Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah Ini Menyimpan Keindahan yang Mempesona

Pulau Lombok memang banyak memiliki banyak pantai di sepanjang pesisir, pantai pantai tersebut sangat indah dan menawan, beberapa di antaranya masih tak tersentuh. Di sebelah selatan Lombok, Anda dapat menemukan beberapa pantai ikonik yang salah satunya merupakan Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah.

Pantai ini terletak sekitar 75 km selatan Mataram, untuk sampai kesana Anda membutuhkan sekitar satu jam setengah perjalanan dari kota Lombok, dan kira kira 10 menit dari Pantai Kuta Lombok.

Pantai Tanjung Aan Lombok tidak jauh dari kota utama dan jalan menuju pantai sangat terjaga meski jalannya agak kasar ketika kita mendekat ke Pantai Tanjung Aan tentunya. Jalan menuju ke daerah ini cukuplah mudah, dan dapat ditempuh dengan kendaraan.

Disini Anda dapat melihat peternakan dan desa yang indah di sepanjang jalan, sambil menikmati pesona pantai dan pohon kelapa yang hijau. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia mempunyai panjang sekitar 2 km.

Mempunyai pantai yang sangat unik sebab terdapat dua jenis pasir yang berbeda yakni pasir putih yang terasa lembut seperti tepung saat diinjak dan pasir putih agak kekuningan terasa sedikit kasar seukuran biji merica dan jika diinjak akan terasa menggelincir.

Aktivitas yang di Lakukan di Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah

Pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk mereka yang menikmati snorkeling dan berenang, sebab ombak yang cukup tenang dan kedalaman lautnya yang dangkal.

Apabila Anda tidak mempunyai atau melupakan peralatan snorkeling Anda, terdapat kapal-kapal lokal yang menyediakan kebutuhan untuk Anda yang ingin snorkeling ataupun tur keliling pantai.

Sore harinya, ombak semakin tinggi yang tentnya membuat peselancar dapat pergi ke Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah untuk mencoba ombaknya. Anda juga dapat melihat beberapa gubuk anyaman jerami tradisional dan payung yang di buat masyarakat.

Pantai ini juga dikelilingi beberapa bukit hijau. Bukit bukit ini mempunyai jalur yang cukup menantang. Jalan ini direkomendasikan untuk didaki dan menyaksikan pantai terdekat dari atas.

Masyarakat setempat menamai bukit ini sebagai Bukit Merese. Dalam pendakian, biasanya Anda dapat menemukan kawanan kerbau yang hidup di daerah tersebut.

pantai tanjung aan lombok tengah

Wisata di Pantai Tanjung Aan Lombok

Terdapat rumput hijau sangat unik dan penduduk setempat sering membandingkannya dengan perbukitan yang berada di Selandia Baru. Dari atas bukit, Anda dapat melihat luasnya Samudera Hindia dengan air jernih berwarna biru kehijauan.

Lain dari pada itu, Anda juga dapat menyaksikan pantai terdekat seperti Pantai Seger di sebelah barat dan di sebelah timur, Anda juga dapat melihat Batu Payung dan Gili Anak Anjakan dari kejauhan lho.

Dalam liburan ini Anda dapat melihat banyak turis lokal di Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah. Anda akan dapat melihat lebih banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari mancanegara di bulan Februari.

Pantai Tanjung Aan Lombok sangat ramai selama bulan ini sebab ada acara tradisional khusus bernama Bau Nyale.

Artikel menarik lainnya:  Objek Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Sudah Tahu?

Adat ritual ini merupakan cara untuk memperingati kehadiran putri Mandalika, yaitu seorang putri yang mengorbankan dirinya dengan cara melompat dari bukit untuk menjaga kedamaian dan kesatuan di beberapa kerajaan.

Tradisi ini hanya bisa Anda nikmati setiap tahun saja. Ketika tahun berganti yang bertepatan dengan tradisi Bau Nyale, banyak wisatawan yang berdatangan baik lokal maupun mancanegara.

Tradisi ini terbilang unik karena mereka berlomba lomba menangkap cacing laut yang di duga merupakan jelamaan dari Putri Mandalika.

Biasanya hasil tangkapan cacing ini diolah menjadi masakan khas oleh masyarakat setempat, jika Anda ingin merasakan langsung sensasi tradisi Bau Nyale ini Anda bisa berkunjung pada saat bulan Februari.

Menangkap cacing ini biasanya dilakukan pada dini hari, sehingga Anda harus membawa alat penerang. Disini Anda akan merasakan suasana yang seru, karena menangkap cacing ini beramai-ramai bersama wisatawan yang sedang liburan ke Lombok.

Bagaimana Anda tertarik untuk mengikuti tradisi unik ini? Yuk wisata ke Lombok aja. Jangan lupa ajak keluarga dan sahabat tercinta agar merasakan sensasi liburan yang lebih seru