Ragam Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lombok telah lama menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik tak hanya bagi wisatawan lokal namun juga mancanegara. Salah satu alasannya tentu adalah karena keindahan alam yang luar biasa. Di samping itu, adat budaya setempat juga terbilang unik serta berbeda dari daerah lain yang ada di Indonesia. Ada beberapa tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi karena keunikan dan daya tarik tersendiri serta takkan dapat ditemukan di wilayah lain. Mulai dari gili sampai dengan desa adat, rasanya tak lengkap mengunjungi Pulau Lombok tanpa menyambangi objek-objek berikut ini.

Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi Yaitu Gili Trawangan

tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi

gili trawangan

Jika menyebut satu saja tempat wisata di Lombok yang harus dikunjungi, maka Gili Trawangan adalah jawabannya. Gili Trawangan seolah telah jadi ikon wisata Lombok dan incaran utama wisatawan yang melancong kemari. Gili sendiri adalah sebutan untuk gugusan pulau kecil. Lokasi tepatnya ada di sebelah barat dari Lombok. Gili Trawangan ialah gili terbesar jika dibandingkan dengan gili-gili yang lain. Walaupun dikatakan terbesar, namun ukuran panjangnya hanya 3 km dan lebar 2 km. Total ada 800 jiwa yang menghuni gili ini. Sebagai gili terbesar, fasilitas yang disediakan juga adalah yang paling lengkap sehingga banyak wisatawan yang betah berlibur di sini.

Sebut saja mulai dari resort, restoran hingga aneka hiburan malam lengkap tersedia di Gili Trawangan. Ragam aktivitas yang bisa dijalankan di sini pun beragam. Tak sekedar berenang dan jalan-jalan di tepi pantai, namun juga melihat konservasi penyu sampai dengan snorkelling, selancar dan menonton film di pinggir pantai pada malam hari. Tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi ini terutama telah populer di kalangan wisatawan mancanegara. Kita bisa dengan mudah bertemu dengan mereka saat berkunjung kemari. Gili Trawangan juga diklaim sebagai pulau terkecil di dunia yang menyediakan bar Irlandia. Ini juga salah satu alasan turis mancanegara menyukai kunjungannya ke Gili Trawangan.

Bagi kita yang menyukai suasana pedesaan yang minim akan polusi udara, tak perlu khawatir karena Gili Trawangan menyediakannya. Bagaimana tidak, aturan lokal di Gili Trawangan melarang penggunaan aneka jenis kendaraan bermotor di lingkungan sekitar gili. Untuk moda transportasi yang umum digunakan di sini adalah sepeda serta cidomo, yaitu sejenis kereta kuda. Kita akan mendapatkan udara pedesaan yang sejuk dan bersih serta bebas dari polusi udara. Selain itu, sudah tentu pemandangannya sangat indah. Mulai dari pantai di mana kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset di tempat yang sama hingga adat dan budaya masyarakat Suku Sasak yang masih terjaga di sini.

Desa Sade Merupakan Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok

Tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi berikutnya adalah desa adat. Ada beberapa desa adat yang dapat menjadi tujuan liburan di Lombok. Namun salah satunya yang paling populer ialah Desa Sade. Di sini, kita akan disuguhkan pemandangan dari keseharian masyarakat Suku Sasak sebagai pribumi asli Lombok. Adat istiadat Suku Sasak masih sangat tercermin dari bangunan rumah, pakaian adat hingga bahasa yang digunakan. Uniknya lagi, rumah-rumah penduduk Desa Sade masih menggunakan material alam seperti ijuk, anyaman bambu serta beralaskan tanah. Selain itu, masyarakat Sade juga mempertahankan kebiasaan unik dengan menggunakan kotoran kerbau guna mengepel lantai rumahnya.

Keunikan Desa Sade yang seakan tak tersentuh modernisasi serta globalisasi walau lokasinya ada di pinggir jalan raya inilah yang menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan yang mampir kemari guna melihat sendiri seperti apa gaya hidup dari Suku Sasak di Lombok. Budaya Suku Sasak yang terjaga dengan baik di Desa Sade tak luput dari aturan lokal di mana warganya harus menikah dengan sesama penghuni desa. Ini membuat keturunan mereka akan menetap terus di Sade dan terus melestarikan budaya nenek moyangnya. Itulah aneka tempat wisata di Lombok yang terbilang wajib untuk dikunjungi karena keunikannya yang takkan kita temui di daerah lain. Berwisata ke tempat-tempat tersebut tentu akan memberi pengalaman tersendiri bagi kita.

demikian informasi tentang tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara. Jadi tunggu apalagi? yuk kunjungi wisata lombok yang sangat menarik mata para wisatawan.