Tips Merencanakan Agenda Liburan Murah Ke Lombok

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan destinasi berlibur yang tepat bagi Anda pecinta wisata pantai. Dalam beberapa tahun terakhir, pulau ini begitu menyita perhatian wisatawan baik lokal atau juga dari mancanegara akan keindahan pantainya. Sering disebut pesaing Pulau Bali, Pulau Lombok sebenarnya memiliki keindahan yang berbeda dan khas. Anda yang berencana liburan murah ke Lombok bersama keluarga, jangan lupa menentukan agenda liburan dengan memasukan objek wisata indah sekaligus aman bagi anak-anak.

Mengunjungi Desa-Desa Populer Pada Agenda Perjalanan Liburan Murah ke Lombok

Bukan sekadar menghadirkan keindahan alam yang masih tergolong terjaga dan bersih, ada beberapa nama desa di Pulau Lombok yang populer di mata wisatawan. Desa-desa tersebut juga dirasa wajib dimasukkan dalam agenda berlibur di Lombok bersama keluarga. Selain mengasyikan dan memberi suasana berbeda, anak-anak pun dapat sambil belajar dan memperluas pengetahuan serta wawasan.

  • Desa Sade
liburan murah ke lombok

Wisata Desa Sade Lombok

Desa pertama ialah Desa Sade. Desa ini terletak di bagian Tengah dari Pulau Lombok. Alasan mengapa desa ini begitu populer adalah karena kehidupan warganya yang masih tradisional dan melestarikan budaya, juga adat. Sebagian besar rumah-rumah warganya masih terbuat dari kayu dan bambu, atapnya berbahan rumbia, dan lantainya masih berupa tanah liat yang dicampur dengan sekam padi. Desa Sade merupakan desa tempat tinggal warga Suku Sasak, suku asli Pulau Lombok.

Anda dapat berinteraksi dengan warga sekitar, menyaksikan kehidupan pedesaan yang masih terus mempertahankan budaya asli. Anda juga dapat berbelanja kain tenun yang dijual oleh para warga dan kerajinan tangan lainnya. Sebagian warga, khususnya para wanita di desa ini memang menjadi penenun. Anda bahkan dapat melihat langsung pembuatan kain tenun yang dibuat dengan alat tradisional dan tangan.

  • Desa Sukarara
Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara Lombok

Selanjutnya, ada Desa Sukarara. Desa ini juga terletak di Lombok Tengah. Berbeda dengan Desa Sade, Desa Sukarara sebagian rumah warganya sudah terbuat dari batu bata. Meski begitu, kehidupan warga tidak begitu jauh dengan kehidupan di Desa Sade. Desa Sukarara juga menjadi pusat kerajinan kain tenun yang mana dibuat dengan cara tradisional. Anda dapat melengkapi koleksi kain tenun miliki Anda dengan mengunjungi Desa Sukarara.

  • Desa Banyumulek
Wisata Desa Banyumulek Lombok

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Ingin berbelanja gerabah atau keramik khas Lombok? Anda dapat juga mengunjungi Desa Banyumulek. Desa ini terletak di Barat, Pulau Lombok. Desa Banyumulek terkenal dengan kerajinan gerabah atau keramik. Beragam bentuk dan model tembikar unik dapat Anda temukan. Anda dapat melihat sebuah gapura besar berwarna hijau dengan keterangan tulisan ‘Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek’. Desa ini tidak kalah populer di mata wisatawan dunia.

Liburan Murah ke Lombok Dengan Bermain di Pantai

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Rasanya kurang bila berlibur ke Lombok tanpa bermain air di pantai populernya. Anda dapat memasukan agenda berlibur ke pantai-pantai populer yang ada di Lombok seperti Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Lombok. Apa perbedaan kedua pantai tersebut? Selain dari segi letak, kedua pantai tersebut masing-masing memiliki ciri khas.

Pantai Tanjung Aan terkenal akan bentuk pasir pantainya yang seperti butiran merica. Ombak lautnya pun cukup kencang, khususnya ketika hari mulai gelap. Pantai Tanjung Aan Lombok cocok sekali sebagai objek untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Atau pun sekadar merasakan panorama dan semilir angin Pulau Lombok.

Sementara Pantai Kuta Lombok yang menjadi objek paling banyak dituju merupakan pantai berpasir putih yang dilengkapi beragam aktivitas. Air laut dan pasirnya cukup bersih. Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh warga sekitar ke pada wisatawan agar dapat menikmati bermain di pantai lebih nyaman seperti penyewaan tenda, restaurant, penyewaan alat snorkeling, dan lain-lain.

Kalau Anda memiliki banyak waktu untuk menikmati liburan di Pulau Lombok, Anda juga dapat mampir ke Pantai Pink Lombok atau Pink Beach. Pantai ini juga populer meski akses dan lokasinya lumayan jauh dari pusta kota. Warna pasir pantai pinknya yang menjadi alasan kuat mengapa banyak wisatawan datang. Unik dan tidak mudah ditemukan di tempat lain.

Itu dia ulasan singkat seputar liburan murah ke Lombok yang dapat dijadikan referensi. Selamat merencanakan liburan Anda