Aneka Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Populer

Pulau Lombok telah jadi salah satu tujuan wisata baik bagi turis lokal maupun asing. Hal ini tidak mengherankan mengingat keindahan alam serta adat istiadat setempat yang masih dipertahankan. Kita bisa menemukan aneka wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata edukasi untuk keluarga di sini. Sebut saja mulai dari pantai, gunung, gili, air terjun hingga taman edukasi. Tempat wisata di pulau Lombok yang bervariasi ini menjadikannya difavoritkan oleh para wisatawan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya kunjungan turis asing maupun domestik ke Lombok tiap tahunnya. Dari sekian banyak tempat wisata di pulau ini, beberapa di antaranya terbilang wajib dikunjungi karena menawarkan sensasi berbeda.

Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Wajib Disambangi

  • Gili Trawangan
tempat wisata di pulau Lombok

Wisata Gili Trawangan

Ikon wisata Lombok yang populer sampai ke telinga wisatawan mancanegara salah satunya adalah Gili Trawangan. Gugusan pulau kecil di sebelah barat Lombok ini telah terkenal sejak dulu sebagai objek wisata yang menawarkan keindahan alam serta keramah-tamahan masyarakat lokal. Di sini, keunikan tersendiri dari Gili Trawangan ialah kita bisa menyaksikan sunrise serta sunset di satu pantai yang sama. Selain itu, udaranya juga bersih dan bebas polusi karena aturan lokal melarang penggunaan kendaraan bermotor sebagai sarana transportasi. Kita bisa menggunakan sepeda atau kereta kuda dengan julukan cidomo saat berwisata kemari.

Gili Trawangan juga adalah gili yang paling besar jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya seperti Gili Air, Gili Meno maupun Gili Nanggu. Fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap. Mulai dari penginapan, tempat makan, sampai dengan hiburan malam. Lokasi tempat diadakannya hiburan malam seperti pemutaran film maupun pagelaran musik biasanya akan dirotasi sehingga tidak terkonsentrasi hanya di satu titik saja. Ini membuat malam di Gili Trawangan selalu hidup dan tak terasa membosankan. Aneka kegiatan yang bisa dilakukan di sini mulai dari berenang, berjalan-jalan di pantai, mengelilingi gili menggunakan sepeda, snorkeling, selancar, scuba diving hingga melihat konservasi penyu.

  • Desa Banyumulek
Wisata Desa Banyumulek Lombok

Wisata Desa Banyumulek Lombok

Tempat wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi berikutnya adalah desa-desa wisata, salah satunya adalah Desa Banyumulek. Desa Banyumulek adalah sentra pengrajin gerabah di Lombok di mana kita bisa melihat langsung proses pembuatannya dan membeli gerabah sebagai oleh-oleh. Yang uniknya disini, perempuan di desa ini harus bisa menenun sebelum mereka menikah. Jadi semua perempuan di desa banyumulek bisa menenun dengan alat yang masih tradisional.

Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Lain Dari Yang Lain

  • Pantai Kuta Lombok
wisata Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Masih banyak daftar tempat wisata di pulau Lombok yang terbilang unik serta takkan kita temukan di tempat lain. Kita bisa memilih untuk mengunjungi lokasi wisata di mana biasanya akan diadakan semacam ritual tahunan khusus. Salah satunya adalah ritual Bau Nyale di Pantai Kuta Lombok. Pantai Kuta tidak hanya bisa ditemukan di Bali karena ada juga pantai yang namanya sama di Lombok, NTB. Di pantai ini akan kita temukan adanya Bukit Mandalika sebagai lokasi melihat pemandangan dari ketinggian. Ritual Bau Nyale sendiri adalah pencarian cacing nyale di tengah laut yang bisa dimasak dan dikonsumsi. Ritual ini umumnya akan dilakukan sekitar bulan Februari.

  • Taman Narmada
wisata di lombok barat

Wisata Taman Narmada Lombok

Berlibur ke Pulau Lombok bersama sekeluarga yang turut membawa anak kecil bisa dilakukan di Taman Narmada. Taman ini telah menjadi salah satu objek wisata edukatif berupa miniatur dari Gunung Rinjani. Dibangun sejak zaman dahulu, Taman Narmada masih tetap eksis sampai sekarang. Objek satu ini juga turut menawarkan suasana sejuk khas pegunungan serta sumber mata air jernih. Taman Narmada terbilang sebagai objek wisata yang aman bagi anak-anak karena tidak terlalu ekstrem. Dengan pemandangan yang indah, orang dewasa juga bisa dapat berkunjung kemari dan mengabadikan momen melalui serangkaian foto.

Itulah aneka tempat wisata di pulau Lombok yang bisa Anda masukkan dalam daftar liburan di akhir pekan nanti. Semoga bermanfaat untuk rencana liburan Anda di Lombok.