Wisata Taman Narmada Lombok Penuh Sejarah

Lombok memang selalu memancarkan keindahan melalui semua aspek yang dimilikinya. Yang paling terpancar indah dari keindahan Pulau Lombok adalah berkat objek wisata alamnya. Mungkin hingga saat ini yang paling melekat di hati banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok adalah objek wisata alamnya yang berupa pantai, gili, air terjun, dan gunung. Namun sebenarnya yang tersimpan di Lombok bukan hanya objek wisata alam tersebut karena masih banyak objek wisata yang dapat kita nikmati di Lombok. Salah satu objek wisata di Lombok yang dapat kita nikmati dengan nilai sejarah yang berkaitan erat dengan sejarah yang dimiliki Pulau Lombok adalah objek wisata alam yang berupa Taman Narmada.

Wisata Taman Narmada Lombok Penuh Sejarah

Wisata Taman Narmada Lombok

Wisata Taman Narmada Lombok

Wisata Taman Narmada Penuh Sejarah didirikan diatas desa yang kecil nan indah yang bernama Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Tengah. Disinilah berdiri sebuah taman yang bernama Taman Narmada. Konon menurut sejarah, Taman Narmada yang indah dan asri ini didirikan oleh seorang raja yang berkuasa di Lombok pada masanya yakni Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan raja dari Kerajaan Karangasem.

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang dibangun untuk kegiatan upacara pakelem. Apakah upacara pakelem itu?, upacara pakelem merupakan sebuah upacara yang dilakukan pada bulan purnama kelima atau lebih tepatnya upacara ini dilakukan pada masa tahun caka. Karena itu banyak orang yang menyebut upacara pakelem dengan sebutan upacara tahun caka, yang sebenarnya upacara pakelem dan upacara tahun caka ini sama saja hanya nama lainnya saja yang membedakannya. Bahkan hingga saat ini Taman Narmada masih juga digunakan untuk upacara – upacara pada waktu tertentu juga sangat ramai di padati oleh umat hindu yang sedang melakukan upacara persembahyangan di Taman Narmada, sehingga jangan heran ketika terkadang kita melihat upacara umat Hindu disini namun inilah yang menjadi ciri khas dari wisata Taman Narmada Lombok yang penuh dengan sejarah.

Keunikan Wisata Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada sendiri memiliki keunikan dari sisi desainnya. Taman Narmada yang didesain dengan look yang tentram dan asri ini memiliki sisi arsitektur yang hampir sama dengan taman – taman yang biasa kita temui di Karangasem Bali. Ya, mungkin hal ini dikarenakan Taman Narmada didirikan oleh seorang raja dari Kerajaan Karangasem sehingga sisi desainnya juga hampir serupa dengan desain – desain bangunan di Karangasem Bali. Jadi tentunya ketika kita berada di Taman Narmada akan mendapatkan kesan seperti berada di bangunan yang ada di Karangasem Bali. Sangat menarik bukan?

Taman Narmada di Lombok bukan hanya sebuah taman yang sedap dipandang mata, namun Taman Narmada juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat kita gunakan untuk bersenang – senang. Fasilitas ini meliputi fasilitas kolam dan taman. Taman di Taman Narmada dapat digunakan untuk duduk – duduk dan bersantai menikmati indahnya Taman Narmada. Selain itu, kolam yang ada di Taman Narmada ini juga sangat tenang dengan dikelilingi oleh bunga – bunga yang indah sehingga tampak begitu asri dan mendamaikan.

Selain dua fasilitas utama yang terdapat di Taman Narmada, Taman Narmada juga memiliki beberapa mata air yang sangat dingin dan segar. Menurut orang – orang yang bertempat tinggal di sekitar objek wisata Taman Narmada mengatakan bahwa mata air yang ada di Taman Narmada ini merupakan sebuah mata air yang berasal dari Gunung Rinjani. Konon air yang berasal dari Gunung Rinjani disebut – sebut memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan dari air yang berasal dari Gunung Rinjani ini adalah dapat membuat orang yang menikmati segarnya air ini akan menjadi awet muda. Karena hal inilah maka mata air ini dinamakan mata Air Awet Muda.

Demikian informasi yang kami uraikan tentang Wisata Taman Narmada Penuh Sejarah. Apakah anda berminat untuk menikmatinya?, jika anda berminat segeralah berkunjung ke Taman Narmada Lombok.