Ingin Mengenal Kekayaan Budaya Lombok di Tempat wisata Lombok Barat

Sedang mencari destinasi wisata untuk berlibur? Tidak perlu bingung, di dalam negeri ada banyak sekali pilihan objek wisata di berbagai pulau, salah satunya di pulau Lombok. Ada beberapa tempat wisata Lombok Barat yang bisa Anda kunjungi untuk liburan bersama dengan kerabat ataupun keluarga. Di wilayah bagian pulau Lombok ini terdapat situs-situs peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Berwisata ke situs sejarah selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran juga dapat menambah wawasan Anda mengenai kekayaan budaya Indonesia.

2 Tempat wisata Lombok Barat Peninggalan Sejarah yang Paling Populer

Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menemukan tempat-tempat bagus dan kaya akan wawasan sejarah di daerah Lombok Barat, diantaranya Taman Narmada dan Pura Lingsar. Kedua tempat ini menyimpan cerita tersendiri mengenai latar belakang sejarahnya masing-masing. Meskipun merupakan tempat yang sudah dibangun sejak puluhan tahun lalu, kedua lokasi ini masih dilestarikan dan dibuka untuk umum sebagai tujuan wisata menarik. Berikut ini ulasan dari masing-masing objek wisata tersebut :

  • Taman Narmada
tempat wisata Lombok barat

Taman Narmada Lombok

Taman ini berada di lokasi kurang lebih 11 km arah timur dari Kota Mataram. Taman Narmada ini merupakan peninggalan sejarah kerajaan pada masa lampau yang namanya diambil dari nama sebuah sungai di India, yaitu sungai Narmanadi. Taman ini dahulu merupakan tempat untuk melaksanakan ritual pekelem atau ritual kurban yang seharusnya dilakukan di puncak Gunung Rinjani. Taman Narmada dibangun sebagai miniatur Gunung Rinjani untuk memudahkan para raja yang sudah berusia lanjut agar tetap dapat melaksanakan ritual ini.

Suasana di tempat wisata Lombok Barat yang satu ini memang sangat asri karena berisi banyak pepohonan yang hijau serta adanya beberapa kolam air yang jernih. Ada 3 kolam di area Taman Narmada yang seluruh airnya berasal dari mata air Gunung Rinjani. Kolam-kolam ini dibuat sebagai perumpamaan dari Danau Segara Anak yang ada di kawasan Gunung Rinjani.

Taman Narmada dibuat bertingkat-tingkat dengan bentuk menyerupai gunung. Di bagian paling atas terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa yang masih digunakan untuk upacara tahunan Pujawali. Dari lokasi paling atas taman ini Anda akan dapat melihat pemandangan keseluruhan taman yang sangat cantik dan menenangkan. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai sembari menghirup udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau asri.

  • Pura Lingsar
Pura Lingsar Lombok

Pura Lingsar Lombok

Pura Lingsar merupakan tempat peribadatan yang unik karena merupakan tempat ibadah bagi umat dari 2 agama yang berbeda, yaitu umat Hindu dan Islam Watu Telu. Meskipun menganut keyakinan yang berbeda, umat dari kedua agama ini menggunakan Pura Lingsar sebagai tempat peribadatan dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian antara umat beragama. Lokasi Pura Lingsar banyak dikunjungi wisatawan selain karena kawasannya yang memiliki pemandangan alam yang indah, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah dan juga melihat damainya kerukunan umat beragama yang ada di sana.

Kawasan tempat wisata Lombok Barat ini tergolong cukup luas yaitu seluas 26 hektar dan terbagi menjadi 2, di bagian utara terdapat pura Hindu Gaduh sedangkan di bagian selatan terdapat Pura Watu Telu. Apabila Anda berkunjung ke area pura ini Anda wajib mengenakan atribut khusus guna menghormati kesakralan tempat ibadah berupa selendang berwarna kuning. Setelah memasuki kawasan pura, Anda akan menemukan adanya kolam bernama Telaga Ageng. Telaga Ageng mempunyai 9 buah pancuran yang mengarah ke bagian dalam kolam. Para pengunjung kerap kali melemparkan uang koin ke dalam kolam ini karena adanya kepercayaan mengenai kelancaran rezeki bagi siapapun yang melakukannya.

Berkunjung ke tempat wisata Lombok Barat yang satu ini memang sangat seru, selain bisa menikmati lingkungan sekitar yang asri, Anda juga bisa mempelajari sejarah mengenai agama Hindu dan Islam di Pulau Lombok. Pada saat-saat tertentu juga Anda bisa menyaksikan ritual peribadatan yang masih rutin dilaksanakan di daerah ini. Selama menikmati liburan di Pura Lingsar jangan lupa untuk selalu menjaga sikap karena lokasi ini masih digunakan sebagai lokasi peribadahan yang sakral.

Nah, semakin tertarik bukan untuk mengunjungi Lombok Barat? Jangan lupa sisihkan waktu sejenak untuk mengunjungi 2 tempat wisata Lombok Barat tadi agar Anda bisa mendapat wawasan dan pengetahuan baru tentang sejarah, budaya dan agama di Lombok.