Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang Bisa Anda Kunjungi

Liburan ke Lombok memang hal yang paling diinginkan banyak orang. Apalagi, bagi Anda yang 5 hari dalam seminggunya digunakan untuk bekerja. Sedihnya, jika Anda tak memiliki banyak waktu untuk liburan ke Lombok. Eits, jangan sedih dulu. Terdapat banyak tempat wisata Lombok dekat bandara yang wajib dikunjungi dan tak perlu memakan waktu berhari-hari. Bahkan, dapat ditempuh dalam waktu sehari.

Sejak tahun 2011, pemerintah Lombok memindahkan Bandara Internasional Lombok ke daerah Pujut, Lombok tengah, dari yang sebelumnya berlokasi di Kota Mataram, Lombok Barat. Lokasi keduanya memang cukup berjauhan. Namun, meski berada di tengah kota, masih banyak tempat wisata Lombok dekat bandara yang wajib dikunjungi dan tak kalah menarik dari destinasi wisata di Lombok utara.

Bahkan, lokasi wisata ini bisa menjadi pilihan Anda yang ingin berwisata ke Lombok, tetapi hanya memiliki waktu liburan terbatas, satu hari misalnya. Tempat wisata Lombok dekat bandara yang wajib dikunjungi cukup beragam. Anda bisa memilih akan wisata budaya atau melihat indahnya panorama pantai yang tak jauh dari lokasi bandara.

2 Desa Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang Wajib Dikunjungi

  1. Desa Sukarara
Wisata Desa Sukarara Lombok

Wisata Desa Sukarara Lombok

Sesampainya di Bandara Internasional Lombok, Anda bisa langsung meluncur ke Desa Sukarara yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit dari bandara. Di Desa ini Anda akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah tradisional, yang mana di setiap depan rumahnya terdapat perempuan-perempuan yang tengah menenun.

Konon, kain Desa Sukarara Lombok dijamin kekuatannya. Hal ini karena kain tenun Desa Sukarara tidak dibuat menggunakan mesin, melainkan dibuat oleh tangan para perempuan-perempuan desa setempat. Kain tenun Desa Sukarara, bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

  1. Desa Sade
Wisata Lombok - Bapak Mohammad Surya

Desa sade

Desa Sade juga terletak tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Desa ini sebetulnya merupakan dusun aynag terletak di Dsa Rembitan, Kecamatan pujut, Lombok Tengah. Namun, Dusun Sade lebih terkenal dengan sebutan Desa Sade di kalangan para turis.

Ada banyak keunikan dari tradisi di tempat ini, mulai dari bangunan hingga adatnya. Desa seluas 5,5 hektar ini memiliki rumah tradisional sejumlah 150 yang dihuni oleh kurnag lebih 700 KK Suku Sasak asli. Setiap rumah hingga bangunan fasilitas umum di desa ini, seperti masjid, lumbung pagi, tempat pertemuan, memiliki ciri arsitektur yang begitu khas. Dinding bangunannya terbuat dari anyaman bambu dan tiangnya terbuat dari kayu. Atapnya terbuat dari alang-alang kering, sementara lantainya terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan sekam pagi.

Perawatan alas rumah cukup unik. Setiap seminggu sekali atau waktu-waktu tertentu, seperti sebelum upacara adat dimulai, lantai rumah dibersihkan dengan menggosokkan kotoran kerbau yang dicampur dengan sedikit air. Setelah kering, lntai akan disapu dan digosok kembali dengan batu.

Sama seperti Desa Sukarara, di Desa ini Anda juga bisa membeli kain tenun buatan perempuan-perempuan Desa Sade dengan harga yang cukup variatif.

2 Pantai Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang Eksotis

  1. Pantai Kuta Lombok
wisata lombok murah

Pantai kuta Lombok

Dari bandara, pantai ini dapat dilalui oleh jalan yang searah dengan Desa Sade. Selain menikmati panorama yang luar biasa dan begitu menenangkan, Anda bisa melakukan banyak aktivitas di pantai ini. Ombak dan anginnya yang cenderung tenang, membuat Anda bisa melakukan olahraga air, seperti berselancar hingga snorkeling. Pesona alam bawah laut Pantai Kuta begitu memukau tak kalah dengan panorama pantainya yang menenangkan pikiran. Anda yang datang ke tempat ini dijamin akan melepaskan semua beban dan pkiran.

  1. Pantai Tanjung Aan
Tanjung Aan Lombok

Tanjung Aan Lombok

Pantai ini memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan. Dari jauh, Pantai Tanjung Aan tampang seperti kolam renang pribadi, karena pantai ini dikelilingi dengan pebukitan yang tidak terlalu tinggi. Apalagi, tempat ini masih tergolong sepi, belum ramai pengunjung. Bahkan lebih banyak turis mancanegara yang berkunjung dibandingkan dengan turis-turis lokal.

Meski tergolong sepi, Anda yang berkunjung ke Tanjung Aan tidak perlu takut kelaparan atau kehausan, sebab ditempat ini sudah berdiri sejumlah tempat-tempat makan yang menyajikan berbagai macam menu.

Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa membeli cinderamata berupa kain tenun khas Lombok yang dijajakan oleh para pedagang.