Mengangkat Tema Budaya, 2 Wisata Liburan Lombok Ini Wajib Anda Kunjungi

Ada banyak destinasi wisata keren dan seru di dalam negeri, untuk apa pergi e luar negeri? Benar sekali, kurang pas rasanya jika kita sudah keliling dunia tetapi belum pernah mengunjungi aneka atraksi wisata di negara sendiri. Sebagai negara yang berada di kawasan garis khatulistiwa, Indonesia menjadi tujuan wisata favorit para ‘bule’ karena iklim tropisnya yang menggoda dan aneka olahannya yang nikmat luar biasa. Selain itu, sebagai negara yang sangat berbeda, keanekaragaman budaya di Indonesia masuk dalam jajaran yang paling beragam lho!

Ada ribuan pulau yang dihuni oleh beragam penduduk dengan budaya mereka masing-masing. Bahkan, antar satu tempat dengan tempat yang lain, memiliki bahasa yang berbeda dan tidak diketahui satu sama lain. Bicara mengenai budaya, wisata liburan Lombok juga menawarkan wisata budaya yang menarik untuk di kunjungi. Ada 2 atraksi wisata yang dapat Anda jadikan sebagai tempat mempelajari budaya di Lombok. Berikut ulasannya untuk Anda.

Desa Sade adalah Wisata liburan Lombok yang Menyenangkan

wisata liburan lombok

Wisata Desa Sade Lombok

Tidak hanya memiliki pantai yang indah dan menawan, Lombok juga memiliki wisata budaya yang tidak boleh sampai terlewat. Wisata budaya yang diulas pertama adalah desa Sade. Desa Sade adalah desa budaya yang mengenalkan kehidupan asli suku sasak. Penduduknya masih sangat mempertahankan budaya leluhur termasuk dalam menjalankan kesehariannya. Tempat ini belum terjamah teknologi mutakhir dan modernisasi. Ada banyak hal yang masih dilakukan secara manual dan tradisional oleh para penduduk desa. Hal ini membuat desa Sade menjadi desa budaya yang sangat unik.

Anda akan mendapati rumah-rumah dalam satu kompleks yang dibangun khas budaya sasak. Tidak hanya bentuk rumah, penataan rumah juga masih diatur sedemikian rupa sesuai dengan budaya leluhur. Misalnya saja lokasi rumah kepala adat yang sudah ditentukan pada lokasi tertentu. Ada juga perbedaan ruangan antara ruangan yang digunakan anggota keluarga yang sudah dewasa atau orang tua dan anak-anak mereka. Selain itu, Anda juga akan merasakan ketenangan, tidak adanya sentuhan teknologi membuat aktivitas warganya disibukkan dengan membuat kerajinan tangan, bertani, dan sebagainya. Anak-anak bermain di halaman, berkejaran, memainkan permainan tradisional yang tidak kalah asyik dengan permainan modern.

Penduduknya yang ramah membuat Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan mereka sembari melihat keunikan desa dan berbagai adat budayanya. Anda juga bisa membeli souvenir kerajinan tangan yang ada di gerai desa adat tersebut. Tidak heran jika wisatawan mancanegara juga sangat tertarik mengunjungi tempat satu ini. Adapun desa Sade berada di kawasan Pujut, Lombok tengah, tepatnya pada kawasan desa Rembitan.

Wisata liburan Lombok Yaitu Pura Lingsar

Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Nah, wisata budaya selanjutnya adalah Pura Lingsar. Pura ini masuk sebagai salah satu wisata budaya karena pura Lingsar merupakan salah satu pura yang paling tua yang berdiri di pulau Lombok. Pura ini dibangun pada tahun 1714. Pada saat itu, kawasan Lombok dipimpin oleh raja Anak Agung Ngurah Karangasem. Pura Lingsar sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah para penganut hindu di Lombok. Selain itu, pura cantik satu ini juga menjadi salah satu bukti kerukunan beragama dan tingginya toleransi yang ada di Indonesia.

Bagaimana tidak, di pura inilah baik umat Islam maupun Hindu melaksanakan ritual budaya yang sama yaitu ritual budaya pelemparan kue beras. Lambang kedamaian antar umat beragama di pura ini juga terwujud dari adanya larangan untuk melakukan penyembelihan binatang suci seperti sapi untuk umat Hindu. Untuk memberikan hormat pada penganut agam Hindu dan Islam yang berada di pura ini, para pengunjung harus memakai selendang yang diikat di pinggang saat memasuki kawasan pura ini. Pura yang ada di tengah kota Mataram ini dapat dengan mudah Anda kunjungi.

Dua tempat wisata liburan Lombok di atas tidak hanya menawarkan wisata pada umumnya, tetapi juga memberikan pengalaman berharga mengenai budaya yang ada di Lombok serta bagaimana toleransi bisa ditegakkan dengan baik di kawasan tersebut. Ada nilai dan pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari perjalanan liburan kita di Lombok ini.