Pantai Pink Lombok Keindahan Pantai Langka di Pesisir Timur Pulau Lombok

Pulau Lombok memiliki salah satu pantai terindah yang sangat langka dijumpai di Indonesia, bahkan di dunia.Ya, pantai ini adalah Pantai Pink.Mengapa pantai ini mendapat sebutan pink? Sebenarnya pantai ini memiliki nama asli Pantai Tangsi. Namun, karena pantai ini memiliki pasir berwarna putih kemerah-mudaan, wisatawan lebih mengenalnya dengan nama Pantai Pink Lombok. Hal ini terjadi karena pasir putihnya bercampur dengan serpihan karang merah yang banyak terdapat di wilayah pesisir timur ini. Perlu diketahui bahwa di Indonesia, kelangkaan warna pasir ini hanya bisa Anda lihat di Pulau Lombok dan Pulau Komodo saja. Jadi, jika Anda berencana berkunjung ke Pulau Lombok, maka Pantai Pink-nya wajib jadi destinasi kunjungan Anda.

Akses Menuju Pantai Pink Lombok

pantai pink Lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Ada 2 jalur yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke Pantai Pink Lombok, yaitu melalui:

  1. Jalur darat

Jika Anda memulai perjalanan dari kota Mataram, maka perjalanan akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Namun, apabila Anda turun dari Bandara Internasional Lombok dan hendak langsung ke Pantai Pink, maka Anda hanya akan berkendara sekitar 1,5 jam saja. Anda akan menempuh jalanan beraspal sepanjang 80 km kemudian disusul dengan jalanan tanah sekitar 5 km sebelum mencapai tepi pantai.

Untuk bisa mencapai lokasi, Anda tidak akan menemukan transportasi umum sama sekali. Di Pulau Lombok, transportasi umum hanya bisa Anda temukan di dekat pusat kota saja. Sedangkan, jika Anda hendak bermain ke destinasi yang agak pelosok seperti di pesisir timur, maka Anda harus menyewa kendaraan. Ada banyak sekali rental mobil dan motor yang menyediakan kendaraan dengan harga terjangkau. Atau, apabila Anda tidak bisa atau tidak mau berkendara sendiri, maka Anda bisa menyewa jasa travel yang bersedia mengantarkan sampai lokasi.

  1. Jalur laut

Pilihan kedua adalah menggunakan jalur laut. Akses menuju Pantai Pink bisa dicapai lewat jalur laut dengan menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Luar di Lombok Timur. Pelabuhan ini bisa Anda capai sekitar 1,5 jam berkendara dari kota Mataram. Jarak pelabuhan dari Pantai Pink sangat dekat sehingga dapat dicapai dalam hitungan menit. Anda cukup menyewa kapal penumpang yang disewakan oleh para nelayan lokal. Harga sewa yang ditawarkan pun sangat murah. Terlebih lagi, Anda juga bisa minta diantarkan ke destinasi lain yang satu arah seperti Pulau Pasir, Gili Petelu, Gili Gembir, dan lain-lain.

Atraksi Wisata di Pantai Pink Lombok

Uniknya pasir pantai pink lombok

Uniknya pasir pantai pink lombok

Atraksi pertama yang pasti dicari oleh para wisatawan dari Pantai Pink Lombok adalah melihat secara langsung pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda ini. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa warna merah muda dari pasir di pantai ini tidak begitu sejelas yang Anda lihat di foto-foto para fotografer. Hal itu karena hasil foto telah diedit untuk memperjelas warna pink-nya. Sebenarnya, Anda tetap akan melihat dominasi pasir putih. Namun, Anda akan sadar ada sedikit bintik-bintik merah yang menjelaskan mengapa warna pasirnya bisa berwarna merah muda.

Jadi, waktu yang paling tepat adalah pada sore hari atau saat cuaca agak terik. Pada waktu-waktu ini warna merah mudanya akan lebih terlihat jelas. Bukan hanya pasir pantainya yang memukau, tapi ada atraksi wisata lain yang wajib Anda coba. Pertama, bermain di air lautnya yang jernih dan berombak tenang. Pantai Pink Lombok cocok bagi Anda yang berkunjung dengan anak-anak. Ombak yang tenang dan cukup dangkal sangat cocok bagi anak-anak yang ingin bermain air sambil berenang.

Bagi Anda yang hobi snorkeling atau diving, cobalah mencari lokasi yang agak ke tengah. Anda bisa meminta menyewa kapal untuk mengantarkan Anda ke spot snorkeling. Di sana, Anda akan menyaksikan berbagai terumbu karang yang indah dimana ikan-ikan berenang bebas di antaranya. Jangan lupa bawa perlengkapan snorkeling sendiri dan kamera bawah air agar Anda bisa mengabadikan momen ini. Lelah bermain di air, Anda bisa coba naik ke atas bukit.Dari atas tebing, Anda bisa memperhatikan laut lepas di kejauhan yang memperlihatkan Samudra Hindia.

Sembari menunggu matahari terbenam, lokasi ini cocok untuk mengambil foto keren dengan latar pantai berpasir pink dan sunset. Walaupun perjalanan Anda cukup jauh, namun semuanya akan terbayar begitu sampai di lokasi ini. Pantai Pink Lombok selalu menawarkan keindahan alam yang hanya akan Anda temui di sini. Jadi, jangan sampai melewatkan pantai ini di liburan Anda berikutnya, ya?!

Itu dia tadi beberapa ulasan mengenaiĀ Pantai Pink LombokĀ yang populer di kalangan wisatawan karena keindahan alamnya yang luar biasa. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihannya yaa.