6 Tempat Wisata yang Ada di Lombok Sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya

Destinasi tempat Wisata yang ada di Lombok,  terutama pantai- pantainya yang terkenal dengan airnya yang jernih, sehingga hampir seluruhnya menyediakan pemandangan bawah laut yang memukau. Hal inilah yang menyebabkan para wisatawan asing yang hobi snorkeling kerap mengunjungi Lombok sebagai destinasi pilihan mereka untuk menikmati keindahan alam yang masih alami.

Indahnya Wisata yang Ada di Lombok

Eksistensi Lombok sebagai destinasi wisata di Indonesia semakin meningkat seiring dengan aktifnya masyarakat dalam mengelola berbagai lokasi- lokasi di Lombok yang berpotensi menjadi spot wisata, hal ini tentu akan mempengaruhi pola hidup masyarakat sekitarnya, terutama pengelolaan spot wisata sebagai sumber penghasilan penduduk di sekitarnya. Saat ini ada cukup banyak tempat wisata yang ada di Lombok dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh peran sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya sebagai media promosi yang bisa dijangkau oleh siapa saja, sehingga spot-spot wisata di Lombok bisa dilihat dan memicu ketertarikan orang-orang untuk berkunjung kesana.

Daftar Wisata yang Ada di Lombok

  1. Gili Trawangan
wisata yang ada di Lombok

Wisata Bapak Fajar dan Istri di Gili Trawangan

Tempat wisata yang ada di Lombok adalah Gili Trawangan yang terkenal dengan pesta pantai di sepanjang malam, tempat ini sangat ramai pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sepanjang pinggir pantai Gili Trawangan terdapat banyak café dan bar yang siap melayani para pengunjung dengan menu-menu ala pantai yang lezat. Di siang hari, selain menikmati hamparan pasir putih yang berpadu dengan laut biru, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti snorkeling, pemandangan bawah laut di Gili Trawangan cukup memukau bagi para pecinta snorkeling.

  1. Gili Air
Gili Air Lombok

Tempat Santai di Gili Air Lombok

Objek wisata yang ada di Lombok satu ini terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah dengan terumbu karang dan ikan yang berwarna warni serta biota laut lainnya seperti kura- kura dan kuda laut. Gili Air merupakan sebuah pulau yang sangat kecil dan belum terjamah oleh tangan manusia, sehingga panorama yang disuguhkan masih asri dan sangat alami.

  1. Pantai Pink
Wisata Pantai Pink Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Pantai Pink merupakan objek wisata yang ada di Lombok yang sempat membuat geger para pengguna sosial media karena keunikan pasir pantainya yang berwarna pink atau merah muda yang berpadu dengan jernihnya laut biru muda yang bergradasi ke biru tua yang menandakan kedalamannya. Selain itu terdapat hamparan pohon hijau di sisi lainnya yang menciptakan pemandangan yang sangat sayang dilewatkan jika melakukan trip ke Lombok.

  1. Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Wisata yang ada di Lombok tidak hanya sebatas pantai saja, tapi juga spot- spot seperti wisata air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri yang menunjukkan sisi lain dari Lombok. Pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun Tiu Kelep akan sangat menyegarkan mata Anda, dengan warna hijau pada tebing yang membingkai air terjun serta air yang terhempas oleh angin akan memberikan sensasi segar saat pertama kali menginjakkan kaki di sana.

  1. Desa Sade
Desa sade lombok

Desa sade lombok

Merupakan sebuah desa yang dihuni oleh suku sasak asli yang masih mempertahankan budaya dan adat mereka sampai saat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan rumah-rumah adat dan aktivitas penduduk setempat dimana Anda bisa langsung berbaur dalam aktivitas mereka untuk mengenal budaya suku Sasak lebih dekat. Salah satu aktivitas penduduk setempat adalah menenun songket khas suku Sasak yang bisa Anda coba saat berkunjung ke sana.

  1. Taman Narmada
Wisata Taman Narmada Lombok

Wisata Taman Narmada Lombok

Taman yang terletak di desa Lembuak, Kecamatan Nermada, Kabupaten Lombok Barat ini merupakan sebuah taman seluas 2 hektare yang sengaja dibuat oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat untuk mengadakan upacara Pakelem yang akan dilaksanakan setiap purnama kelima di tahun Caka, taman Narmada juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga raja. Saat ini Taman Narmada telah dikelola oleh pemerintah setempat, Anda bisa menikmati beberapa wahana seperti flying fox. Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang ada di lingkungan taman untuk melihat barang-barang peninggalan kerajaan Mataram. Yang paling khas di taman Narmada adalah sebuah kolam yang sangat luas yang berada di tengah-tengah taman, Anda juga bisa berbelanja souvenir di pintu keluar taman.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Lombok yang wajib masuk dalam daftar destinasi yang akan Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Lombok.