Poteng Jaje Tujak Khas Lombok Yang Unik Wajib Untuk Dicoba!

Resep Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak – Indonesia tidak hanya kaya akan keberagaman wisata bahari nya yang indah mempesona namun juga kaya akan kuliner nya yang unik dan memiliki cita rasa yang lezat, setiap daerah yang ada di Indonesia akan menyuguhkan pesona dan kuliner khas nya masing masing, yang dimana setiap rasa yang disuguhkan sangat unik dan berbeda.

Berlibur mengunjungi suatu daerah memang kurang puas rasa nya jika Anda tidak mencoba mencicipi menu kuliner khas yang ada di suatu daerah tersebut, bisa Anda bayangkan menikmati keindahan alam suatu daerah yang menakjubkan di Indonesia sembari mencoba berbagai menu khas daerah tersebut, tentu akan menjadikan liburan Anda lebih sempurna, puas dan juga berkesan.

Sama seperti salah satu pulau yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia yaitu Pulau Lombok, yang merupakan pulau kecil yang menyimpan sejuta keindahan alam memukau. Tak heran jika Lombok belakangan ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan, dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara karena menyuguhkan berbagai objek wisata yang menakjubkan, unik dan juga menarik.

Yang bisa menjadikan liburan Anda bersama orang tercinta jadi lebih seru, berkesan dan juga menyenangkan, setiap destinasi yang ada di pulau Lombok ini memiliki keindahan dan keunikan alam tersendiri yang dimana berhasil membuat wisatawan terpukau akan pesona yang disajikannya. Sehingga membuat pulau Lombok selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di setiap tahunnya.

Tidak hanya menyuguhkan objek wisata yang memukau saja Lombok juga menawarkan bermacam kuliner khas yang tradisional, unik dan nikmat yang sangat wajib untuk Anda coba saat berlibur di pulau Lombok. Kuliner Lombok ini terkenal memiliki cita rasa yang pedas, karena arti dari kata “Lombok” dalam bahasa suku asli pulau ini adalah “Cabai” sehingga kebanyakan menu kuliner nya bercitarasa pedas nikmat.

Poteng Jaje Tujak
Poteng Jaje Tujak @idntimes.com

Selain menu kuliner yang lezat dan pedas Lombok juga memiliki cemilan khas yang unik dan tradisional, yang dimana juga cemilannya ini menarik banyak perhatian wisatawan yang berkunjung. Salah satu nya akan kita bahas dalam artikel ini, jadi pastikan Anda membaca nya hingga selesai ya.

Jajan Khas Lombok selalu memiliki daya tarik tersendiri baik dari segi tampilan maupun segi rasa yang di tawarkan sangat unik dan khas, yang hanya bisa Anda temukan di pulau Lombok. Poteng Jaje Tujak namanya, salah satu menu jajanan khas tradisional pulau Lombok yang unik dan lezat.

Menu jajanan yang satu ini di katakan tradisional karena memang di buat oleh masyarakat suku sasak, dan di buat hanya pada perayaan hari raya tertentu saja seperti Hari Raya Lebaran contohnya. Namun karena banyak nya peminat dari menu tradisional ini, menu ini menjadi salah satu pilihan untuk cemilan Anda saat berlibur di Lombok yang dijual di gerai oleh oleh khas Lombok.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jajanan tradisional khas Lombok yaitu Poteng Jaje Tujak, Anda wajib untuk membaca artikel ini sampai habis agar bisa mendapatkan informasi yang tepat dan juga detail mengenai poteng jaje tujak Lombok ini.

Poteng Jaje Tujak Jajanan Tradisional Khas Pulau Lombok Yang Unik

Jaje Tujak Khas Lombok
Poteng Jaje Tujak Khas Lombok @pancar.id

Jajanan khas Lombok Poteng jaje Tujak ini disuguhkan dengan 2 menu hidangan yaitu poteng atau tape dan juga jaje tujak atau tetel. Jajanan ini sangat tradisional karena di buat dengan oleh masyarakat sasak khas Lombok dengan menggunakan bahan bahan yang sederhana, sehingga mudah untuk di buat. Namun untuk proses pembuatannya sendiri cukup memakan waktu, karena harus melakukan proses fermentasi sekitar 3 hari.

Dan untuk Jaje Tujak di buat dengan ketan putih, ketan hitam dan juga kelapa ketiga bahan ini di buat adonan hingga menjadi halus dengan cara di tumbuk, untuk proses pembuatannya sendiri akan melalui 2 kali proses pengukusan. Yang pertama sebelum dicampur dengan parutan kelapa dan proses pengukusan yang kedua setelah di campur dengan parutan kelapa.

Jaje Tujak Lombok
Poteng Jaje Tujak Lombok @pikiran-rakyat.com

Dalam pembuatan jajanan tradisional khas Lombok ini terdapat sebuah tradisi yang harus dijalani, yaitu saat membuat jajan ini harus dalam keadaan yang bersih khusunya bagi wanita, jadi saat sedang datang bulan atau menstruasi tidak di perbolehkan membuat jajan ini karena nanti nya hasil akhir dari pembuatan jajanan ini akan kurang atau rusak, itulah menurut kepercayaan suku sasak di pulau Lombok.

Jaje Tujak dan juga poteng ini nantinya akan menghasilkan rasa yang kenyal dan legit, yang jika di makan harus secara bersamaan sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dan unik. Dijamin akan memanjakan lidah Anda dan membuat Anda semakin ketagihan untuk mencoba nya lagi.

Resep Poteng Jaje Tujak Khas Lombok Yang Tradisional

Sebelum melanjutkan ke resep pembuatan poteng jaje Tujak Anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu, seperti 1 kg beras ketan putih, 800 ml air, seperempat ragi tape, daun saga, gula secukupnya atau sesuai selesai, dan juga daun pisang yang nantinya digunakan untuk membukus. Selain itu Anda juga harus menyiapkan parutan kelapa dan juga garam.

Resep Poteng Jaje Tujak
Resep Poteng Jaje Tujak Tradisional Khas Pulau Lombok @libur.co

Resep membuat poteng pertama Anda bisa merendam beras ketan putih ke dalam wadah yang berisikan air kurang lebih 2 liter dengan waktu semalaman. Selanjutnya di tiriskan kemudian kukus beras ketan putih yang sudah di rendam sebelumnya, sampai menghasilkan banyak uap. Dilanjutkan dengan menyiram beras ketan putih yang dikukus mengenakan 800 ml air saga.

Kukus lagi dengan waktu 15 menit, jika sudah Anda bisa mengangkat nya dan tiriskan hingga dingin. Setelah dingin Anda bisa mengambil setengah beras ketan putih ke dalam wadah kemudian tabur dengan gula dan juga ragi yang sudah disiapkan sebelumnya. Tutup adonan dengan menggunakan kain lap dengan rapat, lalu biarkan selama 2 sampai 3 hari untuk proses fermentasinya.

Dilanjutkan dengan proses pembuatan jaje tujak pertama cuci bersih beras ketan putih lalu rendam dengan waktu sekitar 2 jam, setelahnya di kukus hingga matang dengan waktu sekitar setengah jam saja. Setelah matang siram kukusan beras jaje tujak menggunakan air garam, lalu angkat dan tiriskan.

Jika sudah Anda bisa mencampur kukusan beras ketan putih dengan kelapa yang sudah di parut, aduk hingga rata. Setelahnya di kukus lagi sampai matang. Angkat beras ketan putih  jika sudah matang lalu ratakan di wadah yang sudah di siapkan, selanjutnya Anda bisa membungkus jaje tujak ini dengan daun pisang. Jajanan khas Lombok poteng jaje tujak siap dihidangkan.

Itu dia resep cara pembuatan poteng dan jaje tujak khas pulau Lombok, sangat mudah bukan? meski memakan banyak waktu namun itu tidak akan sia sia karena jajanan ini menawarkan rasa yang legit dan lezat untuk di nikmati bersama orang orang terkasih.

Itu dia ulasan tentang jajanan ringan khas Lombok Poteng Jaje Tujak semoga dengan di buatnya artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca nya ya, agar bisa mendapatkan informasi yang detail mengenai jajan khas Lombok yang tradisional dan unik ini.

Demikian artikel ini saya buat terima kasih sudah membaca sampai habis, dan untuk Anda yang sedang merencakan liburan di Lombok bisa menghubungi kami wisata Lombok Murah ya. Kami siap menemani perjalanan liburan Anda di Lombok mengunjungi wisata favorit dan juga mengajak Anda mencicipi berbagai menu kuliner dan jajanan khas yang unik di Lombok.

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok