Mengunjungi Pantai Tanjung Aan Lombok yang Eksotis

Keindahan tempat tempat wisata yang ada di Lombok memang tak perlu diragukan lagi. Pulau yang dijuluki Pulau Seribu Masjid ini memiliki banyak tempat wisata yang eksotis dan sangat sayang untuk dilewatkan. Keasrian tempat tempat wisatanya juga masih sangat terjaga. Seperti pantai tanjung aan Lombok.

Tempat wisata yang paling banyak terdapat di Lombok tentunya adalah tempat wisata yang berbentuk pantai. Tak heran bila pulau ini juga dijuluki sebagai pulau seribu pantai. Pantai pantai di Lombok memiliki keindahan dan keunikannya masing masing. Sebut saja pantai pink yang begitu tersohor. Hanya di wisata Lombok para wisatawan dapat menemukan pantai dengan pasir yang berwarna pink.

Salah satu pantai yang tak kalah populer adalah Pantai Tanjung Aan Lombok. Pantai ini berada di wilayah Lombok Tengah. Garis pantainya membentang sepanjang 2 kilometer. Lokasi pantai dapat dijangkau dengan 30 menit perjalanan darat dari pusat kota Mataram.

Keindahan Pantai Tanjung Aan Lombok

 Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga memiliki pemandangan alami yang sangat eksotis. Keindahan pantai ini dilengkapi oleh adanya Bukit Mandalika di salah satu sudutnya. Bukit tersebut membentang anggun sepanjang 5 kilometer. Keberadaan Bukit Mandalika memisahkan Pantai Tanjung Aan Lombok dengan Pantai Mandalika dan Pantai Seger.

Keindahan lain yang dimiliki Pantai Tanjung Aan Lombok adalah pasir pantainya yang unik. Pasirnya berbentuk bulat dengan teksur sedikit lebih kasar, membuatnya mirip seperti merica. Warnanya juga berbeda dari warna pasir pantai kebanyakan, yakni berwarna kekuningan.

Kehidupan bawah laut Pantai Tanjung Aan masih sangat asri. Terumbu karang dan ikan ikan kecil yang hidup di sekitarnya terjaga dari tangan tangan manusia yang jahil. Ombak di sana juga cukup tenang dengan hembusan angin yang tak terlalu kencang. Hal ini membuat Anda dapat berenang dan snorkeling, menjadikan 2 kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan di pantai tanjung aan.

Legenda di Pantai Tanjung Aan Lombok

Tanjung Aan Lombok

Tanjung Aan Lombok

Selain karena keindahan pantainya, Tanjung Aan juga terkenal karena adanya ritual Bau Nyale. Ritual yang diadakan setiap Bulan Februari tersebut erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika. Konon, Putri Mandalika pernah dikejar oleh seorang pangeran yang tergila gila dan sangat ingin meminangnya. Putri Mandalika berlari sekuat tenaga. Karena tak menemukan pilihan lain untuk lari, akhirnya sang putri memutuskan untuk menceburkan diri ke laut.

Sang putri kemudian diyakini bereinkarnasi menjadi cacing laut yang sangat banyak jumlahnya. Cacing cacing tersebut akan menampakkan diri ke permukaan pada satu waktu tertentu. Pada waktu tersebutlah akan diadakn ritual Bau Nyale.

Ritual Bau Nyale dilakukan pada malam hari dan boleh diikuti oleh siapa saja. Pada malam hari mereka yang berkumpul di tepi pantai akan beramai ramai memburu cacing laut. Cacing yang didapat kemudian akan dimasak dan disantap beramai ramai.

Penerangan yang dipakai dalam perburuan adalah obor tradisonal. Hal ini membuat malam saat ritual Bau Nyale berlangsung menjadi sebuah malam yang indah. Berlangsungnya ritual ini menjadi daya tarik wisata tersendiri. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu waktu berlangsungnya ritual tersebut untu mengunjungi Pantai Tanjung Aan.

Bagi anda yang menginginkan sensasi wisata yang berbeda, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti ritual ini. Diskusikan dengan agen perjalanan anda mengenai waktu kunjungan yang tepat ke Pantai Tanjung Aan agar dapat mengikuti ritual Bau Nyale.

Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan Lombok, anda tak perlu khawatir dengan ketersediaan penginapan. Di sekitar lokasi tersebut sudah banyak tersedia penginapan dengan berbagai rentang harga. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Penjual makanan juga sangat banyak tersedia di sana. Biaya masuk ke Pantai Tanjung Aan sendiri sangat terjangkau. Jika ingin menyewa motor, tersedia juga banyak jasa penyewaan di sekitar lokasi.

Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan anda ke Pantai Tanjung Aan Lombok dan nikmati pengalaman seru liburan di pulau Lombok yang tak akan terlupakan. Selamat merencanakan liburan Anda di Lombok.