Wisata di Lombok Barat yang Paling Terkenal

Wisata di Lombok Barat memang sangat terkenal. Banyak sekali tempat wisata menarik di Lombok yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Lombok memang terkenal akan pesona lautnya yang tiada tara. Apalagi bagian barat Pulau Lombok dikelilingi oleh perairan yang aduhay menggodanya. Mari kita simak apa saja tempat wisata yang terletak di Lombok Barat. Wisata di Lombok Barat memang menyimpan pesonanya tersendiri. Bahkan tempat ini pun juga dijadikan sebagai lokasi video musik ataupun film karena memang pesona tempat wisatanya yang sangat mempesona dan indah.

Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid karena banyaknya masjid yang ada di Pulau Lombok. Masyarakat Lombok memang mayoritasnya beragama Islam sehingga wajar saja jika banyak sekali masjid di sepanjang Pulau Lombok. Pulau ini dibagi menjadi empat kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Utara yang merupakan kabupaten paling baru, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Timur, yang akan kita bahas kali ini.

Wisata di Lombok Barat yang Terkenal

Sebelum kita mengetahui apa saja tempat wisata yang ada di Lombok Barat ini, sebaiknya kita mengenal Pulau Lombok lebih dekat terlebih dahulu. Karena tak kenal maka tak sayang. Di pulau inilah dimana kebudayaannya masih sangat kental dan terjaga dengan baik. Bahkan Suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok pun masih ada sampai sekarang.

Mayoritas warga Sasak tinggal di desa tertua di Lombok yang berada di Desa Sade. Sekarang Suku Sasak terdiri dari 9 kampung atau desa. Jumlah penduduk yang berada di Suku Sasak adalah 150 kepala keluarga beserta total 700 penduduk. Jika kita membahas tentang pernikahan adat Sasak, maka bisa diketahui bahwa pernikahan mereka lebih ekonomis.

Lalu bagaimana dengan wisata di Lombok Barat? Wisata di sini kebanyakan wisata pantai atau wisata agraris. Karena memang laut di Lombok sangat indah berwarna biru dan hijau. Belum lagi deretan pantai dengan pasir putihnya yang membuat wisata di sini semakin menarik. Kali ini marilah kita membahas wisata non-pantai yaitu Taman Narmada dan Pura Lingsar.

  1. Taman Narmada
wisata di lombok barat

Wisata Taman Narmada Lombok

Taman Narmada merupakan taman yang paling terkenal di Lombok. Taman ini mempunyai ciri khas yaitu kolam yang dimilikinya. Taman ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Arsitektur dan tata letak dari Taman Narmada ini sangat unik. Jika dilihat sekilas, tampak seperti arsitektur taman-taman yang ada di Pulau Bali. Namun tentu saja Taman Narmada mempunyai keunikan yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan dengan taman-taman yang ada di Pulau Bali. Taman Narmada merupakan taman asri yang dilengkapi dengan kolam yang indah. Air di kolam ini berasal dari mata air Gunung Rinjani. Konon katanya air ini bisa membuat seseorang menjadi lebih muda.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membasuhkan muka dengan air awet muda ini? Anda harus coba! Memang mitos yang satu ini sudah sangat terkenal di penjuru Kabupaten Lombok. Karena itulah air ini juga dipercaya oleh masyarakat sekitar dan juga wisatawan lainnya baik dari Indonesia ataupun luar negeri. Bagaimana sejarah Taman Narmada? Taman ini terbentuk karena perintah dari Raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Raja ini merupakan raja dari Kerajaan Karangasem yang ada di Bali. Itulah alasan mengapa arsitektur Taman Narmada terlihat seperti taman-taman yang ada di Bali. Memang tidak heran karena Pulau Bali dan Pulau Lombok berdekatan sehingga ada kesamaan.

  1. Pura Lingsar
Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata di Lombok Barat selanjutnya adalah Pura Lingsar. Pura ini digunakan sebagai tempat untuk beribadah bagi mereka yang beragama Hindu. Yang menarik adalah bahwa Pura Lingsar bukan hanya tempat ibadah untuk umat Hindu saja namun juga untuk umat Islam Wetu Telu. Tempat ini digunakan untuk merayakan hari besar maisng-masing agama ini. Pura Lingsar dibangun pada tahun 1714, namun pada tahun 1878 Pura Lingsar dibangun lagi untuk melambangkan keselarasan antara agama Hindu dan Islam Wetu Telu atau Muslim Sasak.

Demikian dua tempat wisata di Lombok Barat yang terkenal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang masih bingung ingin liburan kemana, ke Lombok aja!!