Desa Wisata di Lombok dengan Keragaman Budaya yang Unik

Banyak orang berfikir bahwa jika kita berbicara mengenai pulau Lombok maka akan terlihat dengan jelas tentang hamparan pasir dan birunya laut. Namun, perlu di ketahui bahwa tidak hanya itu saja yang dapat kita kunjungi. Terdapat beberapa Desa Wisata di Lombok yang mempumyai panorama yang tidak kalah memukaunya.

Memang sejauh ini beberapa Desa Wisata di Lombok ini belum begitu terkenal, namun jika kita lihat dari pemandangannya maka Anda akan sangat terkejut tentunya. Sebenarnya ada begitu banyak desa yang menawarkan pemandangan yang indah dan unik, namun di sini kami mengulas mengenai desa wisata di Lombok yang sangat unik dan tradisional.

2 Desa Wisata di Lombok yang Unik dan Tradisional

Desa Sade

desa wisata di lombok

Wisata Ibu Denti dan Sahabat Di desa Sade

Desa Sade merupaan salah satu desa yang unik sebab masih mempertahankan budaya asli Sasak. Desa Sade terletak di Rembitan, kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Indonesia. Jika ingin sampai ke Desa Sade ini, Anda hanya perlu waktu sekitar 20-30 menit dari Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terletak di Praya, Lombok Tengah, Indonesia.

Walau demikian, penduduk ini juga termasuk ke dalam binaan program pemerintah yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri.

Walau tersentuh dengan kehidupan modernitas, tapi tidak mengurangi kearifan lokal yang ada di sana. Walapun mereka merupakan masyarakat asli Suku Sasak, tapi masyarakat Desa Sade tidak menutup diri dari para pendatang atau wisatawan asing.

Artikel menarik lainnya: Tempat Wisata yang Bagus di Lombok untuk Berlibur Dijamin SERU

Perumahan masyarakatnya masih berupa bangunan tradisional yang beratapkan ijuk atau alang-alang kering, tembok dari anyaman bambu dan juga lantai yang beralaskan tanah.

Mengenai bangunan rumah ini biasanya terbagai atas 3 bagian, yakni bagian depan untuk tempat tidur anak laki-laki dan juga orang tua, bagian kedua yakni dapur, umbun dan tempat tidur anak perempuan dan bagian ketiga yakni ruangan kecil yang digunakan oleh sang ibu untuk melahirkan.

apabila berkunjung ke Desa Wisata di Lombok ini, Anda akan menemukan kegiatan yang unik dan mungkin sangat asing untuk Anda. Penduduk Desa Sade biasanya mengepel lantai rumah dengan menggunakan kotoran sapi atu kerabu lho.

Menurut masyarakat bahwa dengan mengoleskan kotoran sapi atau kerbau pada lantai akan membuat lantai rumah menjadi hangat dan terhindar dari nyamuk.

Tapi yang paling unik adalah meskipun lantai rumah diolesi dengan kotoran sapi, tapi Anda tidak akan menemukan bau menyengat kotoran sapi atau kerbau kala memasuki rumah. Inilah yang menjadi daya tersendiri tarik dari Desa Sade yang menjadi salah satu obyek wisata Lombok paling di gemari.

Desa Sukarara

desa sukarara lombok

Kain Tenun Desa Sukarara Lombok

Berkunjung ke desa ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang suka travelling, tapi tak ingin hanya membawa oleh – oleh berupa barang saja tentunya tapi juga membutuhkan ilmu yang bermanfaat.

Desa Wisata di Lombok ini sudah erat dengan tradisi wanita yang diharuskan belajar menenun sejak dini, sehingga mayoritas wanita di desa Sukarara bermata pencaharian sebagai penenun.

Tapi, produk lokal buatan warga Desa Sukarara Lombok ini ternyata sudah menempuh penjualan ke berbagai negara di dunia, sebab kepopuleran tenun Lombok nya yang unik dan cantik

Terdapat macam jenis tenunan sutera bisa Anda temukan disini, baik sutera emas maupun perak sekalipun, yang melambangkan kemewahan dalam tenunan tersebut.

Anda tidak perlu khawatir Anda dapat mempelajari cara menenun di setiap rumah warga desa lokal Desa Sukarara Lombok lho. Hal ini tentu sangat menyenangkan, mengingat walau zaman telah berubah, warga lokal tetap saja menyambut pendatang yang hendak belajar tradisi mereka dengan ramah tamah dan sopan.

Ketika Anda berkunjung ke beberapa desa yang telah kami ulas di atas tentunya Anda akan menemukan beberapa hal yang akan memberikan Anda informasi dan pelajaran. Desa Wisata di Lombok ini akan memberikan Anda wejangan tentang sejarah lokal.

Sangat di rekomendasikan untuk mengunjungi Desa Wisata di Lombok jika Anda sedang berlibur. Selain dapat menikmati pemandangan yang begitu indah, Anda juga akan dapat juga belajar menenun dari penduduk sekitar. Dimana hasil tenunan dari masyrakat Desa Sakurara telah terkenal di dunia.