Wisata Air Terjun di Lombok yang Wajib Diketahui

Pulau Lombok merupakan pulau yang sudah sangat populer di Indonesia. Banyaknya pesona alam yang ditawarkan di Pulau Lombok ini membuat kita semakin bingung ingin mengunjunginya. Tidak hanya pantainya saja yang menawan, namun wisata air terjun di Lombok juga tidak kalah mempesonanya.

Tidak hanya dengan wisata pantainya saja yang memiliki keindahan yang menawan, wisata air terjun di Lombok juga ternyata tidak kalah pemandangannya dengan wisata lainnya. Suasana hijaunya pepohonan dengan dipadukan dengan kesegaran air terjun yang menakjubkan akan membuat para wisatawan menjadi kagum dengan pesona alam di wisata air terjun ini. Ada beberapa air terjun di Pulau Lombok yang memang sudah terkenal dengan pesona alamnya yang masih sangat asri dan sejuk. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Kedua air terjun ini memiliki ciri khasnya dan keunikannya masing-masing.

Bagi Anda yang belum biasa mengunjungi objek wisata air terjun ini memang akan merasa sedikit berat, karena untuk melihat keindahan air terjun Anda harus melewati dan menempuh perjalanan yang cukup ekstrim. Melewati hutan-hutan dan jalan yang terkadang licin harus Anda lalui dengan hati-hati. Tetapi tidak akan menyesal mencobanya, karena perjalanan yang melelahkan akan hilang sekejap ketika Anda sudah melihat keindahan Air Terjunnya nanti. Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep merupakan wisata air terjun yang sudah populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Anda akan melihat air terjun yang sedang mengalir di tebing yang tinggi dan bertingkat, ditambah suasana sejuk dan pemandangannya yang mempesona akan menenangkan hati para wisatawan. Berikut ini ada beberapa hal dari kedua air terjun yang akan membuat Anda semakin penasaran mengunjunginya.

Air Terjun Sendang Gile Wisata Air Terjun di Lombok

Wisata air terjun di Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile adalah salah satu air terjun yang sudah populer di Lombok. Air terjun ini letaknya berada di bagian utara dari Gunung Rinjani yang terkenal. Arah air terjun ini memang mengarah pada jalur untuk pendakian dari kaki Gunung. Air terjun ini terletak di desa Senaru yang juga jaraknya berdekatan dengan air terjun Tiu Kelep. Untuk Anda yang berlokasi dari kota mataram, perjalanan ke air terjun ini memang masih cukup jauh yaitu sekitar 2 jam atau bahkan lebih. Jadi, sebisa mungkin untuk membawa kendaraan pribadi jika akan pergi ke wisata air terjun di Lombok yang menawan ini.

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Sendang Gile ini, Anda hanya perlu berjalan selama kurang lebih selama 15 menit saja dari pintu masuk wisata air terjun ini. Karena jaraknya yang tidak begitu jauh dengan pintu masuk, air terjun ini memang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari mana saja. Untuk Anda yang tidak terlalu senang dengan tantangan dan jalan yang ekstrim, air terjun Sendang Gile ini cocok sekali untuk Anda kunjungi. Air terjun Sendang Gile ini memiliki ketinggian sampai 30 meter dengan tebing yang bertingkat. Sesekali biasanya jika seusai musim hujan, Anda akan melihat lengkungan pelangi yang melingkar di air terjun ini. Anda pasti tidak akan bosan, karena di sepanjang perjalanan menuju salah satu wisata air terjun di Lombok ini akan melewati banyak pepohonan yang rimbun dengan bermacam-macam pepohonan atau tanaman tropis. Meskipun banyak pepohonan lebat di setiap perjalanan, Anda tidak perlu merasa takut, karena untuk menuju ke air terjun Sendang Gile arahnya sangat begitu jelas.

Air Terjun Tiu Kelep Wisata Air Terjun di Lombok

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Jika Anda sudah sampai di Air terjun Sendang Gile, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk melihat air terjun lainnya lagi yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Kedua air terjun ini memang saling berdekatan, air terjun Tiu Kelep memang terletak di atas dari Air Terjun Sendang Gile. Berbeda dengan air terjun Sendang Gile dengan akses jalan yang masih mudah dengan berupa adanya anak tangga, namun berbeda dengan air terjun Tiu Kelep yang juga merupakan wisata air terjun di Lombok ini memiliki akses jalan yang cukup menantang. Perjalanan ke air terjun Tiu Kelep juga cukup jauh yaitu sekitar kurang lebih 45 menit dari air terjun Sendang Gile. Akses jalan yang cukup ekstrim dengan anak tangga yang masih curam serta perlu usaha untuk menyebrangi sungai. Cocok sekali untuk Anda yang senang dengan tantangan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang wisata air terjun di Lombok yang juga sangat menakjubkan dan wajib untuk Anda ketahui. Ini bisa dijadikan sebagai daftar referensi tempat liburan Anda. Semoga bermanfaat.