Desa Sukarara Lihat Langsung Pembuatan Kain Tenun Khas Lombok

Tidak hanya wisata pantai yang populer di pulau Lombok, namun wisata Lombok juga menyuguhkan banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, sebagai tujuan berlibur Anda dan keluarga tercinta. Terdapat wisata budaya dan sejarah yang sangat unik, salah satunya ada di Desa Sukarara yang merupakan objek wisata budaya yang terkenal di Lombok.

Melihat tenunan desa sukarara lebih dekat

Desa Sukarara ini sudah dijadikan wisata budaya yang sangat terkenal sampai ke mancanegara karena wisata desa ini merupakan penghasil kain tenun songket terbaik yang ada di pulau Lombok.

Pulau ini sudah tidak bisa Anda ragukan lagi dengan keindahan wisata alam bahkan budaya nya yang disuguhkan, dijamin liburan di Lombok bersama keluarga akan semakin terasa berkesan.

Di Desa ini Anda bisa melihat langsung pembuatan kain tenun khas Lombok, pembuatan kain tenun ini dibuat dengan alat yang sederhana, yang hanya terbuat dari kayu. Selain melihatnya Anda pun bisa langsung belajar membuat kain tenunnya, masyarakat disini sangat ramah sehingga Anda akan nyaman berkunjung.

Desa ini memiliki rumah adat tradisional yang sangat unik bentuknya, yang biasa disebut dengan nama “Bale”, Anda bisa mencoba mengenakan pakaian khas Lombok dan berfoto mengabadikan moment liburan di desa ini dengan background rumah adat Lombok.

Kewajiban yang harus dilakukan oleh para gadis di desa ini adalah bisa menenun kain songket. Karena itu merupakan syarat bagi para gadis desa Sukarara yang ingin menikah, jika mereka belum bisa menenun kain songket maka mereka tidak diizinkan untuk menikah. Jadi jangan heran jika Anda saat mengunjungi desa ini sudah banyak anak-anak kecil yang belajar menenun kain songket.

Tradisi menenun kain songket ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan turun temurun sampai sekarang. Kain tenun songket ini juga merupakan sumber mata pencaharian masyarakat di desa ini, karena kain tenun ini akan dijual kepada para wisatawan mancanegara yang mengunjungi desa ini.

Jika Anda berkunjung ke desa ini Anda bisa belajar lansung bagaimana cara menenun kain songket, karena para penenun kain songket ini akan mengajarkan Anda dengan senang hati. Kain tenun yang dibuat oleh penduduk desa ini sangat bagus dan unik.

Ciri khas dari kain tenun adalah motif ornamennya yang beragam jenis. Kain songket ini dapat Anda beli lansung di desa sukarara. Selain menenun kain songket yang sangat indah desa ini juga memiliki peraturan yang sangat unik dan harus dipatuhi oleh penduduk desa.

Gadis yang sudah menikah di desa ini harus menggunakan kain tenun setiap harinya dan tidak diperbolehkan memakai celana ataupun rok. Karena kain tenun yang terbuat dari jalinan benang ini merupakan lambang dari ikatan suami dan istri, jadi diwajibkan memakai kain tenun.

Dan perempuan yang selalu menggunakan kain tenun juga dipercaya bahwa rumah tangga dengan suaminya akan awet seumur hidup. Dan peraturan ini harus tetap dijalani bagi siapapun yang secara turun temurun.

Rumah adat di desa ini juga masih sangat terawat sampai hari ini. Rumah ini sangat mencerminkan budaya dan adat dari suku khas sasak asli pulau Lombok. Rumah adat tradisional ini terbuat dari bahan-bahan yang masih sangat alami.

Yuk segera kunjungi Desa yang unik ini, tunggu apalagi segera kunjungi sebagai tujuan Anda berlibur bersama keluarga ataupun sahabat tercinta. Selain itu Anda bisa belajar membuat kain tenun songket yang berbagai motif, sangat seru bukan ? segera kunjungi desa Sukarara ini dan nikmati wisata Lombok Murah dari budaya yang menyenangkan.