisa kita lihat di titik lokasi yang sama.

Atraksi tradisional turut jadi daya tarik yang cukup khas dari tempat wisata favorit di Lombok ini. Salah satunya adalah seni bela diri tradisional yang dikenal dengan nama presean. Biasanya, presean akan dipertontonkan sekitar pasar seni Gili.

Sisi historis dari Gili Trawangan Lombok juga turut menjadikannya menarik untuk dikunjungi. Menurut sejarah, Gili Trawangan dulunya dijadikan sebagai lokasi pembuangan narapidana. Penjara yang penuh membuat Raja yang berkuasa kala itu membuang hingga 350 orang pemberontak Suku Sasak ke pulau ini.

Baru pada akhir 1970an, Gili Trawangan dialihfungsikan sebagai tempat persinggahan bagi orang-orang Bugis yang berasal dari Sulawesi. Kemudian, orang-orang Bugis ini menetap secara turun temurun dan hidup berdampingan bersama warga asli Sasak serta Bali.

Pesona Wisata Gili Trawangan Lombok

Pesona Wisata Gili Trawangan Lombok

Kegiatan Menarik di Tempat Wisata Favorit di Lombok Gili Trawangan

Aneka aktivitas yang dapat kita lakukan di Gili Trawangan tak terbatas hanya pada menikmati sunset maupun sunrise, jalan-jalan serta berenang saja. Di sini juga terdapat tempat konservasi penyu di mana pengunjung dapat melihat sendiri penyu-penyu yang dirawat serta dibesarkan. Setelah tumbuh dengan baik, penyu-penyu akan dilepaskan untuk hidup bebas di laut.

Acara pelepasan penyu juga tak dilakukan secara sembarangan karena akan disertai upacara adat. Hal ini tentu menjadikan Gili Trawangan sebagai tempat wisata favorit di Lombok karena kita akan semakin teredukasi terkait penyelamatan penyu sekaligus menyaksikan upacara adat yang tak dilangsungkan tiap hari.

Selain menyaksikan perawatan dan pemeliharaan penyu, Gili Trawangan turut menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Tak heran jika banyak wisatawan yang melakukan diving serta snorkelling di sini. Di sekitar gili juga terdapat tempat penyewaan peralatan diving serta snorkelling yang bisa kita manfaatkan, sehingga kita tak perlu repot membawa sendiri.

Instruktur diving dan snorkelling yang ada juga telah berstandar internasional. Tak perlu ragu untuk mencebur ke dalam air dan menyaksikan keagungan ciptaan Tuhan di bawah permukaan air. Aneka kegiatan menarik inilah yang membuat wisatawan betah berada di Gili Trawangan dan tak sabar untuk kembali menikmati keindahannya di lain waktu.