Tempat Wisata Kuliner di Lombok yang Patut Dicoba

Kurang lengkap rasanya kalau berwisata tidak mencicipi makanan khasnya. Untuk Anda yang berkesempatan berlibur ke Lombok, gunakan kesempatan untuk menikmati kuliner khas Lombok yang menggugah selera. Ada beberapa tempat wisata kuliner di Lombok yang menyediakan makanan khas Lombok. Tempat tersebut patut untuk Anda datangi, apalagi kalau menyediakan menu seperti berikut ini.

5 Tempat Wisata Kuliner di Lombok dengan Sajian Menu Khas Lombok

1. Tempat makan dengan pelecing kangkung

Pelecing kangkung - Kuliner Lombok

Pelecing kangkung – Kuliner Lombok

Tempat yang perlu Anda cari saat lapar di Lombok adalah tempat makan yang menyediakan pelecing kangkung. Dibuat dari kangkung khas Lombok dengan sambal tomatnya yang pedas akan membuat Anda ketagihan. Tempat wisata kuliner di Lombok dengan menu pelecing kangkung perlu dicoba karena makanan ini merupakan salah satu kuliner khas dari Lombok. Selain sedap, makanan ini juga sehat karena menggunakan sayur dan sambal yang segar. Sambal yang dicampur dengan terasi Lombok akan semakin memanjakan lidah Anda, dan siap-siap kepedasan.

2. Restoran dengan menu ayam taliwang
Makanan khas Lombok yang sudah sangat terkenal adalah ayam taliwang. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan bumbu-bumbu khas masyarakat Lombok dan kemudian melumurinya ke ayam. Daging ayam dengan bumbu khas Lombok selanjutnya akan dibakar atau digoreng. Ayam bakar menjadi yang paling direkomendasikan karena cita rasa dan aromanya yang begitu sedap. Restoran-restoran yang menyediakan menu ayam taliwang patut untuk Anda kunjungi. Tempat wisata di Lombok tersebut biasanya akan menyajikan ayam taliwang dengan pelecing kangkung. Perpaduan menu daging dan sayur yang akan menggugah selera wisatawan. Saat lapar melanda, carilah tempat yang menyediakan menu ini dan pastinya lapar Anda akan segera terobati.

3. Warung makan dengan sate rembiga
Lombok mempunyai makanan khas yang sering disebut dengan sate rembiga. Sate khas Lombok ini bahkan tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi sampai ke turis asing. Warung makan yang membuat sate rembiga dalam menu makannya patut untuk didatangi. Tempat wisata kuliner di Lombok yang menyediakan sate rembiga ini akan membuat Anda ketagihan. Daging sapi asli NTB yang dibuat sate dengan rasa manis nan lezat ini memang sering dicari wisatawan. Sapi asal Nusa Tenggara Barat memang dikenal mempunyai daging dengan cita rasa yang khas. Maka dari itu rugi kalau tidak mencicipi sate rembiga saat berada di Lombok.

4. Rumah makan dengan menu nasi puyung
Nasi puyung atau nasi balap puyung merupakan salah satu makanan yang bisa ditemukan di daerah Lombok. Makanan ini juga menjadi makanan khas Lombok yang banyak diburu wisatawan selama berada di Lombok. Untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Lombok, tidak ada salahnya untuk mampir ke rumah makan yang menyediakan nasi balap puyung ini. Siap-siap mencicipi cita rasa dari nasi puyung yang lezat. Nasi balap puyung sendiri disajikan dengan nasi putih ditambah suwiran daging ayam, kacang kedelai, udang kering, abon, belut goreng, dan tak lupa cabe. Anda bisa menemukan makanan ini di daerah Lombok Tengah. Di daerah tersebut banyak yang menjual nasi balap puyung, seperti di Lingkung Daye, Jonggat.

5. Tempat makanan dengan menu bebalung
Dari namanya, mungkin Anda sudah bisa menebak seperti apa rupa makanan ini. Bebalung sering disebut juga dengan sop tulang. Bukan hanya tulang saja, dalam bebalung disajikan dengan daging dari tulang iga sapi atau kerbau. Racikan bumbu khas Lombok semakin membuat makanan ini lebih sedap. Terlebih lagi saat sedang hujan, semangkuk bebalung dapat menghangatkan tubuh. Biasanya tempat makan yang menyajikan bebalung ada di daerah pusat pemerintahan. Jadi untuk Anda yang ingin mencari tempat kuliner dengan menu bebalung mungkin harus pergi ke pusat kota. Tidak seperti olahan daging lain, bebalung khas Lombok dibuat dengan sedikit asam dan sedikit garam. Untuk sambalnya dibuat dari cabe khas Lombok yang pedas dengan ditambah bawang merah, bawang putih, dan lengkuas.

Demikian 5 tempat wisata kuliner di Lombok dengan sajian menunya yang khas Lombok. Anda bisa mencicipi cita rasanya yang beda dan menggoda selama berlibur di Lombok.