Masjid Bayan Beleq Masjid Kuno Tertua di Lombok Utara Yang Penuh Sejarah!

Masjid Bayan Beleq Lombok

Masjid Bayan Beleq adalah masjid kuno yang ada di Lombok Utara, bisa terbilang masjid ini ialah salah satu masjid pertama yang ada di pulau Lombok karena sudah ada di abad ke 17, sehingga membuat masjid bayan di Lombok Utara ini menjadi situs bersejarah di Indonesia.

Indonesia memang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi, setiap pulau yang ada di Indonesia menawarkan keindahan alam dan juga adat istiadat yang menarik. Yang berhasil memikat banyak perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Untuk bisa menikmati pesona alam yang menakjubkan kita tidak perlu pergi ke luar negeri untuk bisa menyaksikannya, karena negara kita Indonesia memiliki keindahan objek wisata alam yang tidak kalah menakjubkannya dengan yang ada di luar Negeri.

Mulai dari objek wisata berupa pantai yang indah, perbukitan tinggi yang alami dan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, pegunungan yang megah dan luar biasa, hingga objek wisata lainnya yang penuh dengat budaya dan keunikan tersendiri.

masjid kuno bayan
Desa wisata masjid kuno bayan Lombok Utara @ruangnegeri.com

Sama seperti pulau Lombok salah satu pulau di Indonesia ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang tersembunyi, yang dimana setiap destinasi wisata yang ada akan memberikan pengalaman wisata yang seru untuk Anda.

Di pulau Lombok terkenal dengan wisata Gili nya yang luar biasa, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di setiap hari nya. Tidak hanya wisata Gili, objek wisata pantai juga sangat populer di Lombok karena menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona.

Mulai dari pasir pantai yang halus hingga pasir yang unik seperti bentuk merica, pantai berpasir putih yang menawan hingga pasir pantai berwarna pink atau merah muda yang sangat mempesona. Banyak destinasi wisata alam yang indah dan luar biasa yang siap membuat liburan Anda bersama keluarga menjadi lebih berkesan.

Jika Anda bosan berkunjung ke wisata bahari Anda bisa beralih dan mencoba berkunjung ke wisata lainnya yang lebih unik dan menarik, seperti masjid kuno yang ada di Lombok Utara. Masjid Bayan Beleq namanya yang merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Pulau Lombok.

Sejarah Masjid Bayan Beleq Sebagai Masjid Tertua Yang Ada di Lombok Utara

Wisata Bayan Beleq Lombok
Objek Wisata Bayan Beleq Lombok Utara @kompasiana.com

Masjid Bayan Beleq merupakan masjid tertua yang ada di pulau Lombok, yang dimana masjid ini memiliki sejarah hingga masuk dalam situs bersejarah dalam Indonesia. Masjid ini sudah ada daro abad ke 17 hingga saat ini, sehingga usia dari masjid ini sudah ratusan tahun lama nya.

Masjid ini di buat pada saat agama Islam mulai berkembang di Lombok, dulunya masjid ini di bangun oleh Titi Mas seorang pemeluk Agama Islam pertama di Desa bayan Lombok utara. Arti dari nama Masjid bayan Beleq ini adalah masjid makam besar yang ada di Desa bayan.

Bisa di bilang masjid kuno Bayan ini adalah saksi bisu saat mulai nya penyebaran agama Islam yang ada di Pulau Lombok, khususnya di Desa Bayan Lombok Utara. Karena penuh dengan sejarah masjid ini menjadi situs budaya yang dilindungi dan dirawat oleh pemerintah Lombok Utara.

Saat berkunjung ke wisata bersejarah ini Anda bisa mengetahui lebih detail dan lengkap mengenai sebuah masjid peninggalan jaman dulu yang menjadi saksi bisu tertua penyebaran agama Islam di Pulau Lombok, khususnya di Lombok utara.

Bangunan Masjid Bayan Lombok Utara Yang Kuno & Unik

Desa Bayan Lombok
Desa Bayan Lombok Yang unik dan penuh sejarah @firstlomboktour.com

Bangunan masjid bayan beleq di Lombok utara ini sangat unik, meski bangunan nya yang kuno namun menyimpan banyak cerita sejarah. Masjid ini di bangun dengan ukuran sekitar 9 x9 meter, dengan bangunan yang masih menggunakan bahan bahan sederhana seperti anyaman bambu dan juga tanah liat.

Sebagian besar dari bangunan masjid ini terbuat dari anyaman bambu seperti dinding dan juga atapnya, masjid ini juga memiliki dinding yang tidak terlalu tinggi di buat rendah. Atapnya di buat dari bambu yang disusun rapi dari bilah bilah bambu.

Untuk lantai di sekitar bangunan masjid bayan beleq ini terbuat dari bebatuan alami, sedangkan lantai dalam masjid di buat dengan tanah liat yang kemudian di tutupi dengan tikar buluh. Masjid ini memiliki empat tiang di setiap sudut bangunannya, yang berfungsi sebagai penopang bangunan masjid.

Uniknya di dalam ruangan masjid ini hanya terdiri dari bedug yang terbuat dari kayu, yang kemudian di gantung di area tengah tiang pada atap masjid seperti pada gambar di atas yang bisa kita saksikan bersama, saat berkunjung ke masjid ini Anda bisa menyaksikannya lebih dekat ya.

Selain ada nya bedug tersebut disini juga terdapat sebuah makam dari Gus Abdul Rozak, yaitu seorang ahli agama yang menyebarkan agama Islam pertama kali di daerah Lombok Utara ini. Biasanya masjid Bayan Beleq akan ramai dikunjungi pada saat adanya upacara perayaan Nabi Muhammad.

Lokasi Masjid Kuno ini Ada di Desa Bayan Lombok Utara

Masjid Bayan Beleq Lombok
Wisata Masjid Bayan Beleq Lombok @lomboknews.com

Masjid Bayan Beleq ini berlokasi di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia. Jika Anda berkunjung ke desa wisata ini Anda akan menempuh perjalanan sekitar 79 km dari kota Mataram, atau dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena selama 2 jam perjalanan tersebut Anda bisa menikmati keindahan alam pulau Lombok yang memukau, ada 2 jalur yang bisa Anda lalui untuk sampai ke masjid ini yaitu jalur hutan pusuk dan juga Senggigi.

Jika Anda melewati jalur hutan pusuk Anda bisa menyaksikan keindahan alam dari perbukitan hijau yang menyegarkan, di tambah dengan Anda bisa berinteraksi dengan binatang khas di pusuk seperti kera yang akan banyak Anda temui di sepanjang jalan pusuk.

Jika melewati jalur Senggigi Anda tidak akan menyaksikan perbukitan hijau namun Anda akan menyaksikan keindahan alam dari lautan biru yang luas dan jernih, pemandangan ini akan memanjakan mata Anda di sepanjang perjalanan, tentu tidak akan membuat Anda bosan melalui perjalanan hingga 2 jam ini.

Demikian ulasan mengenai objek wisata masjid bayan beleq di Lombok Utara, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga menambah wawasan Anda mengenai sejarah masjid pertama yang ada di Pulau Lombok.

Punya rencana berlibur bersama keluarga di pulau Lombok? Pakai jasa Wisata Lombok Murah aja, dijamin liburan Anda akan jadi semakin seru dan menyenangkan. Karena bersama kami Anda akan mengunjungi objek wisata favorit di Lombok, dengan akomodasi yang super nyaman dan juga bersih.

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok