Tempat-Tempat Asyik untuk Dikunjungi Selama Liburan di Lombok

Ketika musim liburan datang seperti libur hari raya, long weekend ataupun liburan sekolah tempat-tempat wisata di Indonesia otomatis dipadati pengunjung. Tiap daerah di Indonesia punya daya tarik wisata masing-masing termasuk Lombok, Nusa Tenggara Barat. Liburan di Lombok sangat direkomendasukan untuk Anda, karena pulau ini memang telah menjelma menjadi destinasi wisata populer baik di kalangan turis dalam negeri ataupun mancanegara. Masyarakat banyak yang menjadikan Lombok sebagai tujuan liburan karena pulau ini punya banyak objek wisata menarik yang pas untuk kabur sejenak menyegarkan tubuh dan pikiran.

Wajib Kunjungi Tempat Ini Ketika Liburan di Lombok

Pulau Lombok terkenal dengan pesona alamnya yang masih alami dan indah khususnya pesona baharinya. Pantai-pantai di Lombok umumnya berair jernih, berpasir putih dan masih sangat kaya akan keanekaragaman biota lautnya. Tapi, selain pantai ternyata masih ada banyak potensi wisata lain yang tidak kalah menarik. Nah, kalau Anda sedang atau berencana mengunjungi pulau di bagian timur Indonesia ini, ada beberapa referensi tempat asyik dan menarik yang patut Anda kunjungi:

  • Gili Trawangan
liburan di lombok

wisata Gili Trawangan

Nama Gili Trawangan sudah sangat populer seantero Indonesia. Lokasi liburan di Lombok ini merupakan pulau kecil yang ada dekat dengan pulau Lombok dan harus dijangkau dengan jalur laut. Pulau kecil ini punya banyak pilihan seru untuk mengisi liburan Anda. Fasilitas umum di Gili Trawangan pun sudah sangat lengkap, jadi Anda bisa liburan santai tanpa takut kesulitan menemukan berbagai keperluan.

Kalau Anda berkunjung ke objek wisata ini, ada banyak alternatif kegiatan seru diantaranya berenang, snorkeling, kayaking, menyelam, berkeliling pulau sampai menantang diri Anda dengan mencoba wahana seru. Aktivitas hiburan di pulau ini pun tidak berakhir setelah matahari terbenam, Anda tetap bisa menikmati aneka hiburan musik pada malam hari. Pokoknya lokasi ini sangat pas dijadikan tujuan liburan untuk menepi dari hiruk pikuknya kota.

  • Bukit Malimbu
Wisata Ibu Angel di Bukit Malimbu Lombok

Bukit Malimbu Lombok

Buat Anda yang gemar berburu foto pemandangan yang eksotis, lokasi liburan di Lombok ini adalah surganya. Bukit Malimbu berlokasi di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di tempat ini Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Hamparan hijaunya perbukitan dan birunya lautan akan terlihat jelas dari atas bukit ini. Anda pun bisa menanti waktu matahari terbit dan terbenam untuk mengabadikan pemandangan yang luar biasa.

Bukit Malimbu bisa dicapai dengan perjalanan darat sejauh kurang lebih 24 km dari Kota Mataram. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai dan melihat indahnya panorama dari bukit ini. Lokasi ini sering dijadikan sebagai titik kumpul komunitas sepeda. Rombongan komunitas ini seringkali menjadikan Bukit Malimbu sebagai titik terakhir untuk beristirahat sambil menikmati indahnya sunrise dari atas. Banyaknya pengunjung membuat banyak warga setempat yang membuka usaha makanan, minuman serta pengaturan parkir.

  • Taman Narmada
Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Setelah dua lokasi tadi yang bertema alam, sekarang beralih ke objek wisata menarik lainnya yang merupakan situs peninggalan sejarah. Taman Narmada namanya, berlokasi di Lombok Barat merupakan lokasi peninggalan zaman kerajaan masa lampau yang masih terpelihara dengan baik hingga sekarang. Kawasan Taman Narmada ini dibuat asri dan cocok dijadikan lokasi bersantai masyarakat yang ingin berekreasi. Anda akan disambut dengan hijaunya taman begitu memasuki kawasan Taman Narmada.

Di bagian tengah taman terdapat kolam bersih yang membuat suasana semakin segar. Selain taman dan kolam, di kawasan ini juga terdapat bangunan-bangunan peninggalan seperti pura yang digunakan untuk melaksanakan ritual adat keagamaan. Taman Narmada ini dulunya merupakan tempat persinggahan para keluarga kerajaan sehingga tatanannya dibuat cantik dan rapi. Konon ada mitos bahwa siapa yang membasuh wajah dengan air yang ada di Balai Petirtaan di dalam kawasan Taman Narmada akan awet muda.

Itu dia 3 tempat wisata yang sayang dilewatkan kalau Anda sedang liburan di Lombok. Pulau Lombok ini memang menarik untuk di jelajahi karena masih ada banyak objek lain yang juga tidak kalah seru dan indah. Lombok menyimpan banyak potensi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Liburan di Lombok mungkin akan terasa kurang kalau hanya dilakukan beberapa hari karena setiap sudut daerahnya menyimpan potensi wisata yang mengagumkan. Selamat liburan!