Menjelajahi Berbagai Objek Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah adalah salah satu wilayah di Lombok yang kaya akan destinasi wisata. Wilayah ini cukup ramai oleh kunjungan wisatawan hampir sepanjang tahun. Sebagian besar destinasi wisata di LombokĀ  tengah ini telah dikelola dengan baik. Namun ada juga beberapa yang masih perlu dimaksimalkan. Akses ke objek wisata Lombok Tengah cukup mudah.

Dari Mataram, wilayah ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan darat seperti mobil atau sepeda motor. Ibu kota Lombok Tengah adalah Praya. Bila hendak menjelajah pesona wisata Lombok Tengah, kota tersebut bisa dipilh sebagai titik keberangkatan.

Objek Wisata Lombok Tengah yang Sangat Mempesona

Objek wisata Lombok Tengah cukup bervariasi. Wisatawan dapat menikmati pantai, perbukitan, desa adat, hingga situs bersejarah di wilayah tersebut tanpa perlu bepergian terlalu jauh. Berikut adalah beberapa objek wisata Lombok Tengah yang dapat anda nikmati sewaktu sedang berlibur di sini:

  1. Pantai Tanjung Aan
objek wisata Lombok Tengah

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah objek wisata Lombok Tengah yang menjadi surga bagi para penggemar olahraga snorkeling. Meskipun menghadap langsung ke Samudera Hindia, hembusan angin dan gelombang di pantai ini terhitung cukup tenang. Jika ingin sekedar renang di sekitar pantai juga sangat cocok di lakukan di pantai ini.

Bula Februari adalah bulan dengan kunjungan wisatawan tertinggi di pantai ini. Mengapa demikian? Karena pada Bulan Februarti terdapat sebuah ritual adat yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ritual tersebut adalah ritual Bau Nyale. Sebuah ritual berburu sejenis cacing laut pada malam hari. Cacing ini kemudian akan dimasak dan disantap beramai ramai.

  1. Pantai Kuta Lombok
tempat wisata lombok tengah

Pantai Kuta Lombok

Objek wisata Lombok Tengah yang satu ini tentu saja tak boleh anda lewatkan. Pantai ini sangat cantik dengan Bukit Mandalika membentang di tepinya. Pantai berpasir putih ini sangat cocok untuk sekedar bejemur di tepinya, renang ataupun snorkeling.

Bagi anda yang menggemari olahraga air, anda juga dapat melakukannya di Pantai Tanjung Aan. Terdapat beragam wahana yang dapat anda jajal. Wahana tersebut di antaranya adalah jetski, banana boat, dan jet weaver. Olahraga tersebut tentunya sangat cocok dilakukan bersama keluarga atau sahabat yang menjadi rekan perjalanan anda.

  1. Desa Sade
Tempat wisata di Lombok Tengah

Desa Sade Lombok

Desa Sade adalah sebuah desa adat yang terletak di Lombok Tengah. Desa ini merupakan tempat tinggal bagi suku asli dari Lombok, yakni Suku Sasak. Jika anda berangkat dari Praya menuju Pantai Kuta, maka anda dipastikan akan melewati desa ini.

Singgah sejenak di Desa Sade, anda akan disambut keramahan khas Suku Sasak. Anda juga akan diajak melihat pembuatan kain tenun khas Lombok yang masih dilakukan secara tradisional. Desa ini memang dikenal sebagai salah satu sentra produksi kain tenun tradisional Lombok. Para perempuan di Desa Sade sangat mahir membuat tenun tersebut, beberapa dari mereka juga tak segan mengajari para wisatawan yang datang.

Mengingat Desa Sade sudah sangat sering dikunjungi wisatawan, warga desa biasanya juga sudah menyediakan kain tenun yang siap jual. Jika anda berminat anda dapat membelinya sebagai buah tangan yang khas dari Lombok Tengah. Kerabat di kota asal anda tentu akan sangat senang menerimanya.

  1. Taman Narmada
tempat wisata Lombok barat

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada merupakan objek wisata Lombok Tengah yang menyuguhkan nilai historis bagi pengunjungnya. Taman ini didirikan tahun 1727. Pendirinya adalah Anak Agung Ngurah Karang Asem, yang merupakan raja Mataram Lombok kala itu.

Taman Narmada memiliki luas total 2 hektare. Bagian taman yang paling banyak dikunjungi adalah Bale Petirtaan. Bagian tersebut merupakan titik pertemuan dari 3 sumber air, yakni Narmada, Lingsar dan Suranadi. Masyarakat setempat meyakini bila membasuh muka dengan air tersebut dapat membuat awet muda.

Selain keempat tempat di atas, objek wisata Lombok Tengah masih memiliki banyak keindahan yang layak untuk dijelajahi. Rencanakan perjalanan anda sebaik mungkin agar dapat mengunjungi tempat tempat indah di Lombok Tengah. Bila diperlukan, pakailah jasa pemandu wisata, baik yang disediakan oleh travel maupun yang disediakan oleh warga warga di wilayah tersebut. Untuk mempermudah mobilisasi dari satu destinasi wisata ke destinasi lainnya, anda juga disarankan untuk menyewa sepeda motor. Selamat liburan!