Lokasi Liburan di Lombok ? Jangan Lewatkan Lokasi-lokasi Berikut Ini

Lokasi liburan di Lombok kali ini merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang kaya akan tempat wisata. Banyak turis mancanegara yang rela menghabiskan biaya banyak demi liburan di Pulau Lombok karena pesona wisata alamnya yang menakjubkan dibandingkan negara lain. Berbagai wahana wisata mulai dari laut, gunung, air terjun, hingga desa-desa yang masih menyimpan kekayaan budaya dapat Anda temui di pulau ini. Berikut ini beberapa lokasi liburan yang wajib Anda kunjungi selama di Pulau Lombok.

Ini Dia Beberapa Lokasi Liburan Di Lombok

  1. Pantai Tanjung Aan
lokasi liburan di lombok

Wisata pantai Tanjung Aan

Pantai ini berada di daerah selatan Lombok dan terletak bersebelahan dengan Pantai Kuta serta merupakan lokasi liburan di Lombok yang sangat di rekomendasikan. Pantai ini memiliki keunikan yaitu tekstur pasirnya yang menyerupai biji merica. Area sekitarnya dikelilingi pepohonan yang rimbun dan bukit-bukit yang bisa Anda daki untuk melihat keindahan pantai tanjung aan dari ketinggian. Selain mendaki bukit di pantai ini, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti snorkeling, bersantai di pinggir pantai, bahkan berselancar. Jika Anda datang ke sini pada bulan Februari, Anda dapat menyaksikan ritual Bau Nyale yaitu mencari nyale atau cacing laut yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai reinkarnasi Puteri Mandalika. Pantai ini juga masih terlihat perawan dan cukup tenang yang membuat siapapun betah berlama-lama di pantai ini. Tak hanya itu saja, pantai ini juga masih terbebas dari sampah, kecuali hanya daun-daun yang berguguran.

  1. Desa Sade

Kekayaan Lombok lainnya adalah budaya Lombok yang masih dilestarikan hingga saat ini di Desa Sade. Di desa sade, Anda dapat melihat rumah tradisional yang masih menggunakan tiang kayu untuk penyangga, alang-alang kering yang dijadikan atap, dan dinding bambu. Tak hanya itu, setiap rumah di desa ini juga dibedakan menurut fungsinya. Menariknya lagi, Anda juga dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional dan ikut belajar menenun dengan warga sekitar.

  1. Gili Trawangan
liburan di lombok

wisata Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah lokasi liburan di Lombok yang pas untuk dijadikan penutup perjalanan Anda di pulau Lombok. Pulau tanpa kendaraan bermotor dan berpasir putih ini menjadi salah satu daya tarik utama ketika berkunjung di Lombok. Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan di sini, mulai dari mencicipi fresh seafood, berjemur, berenang, snorkeling, melihat penyu, canoeing, kayaking, hingga resto hopping. Anda juga dapat bermalam di berbagai penginapan yang ada, mulai dari hotel, tempat glamping, cottage hingga resort yang memiliki pantai pribadi.

  1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah sekitar 56 Km dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki ciri khas keindahan yang tak dimiliki pantai lainnya. Pantai yang lebih tenang dengan air yang jernih ini memiliki pasir yang putih dan halus seperti merica. Tak hanya itu, gradasi warna biru dan hijau pada airnya juga menambah keindahan Pantai Kuta Lombok. Bukit hijau nan indah yang mengelilingi pantai ini pun turut melengkapi pantai ini. Disini Anda juga bisa melakukan snorkling untuk melihat keindahan bawah laut pantai ini yang masih kaya dengan terumbu karang yang indah dan masih sehat.

  1. Desa Sukarara
Melihat tenunan desa sukarara lebih dekat

Desa Sukarara

Desa Sukarara terletak di Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Desa ini merupakan satu dari beberapa desa tradisional yang tersisa di Lombok. Di Desa Sukarara Anda dapat belajar cara menenun songket tradisional. Para wanita di desa ini akan diajarkan untuk menenun kain bermotif indah dan kaya akan warna sejak usia dini sesuai tradisi turun-menurun. Motif  tradisional Sukarara yang terkenal yaitu motif tokek. Saat berkunjung ke desa ini, Anda dapat mencoba dan belajar menggunakan alat tenun tradisional dan belajar teknik tenun secara tradisional juga.

Demikian beberapa lokasi liburan Lombok yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa untuk mengambil gambar sebanyak mungkin saat di tempat wisata sebagai kenang-kenangan. Namun bukan berarti asik berfoto-foto sampai kurang menikmati keindahan alam disana. Selalu bersikap ramah kepada sesama traveler dan menghormati adat istiadat serta budaya di sana. Tak hanya itu, ajak ngobrol warga local. Karena dengan Anda mengenal lebih dekat orang-orang di sekitar Anda, maka Anda bisa  lebih bijaksana dalam menilai segala hal.