Sendang Gile Pesona Air Terjun Lombok yang Memanjakan Mata

Selain Pantai Senggigi dan juga Gili Trawangan yang sudah terkenal hingga mancanegara karena nuansa romantisnya, Lombok juga memiliki kesejukan alam yang juga mempesona. Tempat tersebut tidak lain adalah air terjun. Salah satu air terjun Lombok yang wajib Anda kunjungi yaitu air terjun Sendang Gile. Disini, Anda dapat menikmati suara gemericik air dan juga cipratan air yang sejuk. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter pada ketinggian 600 meter diatas permukaan air laut. Air terjun ini memiliki dua tingkatan. Tingkatan yang pertama, air terjun ini berasal dari atas tebing yang sangat tinggi dan jatuh langsung kedalam kolam yang berada di bawahnya.

Selanjutnya tingkatan yang kedua aliran air yang berasal dari kolam akan turun lagi menuju sungai yang ada di bawahnya. Meskipun demikian, Anda juga tidak dilarang untuk berenang maupun bermain-main di lokasi ini. Anda dapat menikmati kesejukan air terjun ini dengan sepuas-puasnya. Di lokasi wisata ini tersedia berbagai penginapan sederhana dan pelayanan jasa pendakian yang cukup mumpuni. Namun, fasilitas-fasilitas yang tersedia di lokasi ini masih belum terlalu banyak. Akibatnya, Anda akan sedikit kesusahan mencari rumah makan ataupun tempat pembelian minum. Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda membawa bekal sendiri atau membeli di warung-warung kecil yang banyak tersedia di dekat pintu masuk.

Lokasi Air Terjun Lombok yaitu Sendang Gile

air terjun Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile yang eksotis ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani, sehingga tak heran jika air terjun ini sangat dingin dan sejuk. Untuk menuju lokasi ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam dari pusat kota Mataram menggunakan mobil pribadi. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum, dari Mataram Anda akan transit terlebih dahulu di wilayah Bayan. Dari sana, Anda dapat melanjutkan dengan naik ojek ke daerah Senaru. Para pengunjung dapat menyewa kendaraan mobil ataupun motor dari penyedia jasa rental atau sewa mobil dan motor di Kota Mataram. Anda juga bisa mendapatkannya di Cakranegara.

Jika Anda hendak pergi ke air terjun Sendang Gile, Anda harus melewati sekitar 500 buah anak tangga. Tak hanya itu, Anda juga melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Meski terasa melelahkan, namun suara gemuruh air dan keindahan alam yang masih hijau dan asri mampu menghilangkan rasa lelah Anda. Alternatif lain untuk menuju air terjun ini yaitu dengan menyelusuri pinggir lembah yang agak curam, mengikuti saluran irigasi, dan menyeberangi jembatan dari rotan. Alternatif ini tergolong lebih memacu adrenalin, namun membutuhkan waktu yang lebih singkat.

Asal dan Mitos Nama Air Terjun Sendang Gile

Wisata Air terjun Sendang Gile

Wisata Air terjun Sendang Gile

Dahulu kala, air terjun Sendang Gile sering disebut sebagai Batu Ko’ atau batu kerbau oleh penduduk sekitar. Konon ceritanya, nama Sendang Gile berasal dari kata singa gila yang berlari menuju air terjun ini. Singa tersebut dikejar oleh seseorang karena perbuatannya yang merisaukan warga hingga ke tengah hutan, tempat ditemukannya air terjun ini. Akhirnya, warga kampung setempat menyebutnya dengan sebutan sengang gile. Namun pelafalan sengang gile yang lama-kelamaan berubah menjadi sendang gilea akhirnya membuat air terjun tersebut kemudian diberi nama air terjun Sendang Gile.

Air terjun Sendang Gile memiliki sensasi yang cukup unik. Saat Anda diam dibawah air terjun, Anda akan merasakan sakit pada awlnya namun lama-kelamaan Anda akan merasakan seolah-olah mendapat pijatan gratis. Selain memiliki sensasi yang unik, air terjun ini juga memiliki mitos yang sudah berkembang di masyarakat. Konon siapaun yang membasuh wajahnya dengan air terjun ini, akan terlihat muda satu tahun dibandingkan umur aslinya. Maka dari itu, tak heran jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sekian ulasan tentang objek wisata air terjun Lombok yang sangat mengagumkan dan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan ya!