7 Makanan Khas Lombok Yang Wajib Banget Dicoba! Dijamin Ketagihan!

Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok menjadi salah satu incaran wisatawan yang berkunjung ke Lombok, belum lengkap rasanya bila berlibur ke wisata Lombok namun belum menyicipi makanan khas di Lombok nya yang lezat.

Untuk Anda pecinta kuliner wajib mencoba makanan khas di Lombok ini dijamin ketagihan, karena kuliner Lombok memiliki rasa yang berbeda namun sudah pasti nikmat dan bikin ketagihan.

Tidak hanya kaya akan keindahan wisata alam nya saja, namun Lombok juga kaya akan makanan lezat yang menggugah selera makan kita. Dalam artikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar kuliner Lombok yang khas, yang wajib Anda coba.

Disetiap daerah di Lombok memiliki makanan khas yang masing – masing, contohnya makanan khas yang ada di Lombok Tengah terdapat nasi balap Puyung yang melegenda.

Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung By Gpriority

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Lombok tentu penasaran dengan nasi balap yang melegenda ini, sehingga wajib untuk di coba. Selain makanan khas lombok tengah ini unik dengan namanya, lokasi nya juga dekat dengan Bandara Internasional Lombok.

Sehingga ketika Anda sampai di pulau Lombok, Anda bisa langsung mencoba makanan lezat yang terkenal ini.

Di bawah ini kita akan membahas bersama tentang kuliner Lombok yang lezat dan dijamin bikin ketagihan, tanpa berlama – lama yuk langsung saja kita simak bersama..

Ini 7 Makanan Khas Lombok Yang Terkenal & Melegenda

1. Sate Bulayak

Makanan khas lombok sate bulayak
Sate Bulayak by Indonesia Kaya

Makanan khas pertama yang akan kita bahas ini adalah kuliner sate Bulayak, yang merupakan salah satu makanan khas Lombok Barat yang lezat.

Sate Bulayak dibuat menggunakan daging sapi yang di potong dengan ukuran kecil kemudian tusukkan menjadi sate, yang nantinya akan di bakar dan di sajikan bersama dengan bumbu khas pulau Lombok yang nikmat.

Pada dasarnya sate Bulayak ini sama dengan sate pada umumnya, yang membuatnya menjadi makanan khas di Lombok adalah sate yang disajikan dengan Bulayak.

Bulayak ini terbuat dari daun enau yang dililitkan dan diisi menggunakan nasi yang akan menjadi lontong. Yang memiliki bentuk kerucut, cara membuka makanan ini juga sangat unik, harus diputar untuk membuka lilitan daun nya.

Sedangkan dari bumbu nya terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang sudah di sangrai, lalu ditumbuh agar menjadi halus. Yang setelahnya di rebus dengan santan serta bumbu pelengkap lainnya.

Bumbu sate bulayak ini seperti kari yang memiliki cita rasa pedas yang lezat, yang dimana makanan pedas ini adalah ciri khas makanan di pulau Lombok.

2. Sate Rembiga

Sate Rembiga
Sate Rembiga by Go Travelly

Sate Rembiga makanan khas Lombok yang populer, yang memiliki cita rasa pedas dan juga manis. Sate ini terbuat dari daging ayam dan juga daging sapi, yang di potong keseluruhannya menjadi bentuk yang kecil.

Bumbu yang digunakan dalam sate ini terdiri dari beberapa bumbu dapur seperti bawah merah, bawang putih, terasi, cabe rawit, cabai keriting, gula merah dan juga kecap manis.

Terdiri dari bumbu dasar diatas, sate rembiga ini di hidangkan dengan cita rasa yang nikmat dan lezat, tak heran makanan ini sering menjadi incaran para wisatawan terutama bagi Anda sang pencinta kuliner.

3. Sate Tanjung

sate tanjung
Sate Tanjung by Merah Putih

Sate Tanjung dibuat dengan bahan dasar ikan yang dihaluskan kemudian ditambahkan dengan bumbu dapur khas Lombok, yang lalu di lilitkan menjadi sate.

Rasa yang dihidangkan makanan khas Lombok ini sangat gurih dan juga pedas, jika dibandingkan dengan sate Rembiga dan juga sate Bulayak yang dihidangkan dengan bumbu khas nya.

Sate Tanjung ini disajikan tanpa adanya bumbu lagi, karena bumbunya sudah tercampur saat pengolahan ikan sebelum dibuat sate.

Makanan khas Lombok Utara ini berlokasi di kecamatan Tanjung, di sepanjang perjalanan desa Tanjung Anda akan melihat penjual sate ikan khas Lombok ini.

4. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang By Mana Berita

Ayam Taliwang menjadi salah satu makanan wajib yang harus dicoba saat ke Lombok, Ayam Taliwang memberikan sensasi makan yang nikmat dengan rasa pedas khas Lombok.

Bagi Anda pecinta pedas wajib mencoba ayam taliwang Lombok ini, karena ketika memakannya sekali Anda pasti akan ketagihan lagi dan lagi. Penyajian ayam ini bisa anda tentukan sendiri, ingin yang di bakar ataupun yang digoreng, bisa sesuaikan dengan selera.

Ayam yang digunakan untuk membuat makanan khas ini adalah ayam kampung yang muda, karena dengan pilihan ayam tersebut akan menghasilkan ayam yang lebih empuk dan juga gurih saat di makan.

5. Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung
Pelecing Kangkung By Warta NTB

Pelecing kangkung adalah makanan khas Lombok yang paling populer, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga wisatawan manca negara.

Makanan ini berbahan dasar sayur kangkung yang di olah menjadi masakan tradisional khas Lombok, dengan sajian sambal pedas nya yang sangat menggiurkan lidah.

Pertama sayur kangkung dicuci terlebih dahulu lalu direbus sampai matang, setelahnya dititiskan sampai menjadi dingin. Agar bisa dinikmati bersamaan dengan sambal tomatnya.

Sambal tomat pelecing kangkung ini terbuat dari Cabai, terasi, garam dan juga tomat. Yang akan menciptakan rasa nikmat pedas dan bikin ketagihan.

6. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung By Gpriority

Nasi Balap Puyung yang melegenda di Lombok Tengah, makanan khas Lombok Tengah ini sudah ada sejak tahun 1970 yang dijual oleh Inaq (Ibu) Esun.

Berlokasi di desa Puyung, Kec. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Nasi balap sudah sangat terkenal, dan sudah banyak yang mencoba makanan khas ini.

Nasi ini berisikan ayam suir, kacang panjang yang di oseng, kacang kedelai dan juga keripik kentang. Makanan ini sangat sederhana namun sudah sangat melegenda dan kini banyak di incar oleh wisatawan.

Rasanya belum lengkap liburan Anda di Lombok jika belum mencoba makanan khas di Lombok yang melegenda ini.

7. Bebalung

Bebalung kuliner Lombok
Bebalung By Kaskus

Bebalung adalah makanan khas Lombok dengan bertema sup. Makanan ini juga sangat populer di Lombok, yang cocok di nikmati pada saat musim dingin.

Bebalung arti dalam bahasa sasak adalah tulang belulang, yang dimana hidangan ini akan terdapat tulang dari iga dan juga buntut sapi.

Sup bebalung ini memiliki kuah yang lezat yang dibuat dari bahan dapur seperti cabai rawit, jahe, lengkuas, bawah merah, bawang putih, dan kunyit yang di olah agar menjadi halus.

Yang kemudian di masak bersamaan dengan tulang iga dan daging sapi, hasil akhir dari masakan ini akan menjadi kuah yang memiliki rasa asam dan gurih, yang dimana rasa ini adalah ciri khas dari sup bebalung Lombok.

Demikian artikel yang kami buat mengenai makanan khas Lombok yang wajib Anda coba, jangan lupa ajak pasangan, keluarga ataupun kerabat Anda untuk mencoba sensasi kuliner di Lombok ini. Agar bisa sama – sama ketagihan. Terima Kasih sudah membaca artikel ini 🙂

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok