Tempat Wisata Lombok Tengah yang Indah

Kabupaten Lombok Tengah yang beribukota di Praya ini memang mempunyai tempat wisata yang super cantik. Tempat wisata Lombok Tengah memang merupakan wisata yang terkenal di Lombok. Apalagi pantai di di kabupaten ini sangat keren dibandingkan dengan pantai di kabupaten lain. Apa saja tempat wisata yang ada di Kabupaten Lombok Tengah?

Tempat Wisata Lombok Tengah yang Menawan

  1. Pantai Kuta Lombok
tempat wisata lombok tengah

Pantai Kuta Lombok

Jika di Bali Pantai Kuta adalah tempat bagi para wisatawan untuk berjemur, maka Pantai Kuta Lombok lebih cocok untuk mereka yang ingin refreshing dengan pemandangan khas pantai yang super cantik. Di Lombok juga punya Pantai Kutanya tersendiri. Bedanya Pantai Kuta Lombok ini lebih bagus dibandingkan yang ada di Bali.

Pantai Kuta yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah ini berada kira-kira 1,5 hingga 2 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram. Memang Pantai Kuta Lombok tidak seluas Pantai Kuta yang ada di Bali. Namun pantai ini jauh lebih bersih dan jauh lebih nyaman. Pantainya yang berpasir putih dan airnya yang biru kehijauan tentu saja akan membuat Anda terpukau dengan pesonanya.

Bagi warga Lombok Tengah, mereka menyebut Pantai Kuta Lombok degan nama Pantai Seneg. Dalam beberapa tahun terakhir ini semakin banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata Lombok Tengah yang satu ini. Wistawan baik dari negeri kita sendiri maupun dari luar negeri terus meningkat sepanjang tahun. Memang pantai ini adalah salah satu pantai terbaik di Lombok.

Pantai Kuta Lombok merupakan pantai yang berada di daerah selatan. Karena itulah mengapa ombak di Pantai Kuta Lombok ini cukup besar dan cocok untuk kegiatan berselancar. Selain itu, pemandangan bawah lautnya juga patut diacungi jempol. Anda harus mencoba untuk berselancar, snorkeling, ataupun diving. Dijamin tidak akan menyesal.

  1. Pantai Tanjung Aan
Wisata Bapak Fajar di Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok

Tak jauh dari Pantai Kuta Lombok, ada pula tempat wisata Lombok Tengah satu lagi yang sama cantiknya dengan Pantai Kuta Lombok. Pantai ini bernama Pantai Tanjung Aan. Pantai ini sangat unik! Mengapa? Karena terdapat dua jenis pasir yang berbeda dalam satu pantai. Ada sisi pantai yang mempunyai pasir halus putih dan ada juga yang pasirnya seperti merica.

Pasir yang seperti merica ini butirannya kasar dan besar. persis seperti merica. Karena itulah warga Lombok Tengah tak jarang menyebut Pantai Tanjung Aan sebagai Pantai Merica. Pantai ini juga merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Lombok. Saking panjangnya, warga Lombok Tengah pun membagi Pantai Tanjung Aan menjadi tiga bagian. Apa saja?

Bagian pertama yaitu bernama pantai Cemara, bagian kedua bernama Pantai Batu Kotak, dan bagian terakhir adalah Pantai Orong Panda. Banyak sekali pengunjung Pantai Tanjung Aan yang datang untuk berjemur, berenang, snorkeling, dan diving di sini. Anda harus cek keindahan kehidupan bawah lautnya yang tak kalah cantik dari Pantai Kuta Lombok. Pantai Tanjung Aan terletak di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

  1. Desa Sukarara
Desa Sukarara

Desa Sukarara

Saat sedang berada di Lombok Tengah, jangan saja menilik wisata baharinya saja. Anda harus mencoba datang ke tempat wisata Lombok Tengah yang satu ini. Di sinilah Anda bisa belanja menenun kain songket khas Lombok yaitu hanya di Desa Sukarara. Desa ini merupakan desa yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun kain tradisional songket khas Lombok.

Dari Kota Mataram, Anda akan berkelana sekitar 25 km untuk menuju ke Desa Sukarara. Desa ini memang desa yang terkenal sehingga akses ke tempat ini sangat mudah. Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Yang unik dari Desa Sukarara adalah bahwa penenun kain songketnya sebagian besar adalah wanita karena memang sudah tradisi.

Keahlian menenun merupakan warisan dari nenek moyang mereka. Bahkan gadis dari desa Sukarara diizinkan menikah jika sudah bisa menenun. Di sinilah Anda bisa belajar menenun kain songket langsung dari warga Desa Sukarara. Selain itu, Anda juga bisa belanja kain songket. Namun siapkan uang cash karena di sini tidak ada ATM.

Demikian 3 tempat wisata Lombok Tengah yang menarik. Selamat liburan.