2 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Lombok Bagi Pecinta Wisata Budaya

Tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok sangat beragam. Layaknya sebuah film, ada banyak genre wisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan. Ada genre wisata alam bagi Anda yang suka berpetualang dan menyukai interaksi dengan alam. Ada juga genre wisata pantai bagi Anda yang suka kegiatan di luar ruangan dan berkaitan dengan air. Genre yang ketiga adalah wisata belanja, bagi Anda yang gemar mengoleksi benda cantik dari berbagai penjuru dunia. Bagi penikmat kuliner, ada juga wisata yang memang ditujukan untuk itu. Genre yang terakhir adalah wisata budaya dan sejarah. Bahkan wisata Lombok murah pun tersedia.

Wisata satu ini mungkin terdengar membosankan, namun, Anda akan menemukan hal seru saat Anda benar-benar menjalaninya. Bagi Anda yang berwisata ke Lombok, sempatkanlah mengunjungi tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok yang bertema budaya dan sejarah. Dijamin Anda akan belajar hal baru dan merasa liburan Anda lebih bermakna.

Wisata Budaya dan Sejarah yang Seru di Lombok

Ada beberapa tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok yang memiliki tema budaya dan sejarah, berikut 2 diantaranya.

  1. Taman Narmada
tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok

Taman Narmada Lombok

Tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok yang pertama dapat Anda kunjungi adalah Taman Narmada. Taman indah ini dibangun pada masa kerajaan mataram Lombok masih berkuasa. Sekitar tahun 1727 masehi, raja mataram yang memerintah pada saat itu membangun sebuah taman indah untuk tujuan melaksanakan upacara pakelem. Upacara ini sebenarnya secara rutin dilakukan raja dengan mendaki puncak rinjani. Namun, karena kondisi raja yang sudah menua dan tidak sanggup lagi melakukan aktivitas tersebut, raja memerintahkan untuk membangun taman lengkap dengan pura bertingkat yang melambangkan puncak gunung rinjani sebagai tempat melakukan upacara.

Taman yang indah ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, taman ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan dan tempat menyambut tamu agung baik dari dalam maupun luar kerajaan. Taman yang sangat indah ini dibangun dengan penuh perhitungan. Walaupun pemugarannya tidak dapat dilakukan dengan sempurna karena ada beberapa sisi yang mengalami kerusakan, kita dapat melihat betapa indahnya taman tersebut.

Anda bisa berkeliling taman dan melihat banyak tempat cantik sebagai spot untuk mengabadikan keindahan taman dan sebagai kenang-kenangan. Bagi Anda yang mengunjungi tempat ini, jangan lupa membawa payung karena panas bisa jadi sangat terik. Selain itu, akan lebih nyaman jika Anda juga mengenakan pakaian yang nyaman dipakai agar Anda tidak mudah kepanasan.

  1. Desa Sade
Wisata Ibu Sri Siswati dan keluarga di Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok

Tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok yang kedua adalah Desa Sade. Tahukah Anda suku apa yang mendiami pulau ini dari masa lampau? Ya, jawabannya adalah suku sasak. Di pulau Lombok sendiri, ada desa-desa yang masih menjunjung tinggi adat istiadat suku sasak sampai saat ini. Dari beberapa desa tersebut, salah satunya adalah desa Sade. Desa ini menjadi salah satu desa adat yang menerima kedatangan para wisatawan untuk berkunjung dan melihat langsung kehidupan masyarakat tradisional yang masih menjungjung tinggi adat istiadat ini.

Memang desa ini sudah mendapat sentuhan teknologi dengan masuknya listrik dan program pemerintah lain seperti program pemberdayaan masyarakat atau PNPM. Meski demikian, para warga masih menjaga suasana perkampungan khas suku sasak sehingga desa wisata satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Rumah-rumah penduduknya masih dipertahankan seperti rumah adat suku sasak, lengkap dengan pemisahan tempat tinggal bagi orang tua dan anak-anak dengan bentuk bale.

Selain rumah, berbagai kebiasaan tradisional pun masih dijaga, seperti kebiasaan mengepel lantai dengan kotoran sapi, melatih para remaja wanita untuk menenun, dan sebagainya. Di sini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat dan mencoba aneka budaya yang ada termasuk mencoba mesin tenun tradisional dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi 2 tempat wisata wajib dikunjungi di Lombok dengan tema budaya dan sejarah. Ada banyak kegiatan yang seru dan menambah pengetahuan yang dapat dilakukan di sana. Jadi, saat Anda berlibur ke Lombok, tidak ada salahnya melakukan wisata budaya dan sejarah sehingga liburan Anda lebih bermakna dan menambah pengetahuan Anda mengenai keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.