Tak Perlu Bingung, Tips Liburan di Lombok Agar Liburan Makin Menyenangkan

Berencana liburan dengan keluarga ataupun kerabat? Lombok, Nusa Tenggara Barat bisa jadi destinasi yang asyik untuk menikmati keindahan alam dan budayanya. Liburan akan berjalan lancar sesuai dengan keinginan jika direncanakan dengan baik. Ada beberapa tips liburan di Lombok yang bisa Anda ikuti untuk mempersiapkan rencana liburan Anda. Tips-tips liburan bisa sangat membantu karena masing-masing daerah di Indonesia punya kondisi alam,  tradisi dan kebiasaan tersendiri.

Ini Dia Tips Liburan di Lombok untuk Para Pelancong

tips liburan di lombok

Wisata Pantai Pink Lombok

Anda yang berasal dari pulau lain di luar Lombok mungkin belum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan untuk liburan ke Lombok. Ada poin-poin penting yang harus disiapkan dengan matang supaya liburan bisa berjalan sesuai dengan harapan. Tips liburan di Lombok ini bisa jadi panduan Anda:

  • Rencanakan waktu keberangkatan dan transportasi

Tips liburan di Lombok pertama adalah sebaiknya tentukan waktu keberangkatan Anda dari jauh-jauh hari. Jika Anda menginginkan suasana liburan yang lebih sepi dan tenang maka usahakan untuk tidak berkunjung di masa-masa liburan sekolah, libur hari raya maupun liburan long weekend. Setelah menentukan tanggal keberangkatan segera pesan tiket untuk transportasi Anda.

  • Buat jadwal perjalanan Anda

Sebaiknya Anda rencanakan dari awal lokasi apa saja yang ingin Anda kunjungi beserta jadwal untuk kunjungan di masing-masing lokasinya. Buatlah jadwal agar kegiatan liburan bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda. Sebelum menyusun jadwal, cari tahu alamat dari masing-masing tujuan wisata agar Anda dapat membuat rute kunjungan yang efektif dan efisien.

  • Siapkan transportasi selama di Lombok dan pemandu

Tidak hanya transportasi dari kota Anda menuju Lombok, Anda juga perlu menyiapkan transportasi yang akan mengantarkan Anda dari satu lokasi wisata ke lokasi lain. Anda bisa menggunakan transpotasi umum atau menyewa kendaraan pribadi untuk memudahkan. Anda pun bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk membantu mengarahkan Anda jika Anda sama sekali belum pernah ke Lombok.

  • Pesan penginapan

Anda yang berencana liburan lebih dari satu hari tentu butuh lokasi penginapan. Agar Anda tidak bingung setelah tiba di lokasi tujuan sebaiknya pesan penginapan dari sebelum keberangkatan. Ada banyak cara untuk memesan penginapan mulai dari menelepon langsung ke pihak hotel atau penginapan ataupun melalui situs booking di internet. Pesan penginapan sebelum keberangkatan sangat perlu dilakukan terlebih jika Anda berencana liburan ke Lombok pada musim-musim liburan.

  • Bawa uang tunai dalam jumlah yang cukup

Jika di perkotaan banyak terdapat mesin ATM, di Lombok khususnya di lokasi wisata Anda tidak bisa dengan mudah menemukan mesin ATM untuk mengambil uang tunai. Persiapkan uang tunai untuk keperluan selama perjalanan liburan seperti membeli makanan, minuman, sewa peralatan, membayar tiket masuk lokasi dan berbagai keperluan lain. Simpan uang tunai Anda di beberapa tempat yang berbeda untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Sesuaikan pakaian dengan budaya setempat

Masyarkat asli Lombok kebanyakan merupakan Suku Sasak yang beragama Islam. Masyarakat muslim ini memegang adat serta norma agama sehingga pengunjung sebaiknya menghormati dengan tidak menggunakan pakaian terlalu terbuka. Gunakan pakaian yang pantas dan sopan dengan tetap menghormati norma sosial masyarakat.

  • Bawa perlengkapan untuk melindungi diri dari teriknya sinar matahari
liburan di lombok

wisata Gili Trawangan

Tips liburan di Lombok selanjutnya terkait dengan kenyamanan Anda selama berlibur. Anda yang berencana mengunjungi pantai-pantai di Lombok wajib untuk membawa perlengkapan pribadi untuk melindungi kulit. Jangan lupa masukkan topi, kacamata hitam maupun tabir surya ke dalam barang bawaan Anda. Teriknya sinar matahari di pantai Lombok bisa membakar kulit Anda dan membuat Anda merasa kurang nyaman. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya setiap kali Anda akan beraktivitas di pantai Lombok.

Liburan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan jika Anda sudah mengetahui apa-apa saja yang perlu Anda siapkan sebelumnya. Tips liburan di Lombok ini bisa dijadikan panduan sebelum mempersiapkan liburan ke pulau Lombok. Ketahui apa saja yang sekiranya harus Anda bawa dan lakukan sebelum dan selama berlibur. Tanpa persiapan yang matang mungkin liburan tetap dapat berjalan sesuai harapan namun kenyamanan liburan pasti sedikit berkurang. Semoga bermanfaat!