2 Tempat Liburan di Lombok Ini Menarik Untuk Dikunjungi

Libur panjang tidak selamanya menjadi hal yang menyenangkan, terutama jika kita tidak memiliki kegiatan menyenangkan yang akan dilakukan selama liburan. Hanya tinggal di rumah dan istirahat mungkin akan menyenangkan untuk satu dua hari. Namun, jika kita memiliki libur yang cukup panjang misalnya saja, satu minggu, hanya tinggal di rumah tentunya akan menjadi hal yang membosankan. Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur panjang Anda dengan menyenangkan dan menemukan hal yang baru, Lombok adalah destinasi wisata yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Mengapa Lombok? Hal ini tentunya karena ada banyak tempat liburan di Lombok yang akan membuat liburan Anda semakin seru dan menarik. Anda tidak akan merasa bosan selama menghabiskan waktu di tetangga pulau Bali ini. Seperti halnya pulau Bali, Lombok juga menawarkan tempat wisata budaya dan wisata belanja yang berkualitas. Berikut dua tempat wisata budaya sekaligus wisata belanja di Lombok yang sayang jika Anda lewatkan.

Tempat liburan di Lombok yaitu Desa Banyumulek

tempat liburan di lombok

Desa banyumulek Lombok

Tepat wisata budaya sekaligus wisata belanja yang pertama adalah desa Banyumulek. Desa Banyumulek adalah desa yang dijadikan sebagai sentra gerabah yang memiliki kualitas skala ekspor dengan berbagai motif dan bentuk gerabah yang sangat khas. Hal ini membuat tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat tujuan wisata belanja yang sangat tepat di Lombok. Anda akan mendapati banyak keramik dan gerabah yang cantik dengan aneka bentuk yang dapat Anda jadikan untuk mempercantik rumah Anda atau sebagai buah tangan yang tidak biasa.

Desa ini memberikan pengalaman yang lebih dari sekadar wisata belanja dari toko ke toko. Di sini, Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan gerabah yang unik. Dikatakan unik karena para pengrajin di tempat ini masih menggunakan teknik pembuatan semi tradisional dan tidak menggunakan cetakan. Jadi, ukuran gerabah yang dihasilkan tidak persis sama. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari produk gerabah buatan desa Banyumulek karena setiap gerabah yang kita beli akan terasa spesial dan berbeda. Di setiap toko atau pengrajin yang berbeda, kita juga akan menemukan ke-khas-annya sendiri yang tidak bisa kita temukan di pengrajin lainnya. Hal ini membuat kita dapat berburu gerabah unik dan cantik di sini. Selain dapat melihat cara pembuatannya, kita juga dapat mencoba membuat sendiri gerabah kita. Jika Anda penasaran dengan sentra gerabah satu ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya di kawasan Kediri, Lombok Barat.

Desa Sukarara Merupakan Tempat liburan di Lombok yang Menyenangkan

Desa Sukarara

Desa Sukarara

Selain gerabah, Anda juga bisa berwisata belanja sekaligus wisata budaya lainnya yaitu di Desa Sukarara. Di desa ini, bukan gerabah yang akan Anda jumpai. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman mengunjungi desa sentra kain tenun khas Lombok. Ya, selain baik, Indonesia juga kaya akan kain tenun tradisional. Ada banyak jenis kain tenun yang dapat kita jumpai di berbagai daerah di indonesia. Setiap daerah tentunya akan memiliki keunikan serta kekhasan motif tersendiri, begitu juga dengan Lombok. Di suku sasak yang mendiami Lombok, menenun sudah menjadi suatu keahlian dasar yang harus dimiliki para wanita. Walaupun sudah dijamah modernisasi, ada beberapa desa budaya yang masih mempertahankan hal tersebut. Kemampuan menenun dengan metode tradisional masih diturunkan dari orang tua ke anak-anak mereka.

Mempertahankan budaya ini justru membawa energi positif bagi desa Sukarara. Kini desa Sukarara dikenal sebagai salah satu desa penghasil kain tenun berkualitas di Lombok. Kualitasnya yang terus terjaga menarik minat banyak wisatawan sampai dengan para desainer dan pecinta mode untuk mencari kain tenun tradisonal khas Lombok di desa ini. Tidak hanya di dalam negeri, kain tenun Lombok juga mulai dikenal di mancanegara. Selain membeli, Anda juga dapat mencoba langsung alat tenun tradisional yang ada. Menyenangkan bukan? Desa ini berada di kawasan Jonggat, Lombok Tengah.

Itu tadi dua tempat liburan di Lombok yang dapat Anda kunjungi untuk memuaskan hasrat belanja Anda sekaligus memberikan pengalaman berharga mengenal budaya Indonesia. Anda bisa liburan dengan menyenangkan dan sekaligus menambah wawasan.