Wisata Tanjung Ringgit Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi

Apa yang menjadi preferensi Anda ketika menikmati liburan nanti? Mungkin banyak yang ingin menghabiskan waktu di pulau surgawi seperti Lombok. Apa alasannya? Salah satunya tidak lain adalah kehadiran banyak spot wisata untuk dinikmati seperti Tanjung Ringgit yang menjadi lokasi tepat untuk aktifitas fotografi, berpetualangan di alam, serta relaksasi. Lokasinya berada di Kecamatan Jerowaru dan masuk dalam wilayah Lombok Timur. Menurut orang lokal, tempat wisata ini cocok bagi turis yang mencari ketenangan dan melepas penat selama berlibur di Lombok.

Menuju ke Tanjung Ringgit Lombok

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Bagi Anda yang datang dari Kota Mataram, perjalanan akan memakan sedikit waktu karena memang jarak keduanya cukup jauh. Karena alasan tersebutlah, jumlah pengunjung cukup jarang sehingga menciptakan suasana sepi dan tenang bagi turis. Selain jaraknya yang cukup jauh dari ibukota Lombok, Anda takkan menemukan transportasi umum untuk kesana sehingga wajib untuk menyewa kendaraan atau datang dengan kendaraan pribadi. Alih-alih menjadi kelemahan, suasana sepi justru menjadi daya tarik khusus dan membuat pengunjung betah menghabiskan waktu santai baik di pagi, siang, maupun sore hari bersama keluarga.

Dalam perjalanan menuju ke Tanjung Ringgit, Anda akan menjumpai beragam landscape menakjubkan termasuk tebing karst dan bukit. Dengan kehadiran fitur alam tersebut, perjalanan menuju ke tempat destinasi ini takkan membosankan dan justru menjadi seru. Setelah sampai dilokasi, Anda bakal semakin takjub dengan pemandangan alam yang ditawarkan, terutama garis pantai dan laut di bawah tebing. Ombak terlihat ganas dari atas namun warna Tosca air laut membuatnya tampak menarik.

Menikmati Keindahan Alam di Tanjung Ringgit

Selain keindahan air laut, atraksi alam yang bisa Anda saksikan disini adalah terumbu karang! Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan tersebut menggunakan kamera ya! Berikutnya, Anda perlu menuju ke pantai dekat lokasi tempat Anda sekarang. Keindahan alam pantai yang masih perawan serta udara yang segar siap menyambut semua turis disini. Akan tetapi, butuh sedikit usaha untuk mencapai pantai karena belum ada fasilitas jalan yang disediakan oleh pemerintah setempat, melainkan sebuah jalan setapak sederhana dan cukup terjal.

Mengesampingkan resiko tersebut, Anda akan memperoleh hadiah setimpal yaitu pemandangan alam asri dengan sejuta pesonanya! Selain itu, banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di pantai termasuk snorkeling serta melihat ikan-ikan lucu maupun terumbu karang nan eksotis. Selain itu, seringkali beberapa nelayan terlihat di lokasi untuk menangkap ikan. Coba saja bercakap dengan mereka dan minta izin untuk naik ke perahu dan berpetualang di laut selama beberapa menit.

Berkeliling Tanjung Ringgit

Selain pantai, fitur lain yang bisa Anda temukan di bawah tebing adalah sebuah sumur alam dimana Anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati seteguk dua teguk air sumur tersebut. Namun beberapa orang memilih membawa bekal air minum sendiri karena tidak yakin dengan kemurnian air sumur disini. Bagaimana dengan Anda?

Setelah puas melepas dahaga, kini saatnya berkunjung ke bagian timur Tanjung Ringgit, dimana terdapat lokasi bersejarah bernama Gua Besar. Menurut informasi dari penduduk, gua tersebut masih berkaitan dengan masa penjajahan Jepang kala Perang Dunia II dulu. Selain memiliki nilai sejarah, Anda bisa menikmati kegiatan eksplorasi gua meskipun suasananya cukup menakutkan dan gelap. Jika tidak yakin, Anda boleh datang bersama seorang pemandu dan membawa perlengkapan pendukung seperti lampu senter. Semua kegiatan diatas adalah rekomendasi terbaik ketika berwisata ke Tanjung Ringgit. Namun sebenarnya aktifitas nomor wahid adalah menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) di pagi hari! Terlebih, udara masih terasa segar dan dapat menjernihkan pikiran Anda seketika. Untuk tips, jangan lupa bawa kamera dan ambilah beberapa foto pemandangan pada momen tersebut. Jika tidak sempat bolak-balik ke penginapan (yang berjarak cukup jauh), Anda bisa berkemah di dekat bangunan Mercusuar yang terletak di sebelah utara lokasi ini.

Nah, itu tadi informasi seputar wisata Tanjung Ringgit di Pulau Lombok. Pada dasarnya, lokasi ini cocok untuk melepas penat aktifitas sehari-hari sekaligus menikmati bermacam kegiatan wisata cukup menantang bagi siapapun itu. Bagaimana, siap kesana? Jangan lupa juga bagikan informasi ini kepada keluarga dan rekan Anda ya!