11 Daftar Objek Wisata di Lombok Yang Nggak Bakal Bisa Kamu Lupain

Wisata ke Tanjung Aan lombok

Kamu sedang rencanain liburan ke Lombok? 11 daftar objek wisata di Lombok ini, wajib banget masuk list destinasi yang akan kamu kunjungi.

Jika Kamu hendak merencanakan liburan, 11 daftar objek wisata di Lombok ini, wajib banget masuk wish list tempat wisata yang ingin Kamu kunjungi. Karena sudah menjadi rahasia umum berlibur di Lombok akan menimbulkan kenangan mendalam karena keindahan objek wisatanya.

Terutama untuk beberapa objek wisata yang akan dibahas di bawah ini, yang pastinya bakal manjain perjalanan wisata Kamu, dan menjadi pengalaman yang nggak bakal bisa kamu lupain. Berikut beberapa diantaranya:

Pantai Tanjung Aan

Tempat yang dipercaya sebagai, rumah dari Putri Mandalika (Sosok pada kisah kepercayaan setempat) ini terletak di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah. Pantai indah ini menjadi salah satu pantai yang dijaga kebersihan dan keasriannya.

Liburan seru di pantai tanjung aan lombok
Tanjung Aan, sumber IG: mandalika.co.id

Dengan pantai pasir sepanjang 2 kilometer, ditambah pemkamungan perbukitan hijau yang mengelilingi hamparan pantai tersebut. Jika Kamu berlibur ke Pantai ini, ada banyak spot yang bisa Kamu kunjungi seperti Batu Paying, Bukit Merese, dan masih banyak lagi.

Banyak aktivitas yang bisa Kamu lakukan saat Kamu berwisata ke Pantai Tanjung Aan.  Mulai dari bersantai di Pantai, bermain pasir, berswa foto, hingga bermain air laut. Sarana dan prasarana seperti kamar mandi umum dan hotel sudah tersedia di area sekitaran pantai.

Kuta Mandalika

Destinasi yang masuk daftar objek wisata di Lombok, selanjutnya adalah Kawasan Kuta Mandalika, yang bisa Kamu nikmati setelah perjalanan sekitar 1 jam lamanya dari Kota Mataram.

Kawasan ini memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya adalah Bukit Merese atau lebih dikenal dengan bukit cinta. Daerah wisata ini memiliki keindahan yang tak kalah jauh dengan keindahan di tempat lain.

Sirkuit Mandalika

keindahan sirkuit mandalika lombok
Keindahan sirkuit Mandalika, Sumber: sylviarizki

Sirkuit Mandalika sendiri adalah destinasi yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 12 November 2021 silam. Dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer. Pasalnya sirkuit ini menjadi tuan rumah dari MotoGP 2022.

Destinasi ini memiliki kapasitas lebih dari 50.000 pada Grandstand Seating, dan lebih dari 100.000 untuk non seated area. Diluar itu semua, area Mandalika memiliki tampilan alam yang indah dan sedap di kampung.

Desa Sade

Jika Kamu ingin berlibur pada destinasi yang berbau pedesaan, maka tempat ini wajib masuk daftar objek wisata di Lombok. Saat Kamu berlibur ke desa ini, Kamu akan merasakan suasana pedesaan yang tak mengenal modernisasi. Suasana asri disana akan menunjukkan Kamu pada suasana pedesaan masa lampau.

Pasalnya Kamu akan menjumpai rumah dengan lantai berlapis kotoran kerbau dengan sangat mudah. Masih banyak sekali budaya yang terjaga di desa dengan penduduk sebanyak 700 an jiwa. Kamu akan diperlihatkan rumah suku sasak yang diklaim tahan terhadap gempa.

Tempat wisata ini memiliki tradisi yang cukup unik, seperti halnya tradisi perkawinan. Tradisi yang berlaku di sana adalah menculik mempelai wanita dan akan dipertemukan di depan pohon cinta. Desa ini juga dikenal sebagai penghasil kain tenun yang sangat berkualitas.

Gili Trawangan

Destinasi berikutnya adalah wisata yang banyak diburu oleh wisatawan lokal maupun wisata asing. Tempat wisata ini menengadah Kamu untuk melakukan banyak aktifitas dengan fasilitas yang memadai.

Gili Trawangan akan memfasilitasi Kamu dalam melakukan scuba diving, snorkeling, bermain kayak, speedboot, berselancar hingga bersantai di pantai. Banyak spot keren yang bisa Kamu jelajahi di sini. Bahkan ada paket wisata yang menyediakan fasilitas dan kebutuhan wisata Kamu mulai dari perjalanan, tiketing, akomodasi dan fasilitas wisata lainnya.

Gili Air

Gili Air merupakan destinasi yang berada paling timur dari pada dua gili yang lain. Destinasi ini termasuk dalam salah satu gili terkenal di Lombok. Tempat wisata ini terletak di daerah Kecamatan Pemenang, tepatnya di Desa Gili Indah.

Untuk menuju ke lokasi Gili Air, Kamu bisa menggunakan kapal penyeberangan dari pelabuhan Bangsal dengan estimasi waktu sekitar 25 menit. Kamu bisa memilih kapal penyeberangan public boat maupun Kamu bisa menyewa charter speed boat

Gili Meno

Destinasi selanjutnya juga termasuk dalam keluarga gili di daerah Lombok. Kamu bisa mencapai tempat ini dengan estimasi waktu 45 menit dari Kota Mataram dengan melewati kapal penyeberangan dari Pantai Senggigi.

Saat berlibur ke Gili Meno, Kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang bersih dan sangat asri. Banyak aktivitas bisa Kamu lakukan mulai dari berenang, snorkeling, maupun bersantai di Pantai dan mendengar merdunya kicauan burung dan nyanyian ombak disini.

Pantai Senggigi

Tempat Pariwisata berikutnya sebelumnya sudah dibahas menjadi sebagai rute penyebrangan menuju Gili Meno, namun selain rute penyeberangan Pantai ini memiliki keindahan tersendiri yang tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali.

Tidak afdol jika kesini, Kamu tidak melakukan aktivitas snorkeling disini, karena perkampungan bawah laut di Pantai ini terbukti sangat memuaskan. Banyak spot menarik di Pantai ini, mulai dari Batu Bolong, Batu Layar, dan pastinya wisata bawah airnya.

Gili Nanggu

Berlibur di Lombok harus dan wajib mengunjungi tempat wisata ini, walaupun Gili Nanggu bukan salah satu 3 Gili terkenal di Lombok, namun tempat ini memiliki daya tarik yang nggak bakal Kamu lupakan.

Hamparan pasir putih yang lembut dan romantis, menjadi tempat paling cocok untuk berbulan madu dengan pasangan Kamu. Fasilitas dan sarana di tempat ini sangat memadai, mulai dari banyaknya pilihan resor dengan banyak wahana yang bakal menemani liburanmu.

Kamu bisa mengakses lokasi wisata ini dengan estimasi perjalanan sekitar 3 jam jalur darat dan 45 menit jalur laut dengan speedboat sebagai sarana penyeberangan.

Pantai Pink Lombok

Pantai unik ini, dikenal menjadi pantai paling romantis di Indonesia, selain keindahan dan panoramanya, pasir pantai berwarna pink akan membuat hasil foto Kamu lebih eksotis. Banyak background foto prewedding yang menggunakan keindahan pantai pink ini.

Letak pantai ini cukup terpelosok, namun setelah Kamu berada di pantai ini, perjalanan Kamu akan terbayarkan dengan nuansa yang disuguhkan pantai ini. Kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi ini dari Kota Mataram.

Tanjung Ringgit

Daftar objek wisata di Lombok, tidak afdol jika tidak menyertakan destinasi yang satu ini. Tanjung Ringgit berada di Kecamatan Jerowaru, tepatnya di Desa Pemongkong. Akses menuju lokasi ini cukup ekstrim dan hanya bisa di akses dengan kendaraan bermotor roda dua.

Namun sulitnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan lokasi ini. memiliki pemkamungan panorama perbukitan curam yang indah dan hamparan laut yang mengarah ke Samudera Hindia. Karena ditemukan oleh penjajah jepang di era 40an, banyak bangunan peninggalan bersejarang yang juga sangat epic sebagai latar belakang foto liburan Kamu.

Nah itu dia 11 daftar objek wisata di Lombok yang nggak bakal bisa kamu lupain setelah berkunjung ke lokasi tersebut.

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok