Serabi Lombok Jajanan Khas Tradisional Yang Nikmat Menggoda Selera!

Cara Membuat Serabi

Serabi Lombok atau yang biasa di sebut dengan serabi Laklak adalah jajanan khas tradisional pulau Lombok yang di buat sederhana dengan rasa yang nikmat, kenapa jajanan ini di katakan tradisional? karena memang jajanan ini di buat dengan bahan bahan yang masih tradisional seperti tungku tanah.

Meski menggunakan bahan atau alat masak yang tradisional jajanan khas pulau Lombok ini memiliki rasa yang sangat lezat dan nikmat, dengan rasa gurih yang akan memanjakan lidah Anda saat pertama kali mencoba nya ditambah dengan taburan gula aren yang membuatnya semakin lezat dan manis.

Indonesia selain kaya akan destinasi tujuan wisata alam bahari yang indah juga memiliki keunikan dan budaya yang beragam, tidak hanya itu dari jenis kuliner setiap daerah yang ada di Indonesia juga memiliki daya tarik tersendiri, yang membuat banyak wisatawan gemar akan rasa nya yang khas dan nikmat.

Kuliner di Indonesia sangat banyak dan beragam tentu dengan rasa yang unik dan berbeda di setiap daerah nya, menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri yang membuat selera Anda tergugah untuk mencoba nya lagi dan lagi.

Serabi
Serabi Lak Lak khas Lombok @genpi.co

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai jajan khas Lombok yaitu salah satu kepulauan yang ada di Negara Indonesia, Pulau Lombok berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini menawarkan banyak keindahan alam yang memukau, yang siap membuat liburan Anda bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Dari kedatangan Anda di Bandara Internasional Lombok Anda bisa langsung mulai perjalanan wisata Anda menuju objek wisata yang ada di Lombok tengah, seperti pantai kuta Lombok dan juga Tanjung Aan yang lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok.

Selain bisa langsung berkunjung ke objek wisata pantai terdekat dari bandara, Anda juga bisa mencoba mencicipi kuliner khas Lombok yang lezat dan legendaris yaitu Nasi Balap Puyung. Banyak kuliner yang khas dan tradisional di Lombok yang bisa Anda coba, yang dimana kuliner Lombok ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat menggugah selera.

Tidak hanya makanannya saja namun jajanan khas di pulau Lombok juga tidak kalah enak dan menarik untuk di coba loh, ada berbagai pilihan jajanan khas Lombok yang lezat mulai dari jajanan berjenis kering hingga basah, yang siap menemani liburan Anda di pulau Lombok bersama orang terkasih.

Khususnya di artikel ini kita akan membahas salah satu jajanan khas Lombok yang dijamin akan menggoda selera Anda, karena jajanan ini memiliki rasa yang manis, gurih dan sangat lezat yang khas pulau Lombok.

Serabi Lombok nama nya, serabi ini adalah jajanan khas tradisional yang di buat dengan berbahan dasar tepung beras. Mau tau informasi lebih lengkap mengenai jajanan ini? Yuk simak artikelnya sampai selesai..

Nikmat nya Jajanan Khas Serabi Lombok Yang Menggoda Selera

Serabi Laklak
Jajanan Tradisional Serabi Lombok @blogspot.com

Kuliner yang ada di pulau Lombok memang kebanyakan menawarkan rasa yang khas dan unik, karena dibuat dengan bahan bahan yang sederhana dan juga alat masak yang tradisional. Seperti Serabi Lak Lak ini yang menawarkan rasa dari jajanan khas yang asin dan juga manis, karena di buat dengan gula aren yang tentunya sangat lezat dan menggoda selera.

Serabi Laklak Lombok menggunakan alat masak khusus yaitu cetakan yang memang dibuat untuk membuat serabi laklak, cetakan ini di buat dari tanah liat tentu sangat sederhana bukan. Cetakan ini di simpan diatas panggangan dengan menggunakan bahan bakar dari jenis kayu, jika sudah dirasa panas maka adonan dari serabi lak lak bisa di tuangkan ke dalam cetakan yang tersedia.

Serabi Lak Lak
Serabi Lak Lak yang enak dan sederhana @azureedge.net

Dengan cara olah nya yang tradisional dan bahan yang sederhana membuat jajanan khas pulau Lombok menghasilkan aroma yang lezat, dengan rasa yang gurih manis dan juga nikmat. Dijamin saat pertama kali Anda mencoba nya akan di buat ketagihan dan membuat Anda ingin mencoba nya lagi.

Jajanan serabi Lombok ini di buat dengan adonan tepung beras yang di berikan garam dan juga tambahan air yang setelah matang di berikan parutan kelapa dan juga taburan dari gula aren sehingga menghasilkan rasa yang khas yaitu gurih dan juga manis.

Resep Serabi LakLak Lombok Timur Yang Mudah Ditiru

Cara Membuat Serabi
Cara Membuat Serabi Mudah & Tradisional khas Lombok @static.gatra.com

Untuk membuat jajanan khas Lombok ini cukup mudah karena menggunakan bahan bahan makanan yang sederhana dan juga alat masak yang tradisional, kami akan membagikan resep serabi mudah yang khas pulau Lombok yang bisa Anda coba dirumah.

Pertama yang perlu Anda siapkan adalah bahan yang di perlukan seperti Tepung beras, tepung terigu, santan, kelapa parut, gula aren, air dan juga garam. Selain bahan adonan nya aAnda juga harus mempersiapkan tengku tanah atau cetakan dari kue serabi Lombok ini.

Jika di pulau Lombok cara memasaknya masih sangat tradisional menggunakan tengku tanah dan juga kayu bakar untuk proses nya, kemudian adonannya di masukkan ke dalam cetakan hingga matang. Setelah matang di simpan di wadah dan berikan gula aren cair untuk melengkapi hidangan ini sebelum di nikmati.

Anda bisa mengikuti langkah langkah cara pembuatan Serabi Lombok di bawah ini, pastikan mengikutinya sesuai dengan urutannya ya agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan dan mirip dengan serabi Lombok yang di buat masyarakat sasak.

Serabi Lombok
Serabi Lombok Tradisional Khas Sasak @akamaized.net

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat adonan serabi dengan cara mencapurkan bahan yang sudah di kumpulkan sebelumnya, seperti tepung beras, tepung terigu, garam dan juga air secukupnya.

2. Jika sudah aduk hingga rata, selanjutnya masukkan santal kental perlahan sembari mengaduk adonan agar tercampur merata. Jika sudah tercampur merata adonan untuk jajanan serabi lak lak khas pulau Lombok sudah siap untuk di masak.

3. Anda bisa memanaskan tengku tanah atau cetakan dari kue serabi ini dengan menggunakan api kecil dan olesan sedikit minyak pada cetakan.

4. Jika cetakan sudah cukup panas Anda bisa menuangkan adonan ke dalam cetakan, tutup cetakan agar serabi lebih cepat matang.

5. Jika sudah matang Anda bisa mengangkat kue serabi dari atas cetakan kemudian simpan ke dalam wadah

6. Sebelum serabi Lombok siap untuk di hidangkan dan dinikmati Anda bisa menyiapkannya dan menambah kan parutan kelapa diatas serabi, lalu di tambahkan juga dengan gula aren yang sudah di cairkan sebelumnya.

7. Kue Serabi Lombok siap di nikmati.

Demikian artikel mengenai jajanan khas tradisional Kue Serabi Lombok, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda mengenai kuliner dan jajanan yang ada di Pulau Lombok ya.

Terima Kasih.

Suka dengan artikelnya? Bantu share yuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Ini 3 paket wisata favorite di Lombok, sudah tahu belum?

Wisata seru lainnya di lombok