Tempat Wisata Lombok Utara Gili Meno dan Gili Air

Ada apa di Lombok Utara? Lombok Utara justru merupakan surganya tempat wisata. Salah satu tempat wisata Lombok Utara yang sangat terkenal, bahkan merepresentasikan Pulau Lombok adalah Gili Trawangan? Siapa yang tidak tahu pulau kecil cantik ini? Namun lupakan Gili Trawangan, kali ini marilah kita berwisata ke Gili Meno dan Gili Air.

Tempat Wisata Lombok Utara: Gili Meno dan Gili Air

Perlu diketahui bahwa gili merupakan Bahasa Lombok yang berarti pulau kecil. Jadi, Gili Meno dan Gili Air adalah pulau-pulau kecil. Kedua gili ini terletak tak jauh dari Gili Trawangan. Meskipun lebih kecil dari Gili Trawangan, namun kedua tempat wisata Lombok Utara ini menyimpan keindahan dan kesenangan yang lebih seru bagi para pengunjungnya.

Gili Meno dan Gili Air merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang menginginkan tempat wisata yang lebih sunyi namun menawarkan pesona alam yang cantik pula. Sama seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air juga sama-sama menawarkan keindahan laut yang sangat cantik dan keadaan yang lebih tenang. Tentu ini merupakan tempat wisata yang pantas ditengok.

  • Gili Meno
tempat wisata Lombok utara

Gili Meno Lombok

Mari kita bahas Gili Meno terlebih dahulu. Di antara ketiga gili yang terkenal di Lombok Utara ini, Gili Meno adalah gili yang paling kecil dan terletak di sebelah barat laut Pulau Lombok. Gili Meno terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air. Gili Meno mempinyai 400 penduduk. Di sini, fasilitasnya masih sangat minim. Bahkan listrik pun terbatas di sini.

Selain listriknya yang terbatas, di tempat wisata Lombok Tengah yang satu ini juga tidak ada kendaraan bermotor. Hanya sebagian penginapan saja yang menyediakan fasilitas motor dan juga listrik 24 jam. Warga pun menggunakan oborm lilin, dan kayu bakar untuk penerangan dan memasak. Bahkan untuk air tawar saja, warga Gili Meno masih menyetok dari Pulau Lombok.

Namun kekurangan inilah yang justru membuat wisatawan jatuh cinta dengan Gili Meno. Kesederhanaan dan keterbatasan yang akan dialami wisatawan ini menjadi daya tarik tersendiri. Tentu saja Gili Meno adalah tempat yang nyaman untuk mereka yang ingin detox gadget ataupun terhindar dari kebisingan. Suasana sunyi dan nyaman inilah yang mereka cari-cari.

Berkunjung ke Gili Meno seperti sedang berada di pulau pribadi. Suasana di tepi pantainya sangat syahdu dan tentu saja sangat nyaman bagi Anda yang ingin bersantai menikmati pemandangan alam. Sejauh mata memandang hanya ada pasir putih, laut yang berwarna biru kehijauan, dan langit yang cerah. Tentu saja ini yang dicari-cari oleh orang kota.

Gili Meno pun juga cocok untuk mereka yang ingin berbulan madu karena suasana romantis akan sangat terasa. Terutama di malam hari saat langit cerah dan terlihat banyak bintang. Wisatawan yang berkunjung ke Gili Meno juga tidak hanya menghabiskan waktu hanya dengan berleha-leha di pinggir pantai saja. Namun ada aktivitas menarik lainnya yang patut dicoba.

Karena Gili Meno adalah gili kecil, maka Anda bisa mengeksplor pulau ini hanya dalam waktu kurang dari dua jam dengan berjalan kaki. Anda bisa menyewa sepeda atau delman untuk berkeliling pulau. Saat berkeliling pasti Anda akan melewati danau air asin yang ada di bagian barat pulau. Di sini ada juga penangkaran penyu dan taman burung yang menarik.

  • Gili Air
Snorkeling menyenangkan di Gili AIr Lombok

Gili Air Lombok

Tempat wisata Lombok Utara selanjutnya adalah Gili Air. Pulau ini lebih besar dari Gili Meno namun lebih kecil dari Gili Trawangan. Pulau ini tidak begitu sepi dan tidak begitu ramai juga. Namun penduduk di Gili Air justru lebih banyak daripada di Gili Trawangan dan Gili Meno. Lalu bagaimana dengan alam di Gili Air?

Pemandangan alam di Gili Air sama saja dengan di Gili Meno. Pantai pasir putih dam air laur biru kehijauan masih terus menemani Anda sepanjang berkeliling di Gili Air, hanya saja tempat ini lebih ramai. Aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Air pun juga sama saja dengan di Gili Meno dan Gili Trawangan. Bahkan keindahan alam bawah laut di tempat wisata Lombok Utara yang satu ini pun juga sama cantiknya.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Lombok Utara yang menyimpan keindahan alam yang cantik dan masih asri. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda.