4 Daftar Air Terjun di Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

air terjun sendang gila lombok

Inilah daftar air terjun di Lombok yang paling eksotis dan masih sangat alami yang wajib dikunjungi. Akses transportasi dan jalannya juga mudah dilalui

Lombok menyajikan begitu banyak objek wisata alami, salah satunya adalah air terjun. Air terjun di Lombok yang masih alami dan bersih dengan udaranya yang sejuk menjadi destinasi yang ideal ketika berlibur ke Lombok.

Selama ini memang pariwisata di Lombok lebih banyak dikenal dengan berbagai deretan pantai maupun pulaunya saja. Padahal air terjun di Lombok tak kalah indahnya untuk di eksplorasi lebih jauh.

Terlebih lagi, kian mudahnya akses pariwisata di daerah Lombok, membuat siapapun wisatawannya bisa menjangkau berbagai destinasi wisata air terjun di Lombok dengan berbagai dukungan transportasi maupun sarana infrastruktur yang sudah mulai baik.

Karakteristik Air Terjun di Lombok

Air terjun di Lombok yang mayoritas berada di kawasan Lombok Utara ini umumnya memiliki karakteristik yang identik dengan wilayah pegunungan. Konturnya yang berada di ketinggian, memiliki debit air yang besar hingga cenderung masih relatif alami.

Hal ini karena, sebagian masyarakat Lombok masih menganggap Gunung Rinjani sebagai sesuatu yang disakralkan juga menjadi sumber utama suplai air bersih bagi 54 sungai yang mengalir di Lombok.

Daftar Air Terjun di Lombok

Air terjun di Lombok tersebar di berbagai daerah namun umumnya masih berada di sekitar kawasan taman nasional Gunung Rinjani. Karena seperti diketahui, kawasan Gunung Rinjani juga dikenal sebagai sumber pasokan utama air bersih bagi masyarakat di Lombok.

Sehingga tak heran jika di gunung ini, banyak dijumpai air terjun yang eksotis dengan ketinggian yang beragam serta pemandangan yang tak kalah indahnya dengan obyek wisata lain yang ada di Lombok maupun air terjun lain yang ada di daerah lain.

Berikut empat daftar air terjun di Lombok yang tak hanya terkenal karena keindahannya saja tapi juga masih relatif alami untuk dieksplorasi lebih jauh:

Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gila lombok
Sumber: Divopedia

Air terjun ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara yang memang sudah sangat dikenal oleh para wisatawan sebagai desa wisata. Untuk bisa mengakses air terjun ini, wisatawan tak hanya harus menyusuri kawasan hutan tapi juga anak sungai yang airnya masih sangat jernih.Suasana sejuk khas udara pegunungan yang menyegarkan bisa menjadi teman pengiring saat menuju ke air terjun ini.

Sendang Gile memiliki kontur air terjun bertingkat yang terbagi menjadi dua aliran air utama. Letaknya yang berada di sisi sebuah tebing yang tidak terlalu curam membuat siapapun dapat dengan mudah menjangkau puncak air terjun setinggi 20 meter ini.

Air Terjun Tiu Teja

air terjun tiu teja lombok
Air terjun Tiu Teja, sumber IG: pesonaairterjunindonesia

Air terjun Tiu Teja yang terletak di Desa Santong, Kayangan, Lombok Utara ini, memang lebih ditujukan bagi wisatawan yang menyukai petualangan di alam bebas.Karena untuk menuju air terjun setinggi hampir 100 meter ini, dibutuhkan kualitas fisik yang baik mengingat akses menuju air terjun ini harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Tenang saja, ketika sampai di air terjun ini, Kamu bakal menikmati dua aliran air terjun jernih yang saling berdampingan. Dan, jika Kamu tiba di air terjun ini di pagi hari, kamu akan menemukan pelangi di permukaan bawah air terjun ini. Oleh karena itu, air terjun ini diberi nama dengan Tiu Teja atau yang dalam bahasa Lombok berarti pelangi.

Air Terjun Tiu Kelep

Kalau air terjun yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi keindahannya. Bahkan, Tiu Kelep bisa disebut sebagai ikon air terjun di Lombok. Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Lombok selalu menjadikan air terjun ini dalam list wajib obyek wisata yang harus dikunjungi di Lombok.

Air terjun ini tak ubahnya pertunjukan alam yang sempurna. Terletak diantara lembah bukit yang hijau, Tiu Kelep terdiri atas beberapa aliran kecil yang terletak dibawah satu aliran air terjun utama. Suasananya yang masih alami, dengan suara percikan air yang jatuh menerpa permukaan bebatuan seolah menjadi tempat paling damai di muka bumi.

Air Terjun Umar Maya

Air terjun ini memang tidak memiliki kontur air terjun pada umumnya, karena ketinggiannya yang hanya sekitar 5 meter. Namun, air terjun yang terletak di Desa Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur ini selalu jadi incaran wisatawan yang ingin menikmati kesegaran air khas pegunungan.

Disini, wisatawan bisa berendam di permukaan kolam air terjun Umar Maya yang sejuk dan ampuh untuk mengusir penat. Selain itu, yang tak kalah kerennya dari air terjun ini adalah permukaan kolamnya yang mampu berubah-ubah warna dari hijau tosca atau berubah menjadi biru laut sesuai dengan pendaran warna disekitarnya.

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok