5 Tempat Wisata di Lombok Timur yang Bikin Nyesel Jika Tak Berkunjung Ke Sini!

Sampai saat ini, tempat wisata di Lombok masih menjadi tujuan favorit para turis baik dari lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan. Pantas saja, Lombok memiliki keindahan alam yang masih terjaga. Bahkan, Lombok yang terdiri atas empat kabupaten masing-masing memiliki tempat wisatanya masing-masing yang wajib dikunjungi ketika datang ke Lombok. Seperti Lombok bagian timur misalnya. Lombok Timur selain memiliki Gunung Rinjani yang cantik, ternyata juga menyimpan beragam tempat wisata di Lombok Timur yang menarik untuk dikunjungi. Mau tahu apa saja? Yuk simak informasinya berikut ini.

5 Tempat Wisata di Lombok Timur yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain Gunung Rinjani dan Segara Anak yang menjadi tempat wisata untuk hiking, ada beberapa tempat wisata di Lombok Timur yang menarik untuk dikunjungi. Diantaranya:

  • Bukit Selong Sembalun
tempat wisata di lombok timur

Sembalun Lombok

Jika tak sempat mendakit Gunung Rinjani, tak mengapa. Pasalnya Anda bisa memilih alternatif tempat wisata lain di dataran tinggi bernama Bukit Selong Sembalun. Kawasan wisata Bukit Selong ini berada di Sembalun, Lombok Timur. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah berupa perbukitan-perbukitan yang cantik serta sawah petak berbentuk kontak yang tak kalah cantiknya.

Nah, tempat ini juga cocok banget untuk dijadikan spot foto karena pemandangannya yang indah. Jadi, bagi Anda yang suka berfoto ria tentu akan menyesal jika tak berkunjung ke Bukit Selong Sembalun.

  • Pusuk Sembalun

Tempat wisata di Lombok Timur yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah Pusuk Sembalun. Lokasinya berada di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Lombok Timur. Pusuk Sembalun memiliki udara yang sejuk dan dingin karena berada di dataran yang tinggi. Selain Bukit Selong yang memiliki spot foto bagus, di Pusuk Sembalun juga tak mau kalah.

Di Pusuk Sembalun, terdapat beberapa spot foto yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan pemandangan bukit-bukit yang menjulang di sekitar Pusuk Sembalun serta Gunung Rinjani yang dengan gagahnya berdiri di belakangnya membuat pemandangan di Pusuk Sembalun terasa lengkap.

  • Kebun Strawberry Sembalun
strawberry sembalun

strawberry di sembalun

Puas menikmati Pusuk Sembalun dan Bukit Selong, perjalanan turun menuju ke bawah diakhiri dengan mengunjungi tempat wisata di Lombok Timur berupa Kebun Strawberry Sembalun. Kebun Strawberry Sembalun merupakan perkebunan yang sengaja dikelola oleh masyarakat lokal Desa Sembalun. Sekaligus perkebunan strawberry tersebut dijadikan sebagai tempat wisata oleh sang pemilik. Di sini Anda bisa memetik buah strawberry sepuasnya untuk dibawa sebagai oleh-oleh pulang atau cemilan menuju tempat wisata berikutnya.

  • Pantai Pink Lombok
wisata menarik pulau lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Jika Anda melihat pantai dengan pasir putih adalah hal yang biasa, maka jika Anda berlibur ke Lombok Timur cobalah untuk berkunjung ke Pantai Pink Lombok dengan warna pasirnya yang berwarna pink. Sangat unik, bukan? Konon katanya warna pink yang dihasilkan dari pasir Pantai Pink ini dikarenakan oleh jenis pasir dan karang-karang kecil yang ada di pasir.

Oleh sebab itu, ketika pasir-pasir tersebut bertemu dengan terik matahari pada jam 8-4 sore maka pasir tersebut akan memancarkan warna pink. Lokasinya yang berada di Kecamatan Jerowaru tepatnya Desa Sekaroh memang cukup jauh jika dari Bandara atau kota Mataram, yaitu 2,5 jam. Akan tetapi perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan Pantai Pink yang mempesona.

  • Tanjung Ringgit
Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Masih dengan nuansa pantai, Lombok Timur juga memiliki pantai indah nan cantik selain Pantai Pink. Ya, Tanjung Ringgit. Tempat wisata di Lombok Timur yang satu ini sudah mulai dikenal oleh para turis sehingga banyak turis yang berdatangan kesini. Tanjung Ringgit menjadi salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Lombok Timur.

Pasalnya, nuansa di Tanjung Ringgit berbeda dari pantai pada umumnya dimana di sini Anda bisa melihat berbagai peninggalan sejarah seperti Gua, Sumur dan Meriam Jepang. Lokasi Tanjung Ringgit masih dalam kawasan yang sama dengan Pantai Pink, yaitu di Desa Sekaroh.

Demikian 5 tempat wisata di Lombok Timur yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berwisata ke Lombok. Jangan sampai menyesal tidak berkunjung ke sini, ya!